Memahami Bagaimana Cara Kalibrasi Inside Micrometer

kalibrasi inside micrometer

Untuk dapat mengetahui bagaimana Kalibrasi Inside Micrometer, hendaknya kita perlu mengetahui tentang apa dan fungsi dari inside micrometer. 

Dalam sektor otomotif atau sektor industri micrometer ini terdiri dari dua jenis yakni inside micrometer dan outside micrometer. Inside micrometer ini digunakan untuk mengukur diameter pada sebuah benda, yang mana berbeda dari outside meter digunakan untuk mengukur diameter bagian luar pada suatu benda.

Kedua jenis mikrometer ini memiliki tingkat pengukuran hingga 0,01 mm yang mana penggunaannya sangat dibutuhkan dalam sektor industri maupun otomotif.

Kembali lagi tentang bagaimana cara dari Kalibrasi Inside Micrometer ini yang mana memiliki beberapa tujuan serta manfaat bagi alat ini. Mari kita simak artikel berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Inside Micrometer

Adapun tujuan kalibrasi inside micrometer adalah untuk :

  • Menentukan nilai ketertelusuran dengan standar yang lebih tinggi.
  • Menentukan nilai penyimpangan pada inside micrometer.
  • Dapat menjamin hasil pengukur yang sesuai dengan standar internasional dan standar nasional.

Manfaat Kalibrasi Inside Micrometer

Adapun manfaat kalibrasi inside micrometer antara lain:

  • Adapun kondisi dari inside micrometer terus sesuai dengan keadaan normal sesuai dengan spesifikasi.
  • Adapun menjaga hasil produksi dari industri yang berkaitan dengan hasil inside micrometer.
  • Adapun menentukan nilai hasil dari inside micrometer apakah sesuai dengan nilai yang benar sesuai dengan standar internasional.

Cara Kalibrasi Inside Micrometer

Untuk melakukan kalibrasi inside micrometer agar dapat menghasilkan pengukuran yang tepat dan akurat sesuai dengan pengaturannya maka harus menggunakan prosedur berikut ini:

  • Melakukan pembersihan terhadap anvil dan spindle dengan kain bersih, karena kotoran bisa mengganjal atau mempengaruhi hasil pengukuran.
  • Memasang alat kalibrasinya yang kemudian putar ratchet stopper hingga anvil dan spindle bersentuhan dengan alat kalibrasi.
  • Putarlah stopper 2 atau 3 kali secara perlahan-lahan hingga mendapatkan penekanan yang cukup lalu putar lock clamp untuk menguncinya.
  • Micrometer yang terkalibrasi jika dalam titik 0 yang lurus dengan garis pada outer sleeve. 
  • Apabila didapat kesalahannya 0,02 mm ataupun dibawahnya maka perlu dikalibrasi dengan memutarnya outer sleeve hingga tanda 0 thimble sejajar dengan garis.
  • Jika lebih besar dari 0,02 mm maka dikalibrasi dengan cara mengendorkan stopper, hingga thimber bebas. Luruskan tanda 0 thimble dengan garis dengan outer sleeve, dan kencangkan rachet stoppernya.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Inside Micrometer

Adapun beberapa hasil kalibrasi inside micrometer yang dihasilkan berupa sertifikat hasil kalibrasi yang berisi sesuai dengan pedoman ISO berstandar internasional. 

Kesimpulan 

Demikian bahasan kita kali ini tentang bagaimana langkah-langkah kalibrasi inside micrometer. Jika Anda tidak ingin repot melakukan kalibrasi inside micrometer maka bisa memilih jasa kalibrasi di Kalibrasi.com 

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi inside micrometer