Kalibrasi Profile Projector : Tujuan, Manfaat, dan Cara Kalibrasinya

kalibrasi profile projector

Seperti yang telah kita ketahui Alat Ukur memiliki beragam jenis, macam, bentuk, dan bidang pengukuran yang berbeda. Adapun pada artikel ini akan membahas salah satu peralatan optik yang umum digunakan pada industri mesin besar, yaitu profil projector.

Profile Projector adalah alat pengukur optik yang digunakan untuk mengukur elemen-elemen hanya dari bentuk suatu objeknya seperti posisi, konsentrisitas, profil, kebulatan dan kelurusan, ukuran, dll. Sebagai sebuah alat ukur instrumen ini membutuhkan prosedur kalibrasi secara rutin. Yuk simak penjelasan detail tentang kalibrasi profile berikut ini!

Tujuan Kalibrasi Profile Projector

Sebagai prosedur yang telah diatur dalam skala nasional maupun internasional, tentunya prosedur kalibrasi memiliki tujuan yang jelas. Begitupun dengan kalibrasi profile projector yang bertujuan memastikan keakuratan sesuai dengan spesifikasi yang ada sehingga hasil pengukuran oleh alat tersebut dapat diandalkan 

Manfaat Kalibrasi Profile Projector

Sebagaimana yang telah disinggung pada pembahasan sebelumnya, bahwa sebagai prosedur yang memiliki standar, pastinya terdapat manfaat besar setelah melakukan prosedur kalibrasi profile projector. Adapun dampak manfaat atau kegunaannya dapat dirasakan tidak hanya untuk perusahaan tapi juga masyarakat. 

Sebagai instrumen ukur kalibrasi profile projector digunakan sebagai jaminan dan konfirmasi atas hasil pembacaan pengukuran instrumen alat. Selain itu proses ini juga akan membantu menjaga kualitas dan kelayakannya instrumen alat untuk mengantisipasi hasil pengukuran yang kurang atau bahkan tidak akurat.

Cara Kalibrasi Profile Projector

Prosedur kalibrasi profile projector memiliki beberapa cara-cara yang semestinya dilakukan secara runtut. Berikut cara kalibrasi profile projector antara lain :

  1. Mempersiapkan alat-alat kalibrasi
    Persiapkan instrumen alat yang akan dikalibrasi sebelum prosedur dimulai. Tentunya jika tidak ada instrumen alat sebagai objek pengujian, tidak akan bisa dilakukan prosedur kalibrasi. Selain mempersiapkan alat  memastikan alat dalam kondisi baik pun penting dilakukan.
  2. Persiapan Pelaksana Kalibrasi
    Selain alat, persiapkan juga pelaksana kalibrasi yang berkompeten di bidang kalibrasi. Dengan ditunjukkan kepemilikan sertifikasi pelaksana kalibrasi. Itu artinya seorang pelaksana kalibrasi harus memenuhi persyaratan berupa latar belakang pendidikan atau minimal telah menyelesaikan kursus khusus kalibrasi sebelumnya.
  3. Pengkondisian Lingkungan Kalibrasi
    Selain dua cara diatas, sebelum memulai prosedur kalibrasi hendaklah memastikan kondisi lingkungan tempat kalibrasi benar-benar steril dari bahan-bahan yang dapat menyebabkan penyimpangan hasil pengujian.
  4. Penggunaan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Sebagai sebuah prosedur yang telah diatur dalam beberapa peraturan serta terdapat landasan hukum dalam pelaksanaanya. Sudah semestinya penggunaan metode kalibrasi harus berdasarkan standar nasional maupun internasional. Metode yang digunakan dalam kalibrasi profile projector adalah IK-KM-DM13, JIS B 7184-1999. Dengan rentang ukur antara lain : 0° – 90°, 0mm – 100mm
  5. Pelaksanaan Kalibrasi Sumber Frekuensi
    Setelah memastikan cara-cara diatas telah sempurna dilakukan. Maka cara selanjutnya tidak lain adalah pelaksanaan kalibrasi. Perlu diingat jika dalam pelaksanaan kalibrasi membutuhkan kedetailan untuk mendukung hasil yang akurat. Dalam pelaksanaan kalibrasi dimulai dari pengamatan awal pada instrumen objek ukur untuk mengetahui fungsi dan performa dari pengukuran alat tersebut. Kemudian atur ulang, pada pengaturan instrumen ukur, amatilah kembali hasil pengukuran tersebut. Catatlah semua hasil pengujian sesuai dengan objek pengukuran bukan subjek pelaksananya. 
  6. Pengamatan dan Perhitungan kalibrasi
    Dari data yang telah diperoleh, amatilah kembali kedua data hasil pengujian tersebut. Jika pengamatan telah lakukanlah, selanjuynya hitungan pada data yang didapatkan. Hitunglah dengan teliti agar hasil perhitungan tidak terjadi kesalahan. 
  7. Pembuatan laporan
    Hal terakhir setelah cara-cara diatas tuntas dilaksanakan, tidak lain adalah pembuatan laporan. Untuk membuat laporan kalibrasi harus berdasarkan format pedoman penulisan laporan kalibrasi. Laporan selesai dibuat dan telah dicek kebenarannya akan disahkan oleh penanggung jawab penyelenggara kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Profile Projector

Jika Hasil pengukuran telah menunjukkan tingkat keakuratan yang semakin baik setelah prosedur kalibrasi dilakukan itu menjadi parameter atau tolak ukur keberhasilan kalibrasi profile projector. Selain itu pemberian label keakuratan dapat berupa sertifikat kalibrasi untuk menjamin instrumen alat telah sesuai dengan standar.

Kesimpulan 

Demikianlah penjelasan mengenai prosedur kalibrasi profile projector yang digunakan dalam pengukur optik. Pemeliharaan pada alat ini diperlukan melalui prosedur kalibrasi secara rutin untuk menjaga keakuratan hasil pengukurannya. Oleh karenanya kalibrasilah instrumen alat Anda pada jasa kalibrasi terpercaya dan telah terakreditasi hanya di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi profile projector