Langkah Penting Pelaksanaan Kalibrasi Temperatur Recorder

kalibrasi temperatur recorder

\Mungkin alat pengukuran yang satu ini memang sangat jarang sekali Anda menemukannya dan bahkan untuk melihatnya pun Anda akan sangat jarang, namanya adalah temperature recorder. Instrumen pencatat suhu ini dirancang untuk terus mengukur dan mencatat suhu secara permanen dari aplikasi atau kondisi tertentu selama periode waktu yang telah ditentukan.

Jika memang masih bingung, biasanya ini disebut dengan temperature data logger. Biasanya alat pengukuran ini sangat ada di sebuah industri. Ada banyak sekali pengaplikasiannya. Akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana agar suatu ruangan ini memiliki suhu yang tepat dan juga tetap secara terus menerus.

Karena penggunaannya yang terus menerus, maka sudah sangat pasti akan sangat bisa ada yang namanya kerusakan dan aus. Kalau sudah seperti itu, yang harus dilakukan adalah dengan mengkalibrasikannya. Bagaimana caranya? 

Tujuan Kalibrasi Temperatur Recorder

Pada dasarnya semua logger dikalibrasi, sebagai bagian dari proses quality control (QC), dengan perbandingan terhadap referensi PRT pencelupan yang dikalibrasi atau menggunakan resistor referensi untuk memverifikasi akurasi. Semua kalibrasi gratis dilakukan pada suhu sekitar, dengan satu pembacaan dilakukan secara manual.

Untuk mendapatkan logger yang sangat bisa diandalkan dan juga bekerja dengan baik, maka kalibrasi adalah satu-satunya cara yang digunakan untuk bisa mendapatkan logger yang berkualitas.

Manfaat Kalibrasi Temperatur Recorder

Kalibrasi yang dilakukan pada temperature recorder memang menjadi salah satu yang sangat bermanfaat. Biasanya manfaat dari kalibrasi temperature recorder ini adalah demi menjaga keselamatan kerja dan juga demi mempertahankan kualitas dari produksi sebuah industri.

Manfaatnya memang sama saja untuk setiap kalibrasi. Mau tidak mau memang kalau tidak demi keselamatan kerja, ya demi menjaga keuntungan dari perindustrian.

Cara Kalibrasi Temperature Recorder

Lantas bagaimana Anda bisa melakukan kalibrasi temperature recorder? Caranya mungkin memang harus dilakukan di laboratorium kalibrasi. Laboratorium kalibrasi juga menentukan prosedur kalibrasi temperature recorder, yaitu:

  1. Mempersiapkan alat-alat kalibrasi
    Sebelum melakukan kalibrasi, persiapan alat-alat kalibrasi harus dilakukan terlebih dahulu.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Jika sudah persiapan bagi pelaksana kalibrasi. Pelaksana harus memiliki sertifikat untuk bisa melakukan kalibrasi yang berkaitan dengan temperature recorder.
  3. Pengecekan kondisi temperatur recorder
    Setelah itu, pelaksana akan melakukan pengecekan kondisi dari temperature recorder. Temperature recorder yang sekiranya masih bisa dilakukan kalibrasi akan di validasi.
  4. Penggunaan metode berstandar nasional/internasional
    Selanjutnya adalah menentukan metode. Metode kalibrasi untuk setiap alat atua instrumen memang berbeda-beda. Ini termasuk untuk temperature recorder. Metode yang digunakan adalah yang berstandar nasional atau yang berstandar internasional sekalipun untuk lebih mantapnya.
  5. Pelaksanaan kalibrasi temperatur recorder
    Metode yang paling efektif sudah ditetapkan, sekarang adalah dengan melaksanakan kalibrasi temperature recorder.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Selanjutnya dari metode yang sudah ada tadi itu adalah dengan melakukan perhitungan. Perhitungan tersebut adalah yang digunakan untuk menemukan apakah ada deviasi yang terjadi pada temperature recorder.
  7. Pembuatan laporan
    Setelah itu tinggal dibuat laporan yang dimana laporan ini harus sesuai dengan standar ISO/IEC 17025:2017.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Temperatur Recorder

Termometer dan logger yang disebut sebagai temperature recorder ini memiliki jam yang disinkronkan sebelum menjalankan prosedur ini dan mengatur untuk mencatat data dari sesi kalibrasi. Di akhir sesi, data dari semua data logger dan referensi termometer diunduh dan dibandingkan. 

Bacaan ini kemudian dicantumkan di bagian “Seperti yang Ditemukan” dari laporan kalibrasi. Jika logger memenuhi spesifikasi, maka unit telah lulus kalibrasi dan tidak diperlukan tindakan lebih lanjut. Dalam hal ini, bacaan “As Left” akan identik dengan bacaan “As Found”.

Jika pengukuran logger berada di luar spesifikasi, maka penyesuaian dilakukan untuk memperhitungkan perbedaannya, dan prosedur yang diuraikan di atas diulangi untuk memverifikasi bahwa unit tersebut memenuhi spesifikasi. Pengukuran dari prosedur verifikasi ini akan muncul di bagian “As Left” dari laporan kalibrasi.

Sebenarnya hasil yang dilalui untuk mendapatkan hasil kalibrasi temperature recorder ini sangat panjang bukan?

Kesimpulan

Itulah beberapa langkah yang harus Anda ketahui tentang kalibrasi temperature recorder. Jika memang ini merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan Anda, temperature recorder harus dilakukan kalibrasi. Jika Anda ingin mencari jasa kalibrasi temperatur recorder, Anda bisa mempercayakannya pada Kalibrasi.com saja yang dijamin terbaik dan juga semua laboratorium sudah terakreditasi! 

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi temperatur recorder