Pahami Langkah Kalibrasi HV Meter dengan Baik dan Benar

kalibrasi HV Meter

Dalam dunia untuk mengatur tegangan listrik yang sangat tinggi, ada yang namanya HV meter. HV (High Voltage) meter bisa diartikan sebagai rangkaian pembagi tegangan ac/dc ini yakni alat ukur medan khusus, bisa mengevaluasi tegangan tinggi dc, dan bisa mengevaluasi pertukaran tekanan tinggi, semua perangkat terdiri dari pembagi tegangan dan alat ukur. HV meter memang sangat penting karena pengukurannya yang sangat riskan karena sampai ke tingkat tegangan yang tinggi.

HV meter ini perlu untuk dilakukan kalibrasi karena memang sangat penting dimana ini adalah cara yang sangat penting untuk mendapatkan hasil yang presisi. Kita tidak perlu bukan untuk mendapatkan kecelakaan kerja karena kelalaian kita karena HV meter yang sangat membaca pengukuran?

Tujuan Kalibrasi HV Meter

HV meter yang dilakukan kalibrasi menjadi salah satu yang sangat penting dikarenakan mungkin saja Anda tidak percaya 100% dari pengukuran yang keluar dari HV meter tersebut. Jika Anda bayangkan, alat tersebut menghitung arus listrik tinggi, tentu saja resikonya sangat besar.

Maka dari itu, kalibrasi HV meter memiliki tujuan pasti yaitu untuk mengetahui apakah HV meter masih memiliki akurasi yang bagus dalam perhitungannya atau tidak? Ini juga bisa berguna bagi Anda yang masih pusing apakah HV meter ini perhitungannya benar atau tidak.

Manfaat Kalibrasi HV Meter

Masih berbanding lurus dengan tujuan dari kalibrasi HV meter, manfaat yang bisa Anda dapatkan jika melakukan kalibrasi HV meter ini adalah keselamatan dalam pekerjaan. Akan tetapi, ini juga harus Anda imbangi dengan tempo kalibrasi yang tepat.

Tempo ini tergantung HV meternya digunakan seperti apa. Jika digunakan setiap hari dan terus menerus, mungkin jangka waktu untuk melakukan kalibrasi HV meter jadi lebih pendek.

Cara Kalibrasi HV Meter

Jadi, bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan selama pelaksanaan kalibrasi HV meter? Kalibrasi instrumen alat ukur apapun itu harus dilakukan oleh laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi. Mereka yang ingin melakukan kalibrasi HV meter memiliki lembar kerja sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Langkah pertama dalam melakukan kalibrasi HV meter adalah mempersiapkan alat-alat yang digunakan untuk kalibrasi.
  2. Persiapkan teknisi kalibrasi
    Setelahnya, teknisi kalibrasi yang merupakan teknisi bersertifikat akan bertugas untuk melakukan kalibrasi HV meter.
  3. Pengkondisian Lingkungan kalibrasi
    Sebelum melakukan kalibrasi, lingkungan juga harus dalam keadaan yang steril dan juga bersih agar terhindar dari berbagai faktor yang bisa mempengaruhi hasil kalibrasi HV meter.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Selanjutnya tentu saja dengan menggunakan metode kalibrasi yang memang harus sesuai dengan standar internasional. Atau setidaknya sesuai dengan standar nasional.
  5. Pelaksanaan kalibrasi HV Meter
    Setelah menentukan metodenya, dilakukanlah pelaksanaan kalibrasi yang sudah sesuai dengan prosedur yang ada. 
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Pelaksanaan ini akan melibatkan perhitungan dan juga pengamatan tentang HV meter sesuai dengan rentang ukur yang dikalibrasikan.
  7. Pembuatan laporan
    Dan yang terakhir dari sebuah kalibrasi HV meter adalah muncul laporan kalibrasi yang berisikan tentang HV meter masih bagus atau tidak.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi HV Meter

Setelah dilakukan kalibrasi, yang paling pasti adalah mendapatkan sertifikat kalibrasi. Untuk sertifikat kalibrasi ini berisikan deviasi dan juga perhitungan apakah memang masih layak HV meter yang Anda telah dikalibrasikan.

Kalau memang masih layak, maka HV meter hitungannya menjadi presisi dan ini adalah proses yang sudah selesai dari perjalanan kalibrasi HV meter yang panjang.

Kesimpulan

Bagaimana? Sudah paham dengan kalibrasi HV meter? Langkah-langkahnya memang sesuai dengan prosedur dan juga standar. Daripada Anda melakukan kalibrasi sendiri yang mungkin Anda tidak bisa, lebih baik percayakan kepada jasa kalibrasi HV meter di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi HV Meter