Pahami Poin Penting Tentang Cara Kalibrasi Signal Generator

kalibrasi signal generator

Dalam dunia industri dan juga dunia kesehatan, instrument signal generator jelas sudah tidak asing. Signal generator ini sendiri merupakan sebuah alat ukur yang digunakan untuk menampilkan berbagai macam bentuk gelombang. Signal generator ini sendiri cukup banyak digunakan dan memiliki fungsi penting di dunia kesehatan. 

Jelas cukup penting fungsi dari signal generator ini untuk itulah menjaga hasil ukur untuk alat ini begitu penting. Untuk tetap menjaga kualitas hasil pengukuran signal generator terbaik, diperlukan adanya kalibrasi.

Kalibrasi ini sendiri nantinya akan memberikan perawatan dan menjaga hasil pengukuran yang tetap akurat. Selain itu, cukup banyak tujuan dilakukannya kalibrasi signal generator lainnya.

Tujuan Kalibrasi Signal Generator

Melakukan kalibrasi pada instrument signal generator jelas akan sangat menguntungkan. Selain mampu untuk mengetahui fungsionalitas dari instrumen itu sendiri, kalibrasi juga menjadi salah satu cara perawatan yang terbaik saat ini.

Beberapa tujuan penting dilakukannya kalibrasi signal generator ialah untuk menjaga kualitas hasil pengukuran signal generator agar tetap akurat dan sesuai dengan standar ISO.

Manfaat Kalibrasi Signal Generator?

Kalibrasi signal generator sendiri memang memiliki tujuan awal untuk tetap menjaga tingkat keakuratan yang sesuai. Namun selain tujuan tersebut, proses kalibrasi signal generator ini sendiri juga memiliki beberapa manfaat lainnya diantaranya :

  • Mampu menjaga kualitas instrument signal generator 
  • Mengetahui adanya penyimpangan hasil pengukuran signal generator
  • Memberikan jaminan akan hasil dari pembacaan pengukuran signal generator
  • Mendukung sistem mutu ISO

Cara Kalibrasi Signal Generator

Banyak sekali manfaat dilakukannya kalibrasi pada signal generator. Penting sekali untuk melakukan kalibrasi signal generator dengan cara yang tepat dan sesuai dengan standar ISO. Berikut ini beberapa tahapan cara kalibrasi signal generator :

  1. Proses persiapan
    Persiapkan terlebih dahulu signal generator mana yang akan dilakukan kalibrasi. Anda bisa menyiapkan signal generator yang dirasa sudah memiliki penyimpangan dalam penyampaian hasil ukur.
  2. Pelaksana kalibrasi Signal Generator
    Melakukan pelaksanaan proses kalibrasi ini sendiri tidak bisa sembarangan. Salah satunya ialah wajib dilakukan oleh lembaga penyedia jasa kalibrasi profesional atau orang yang ahli dan bersertifikat dalam melakukan kalibrasi signal generator.
  3. Pengecekan kondisi lingkungan saat kalibrasi Signal Generator
    Lakukan pengecekan terhadap kondisi lingkungan saat proses kalibrasi akan dilakukan. Suhu dan kelembaban haruslah jelas karena beberapa alat uji kalibrasi sangat terperngaruh pada kedua kondisi lingkungan ini. Lakukan kalibrasi pada tempat yang terang dan ada baiknya lakukan pada pagi hingga siang hari.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Signal Generator
    Untuk metode yang digunakan untuk proses kalibrasi dan rentang ukur signal generator, anda bisa menggunakan metode yang sudah sesuai dengan standar ISO pada umumnya.
  5. Pelaksanaan kalibrasi dari Signal Generator
    Pelaksanaan kalibrasi ini sendiri bisa dilakukan dengan melakukan pengamatan awal terhadap objek signal generator yang akan dikalibrasi terlebih dahulu. Apakah bentuknya normal dan bisa berfungsi ataupun sebaliknya.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Hasil dari perhitungan kalibrasi ini sendiri dilakukan dengan cara menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan dan juga dengan menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Pembuatan laporan proses kalibrasi signal generator ini sendiri juga harus mengacu pada pedoman SNI 19-17025. selain itu juga nantinya hasil yang didapat dari proses kalibrasi ini wajib disahkan oleh kepala laboratorium atau pihak pengkalibrasi terpercaya.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Signal Generator

Dengan dilakukannya proses kalibrasi pada signal generator ini nantinya akan didapat beberapa parameter dan hasil kalibrasi itu sendiri. Hasil parameter kalibrasi signal generator ini sendiri diantaranya mendapat nilai objek yang diukur, mengetahui besarnya penyimpangan, mengetahui angka ketidakpastian ukur.

Kesimpulan 

Proses kalibrasi signal generator sendiri sangatlah penting untuk dilakukan mengingat fungsi dan kegunaan dari instrumen ini sendiri. Tujuan dilakukannya kalibrasi signal generator ini jelas untuk menjaga keakuratan yang dihasilkan dari instrument signal generator yang sesuai standar ISO.

Bagi anda yang saat ini memang membutuhkan jasa kalibrasi signal generator, anda bisa menggunakan jasa dari kalibrasi.com yang tentunya merupakan jasa profesional ahli di bidang kalibrasi signal generator terakreditasi KAN dan sesuai dengan ISO. Atau bisa pelajari lebih lanjut dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa Kalibrasi signal generator