Memahami Cara Kalibrasi Rotameter dengan Tepat

kalibrasi Rotameter

Rotameter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur laju aliran volumetrik fluida di dalam sebuah tempat atau tabung tertutup. Cara kerja dari rotameter terdiri dari body dan float, posisi float ini ditentukan pada sat keseimbangan gaya bekerja secara berubah-ubah. Yang mana gravitasi menarik float ke bawah sehingga gaya apung dan kecepatan yang berkaitan dengan gaya dinamika dapat mengangkat fluida ke bawah.

Seringkali penggunaan rotameter ini cukup sering digunakan sehingga dapat mengurangi efisiensi penggunaannya sehingga dibutuhkan kalibrasi. Nah bagaimana sih cara kalibrasi rotameter ini? Nah maka dari itu mari kita simak penjelasan berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Rotameter

Adapun beberapa tujuan mengkalibrasi rotameter diantaranya:

  • Memastikan nilai ketertelusuran pada rotameter yang sudah sesuai dengan standar yang lebih tinggi.
  • Untuk mendeteksi adanya penyimpangan pengukuran pada alat ukur rotameter.
  • Memastikan bahwa hasil pengukuran rotameter sudah sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Rotameter

Adapun manfaat dari kalibrasi rotameter diantaranya adalah:

  • Alat ukur rotameter yang dipastikan masih layak pakai.
  • Adapun dukungan untuk menerapkan pengukuran dengan kualitas yang sesuai standar ISO.
  • Menentukan bahwa rotameter ini sudah sesuai dengan spesifikasi dan masih dalam keadaan normal.

Cara Kalibrasi Rotameter

Adapun kalibrasi rotameter perlu dilakukan beberapa langkah diantaranya:

  1. Mempersiapkan Alat Kalibrasi
    Persiapan alat kalibrasi adalah proses awal dalam melakukan kalibrasi. Anda harus mempersiapkan berbagai peralatan yang digunakan untuk mengkalibrasi serta mempersiapkan rotameter yang akan dikalibrasi.
  2. Operator Kalibrasi
    Untuk mengkalibrasi sebaiknya memang dilakukan oleh orang yang memiliki pengetahuan dalam mengkalibrasi rotameter agar tidak terjadi kesalahan dalam mengukur.
  3. Pengecekan situasi dan kondisi Rotameter
    Mengecek kondisi lingkungan memang perlu dilakukan agar memastikan bahwa hasil pengukuran agar tidak terganggu akibat suhu, kelembaban, getaran, hingga gravitasi terutama bagi rotameter yang memang sangat sensitif dengan gravitasi dan suhu.
  4. Langkah-langkah Mengkalibrasi dan rentang ukur Rotameter
    Dalam menggunakan metode kalibrasi rotameter ini bisa menggunakan metode kalibrasi serta rentang ukur sebagai berikut. Metode Kalibrasi : IK-KM-AL02 dan Rentang Ukur: 0 LPM ~ 5 LPM
  5. Pengaktualan Rotameter dengan benar
    Pengaktualan rotameter dilakukan mulai dari pengamatan bahwa bentuk dan fungsi rotameter masih berfungsi dengan benar, kemudian apakah hasil pengukuran masih menunjukan nilai yang wajar atau tidak, melakukan pembersihan, dan melakukan pengambilan data sampel dan dicatat.
  6. Penghitungan hasil kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi ini bisa dilakukan dengan cara menghitung beberapa nilai seperti nilai maksimum, minimum, nilai rata-rata, konversi satuan, dan menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Langkah terakhir dalam proses kalibrasi rotameter adalah melakukan pelaporan yang berisikan tentang informasi dan juga acuan yang akan ditentukan bahwa rotameter layak pakai. Hasil pelaporan ini juga harus sesuai dengan format yang digunakan yang sesuai dengan pedoman SNI 19-17025.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Rotameter

Setelah dilakukan pelaporan serta perhitungan kalibrasi, kemudian didapatkan parameter seperti nilai objek yang diukur, besarnya nilai penyimpangan, faktor kalibrasi dan bagian sifat metrologi.

Kesimpulan

Demikian bahasan kita kali ini tentang bagaimana cara kalibrasi rotameter yang tepat dan benar. Bagi yang ingin melakukan kalibrasi Anda bisa langsung menggunakan jasa kalibrasi rotameter di Kalibrasi.com 

Silahkan klik tombol di bawah ini untuk mempelajari secara detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya.

Jasa kalibrasi Rotameter