Cara Melaksanakan Kalibrasi Anemometer dengan Benar

kalibrasi anemometer

Anemometer adalah salah satu alat ukur perangkat yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin dan mengukur arah. Cara menggunakan anemometer ini harus digunakan ditempat terbuka pada saat bertiupnya angin untuk menggerakkan baling-baling yang bergerak dengan mengikuti arah anginnya. Adapun jumlah putaran yang satu detik akan diketahui kecepatan anginnya.

Fungsi dari anemometer adalah untuk mengukur kecepatan angin, memperkirakan cuaca, memperkirakan tinggi gelombang laut, memperkirakan kecepatan serta arah arus. Namun alat ini juga sering mengalami gangguan dalam pengukuran akibat masa pakai yang sudah lewat. Nah bagaimana dengan cara kalibrasi anemometer yang benar? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Anemometer

Adapun beberapa tujuan mengkalibrasi Anemometer diantaranya:

  • Memastikan nilai ketertelusuran pada Anemometer yang sudah sesuai dengan standar yang lebih tinggi.
  • Untuk mendeteksi adanya penyimpangan pengukuran pada alat ukur Anemometer.
  • Memastikan bahwa hasil pengukuran Anemometer sudah sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Anemometer

Adapun manfaat dari kalibrasi Anemometer diantaranya adalah:

  • Memastikan bahwa Alat ukur Anemometer masih layak pakai.
  • Adapun dukungan untuk menerapkan pengukuran dengan kualitas yang sesuai standar ISO.
  • Menentukan bahwa Anemometer ini sudah sesuai dengan spesifikasi dan masih dalam keadaan normal.

Cara Kalibrasi Anemometer

Melakukan kalibrasi anemometer haruslah sesuai dengan prosedur yang berlaku mulai dari persiapan alat kalibrasi hingga pembuatan laporan dengan penjelasan berikut ini.

  1. Mempersiapkan Alat Kalibrasi
    Melakukan persiapan alat kalibrasi ini merupakan proses awal dalam melakukan prosedur kalibrasi. Persiapan ini adalah peralatan yang harus disiapkan untuk mengkalibrasi dan juga anemometer yang dikalibrasi.
  2. Operator Kalibrasi
    Dalam melakukan prosedur kalibrasi sebaiknya memang didampingi atau dilakukan oleh orang yang memiliki pengetahuan dalam mengkalibrasi rotameter agar tidak terjadi kesalahan dalam mengukur.
  3. Pengecekan situasi dan kondisi Anemometer
    Melakukan pengecekan pada kondisi lingkungan memang perlu dilakukan untuk memastikan bahwa hasil pengukuran agar tidak terganggu akibat suhu, kelembaban, getaran, hingga gravitasi terutama untuk alat ukur Anemometer yang memang sangat sensitif dengan suhu, dan angin.
  4. Langkah-langkah Mengkalibrasi dan rentang ukur Anemometer
    Dalam menggunakan metode kalibrasi Anemometer ini bisa menggunakan metode kalibrasi serta rentang ukur sebagai berikut. Metode Kalibrasi : TO-MD-8.01, IK-KM-AL01 Rentang Ukur :
    2m/s ~ 10m/s
    1m/s ~ 2.5m/s
    5m/s
    7.5m/s
    10m/s
    12.5m/s
    15m/s
    17.5m/s
    20m/s
  5. Pengaktualan Anemometer dengan benar
    Melakukan kalibrasi anemometer bisa dimulai dari pengamatan bahwa anemometer masih berfungsi dan memiliki bentuk yang masih normal. Kemudian pengukuran yang hasilnya menunjukan nilai yang wajar atau tidak, melakukan pembersihan, serta pengambilan data sampel yang akan dicatat.
  6. Penghitungan hasil kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi adalah proses dimana menemukan nilai maksimum, minimum, nilai rata-rata, konversi satuan, dan menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Proses kalibrasi anemometer yang mana melakukan pelaporan yang berisikan tentang informasi yang mana dijadikan acuan yang ditentukan jika anemometer layak pakai. Hasil pelaporan ini juga harus sesuai dengan format yang digunakan yang sesuai dengan pedoman SNI 19-17025.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Anemometer

Setelah melakukan kalibrasi maka didapatkan parameter yang dijadikan acuan untuk melakukan rekomendasi tindak lanjutnya seperti nilai objek yang diukur, besarnya nilai penyimpangan, faktor kalibrasi dan bagian sifat metrologi.

Kesimpulan

Cukup sekian segala informasi tentang cara kalibrasi anemometer dengan prosedur yang benar agar mendapatkan hasil yang akurat. Adapun bagi Anda yang tidak ingin repot atau takut mengkalibrasi anemometer sendiri, bisa menyerahkannya ke penyedia jasa kalibrasi anemometer di Kalibrasi.com

Silahkan klik tombol di bawah ini untuk mempelajarinya secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya.

Jasa kalibrasi anemometer