Mengapa Diperlukan Kalibrasi Osiloskop? Pelajari Selengkapnya!

kalibrasi osiloskop

Dalam dunia industri, tentunya akan sangat membutuhkan peralatan dan juga instrument-instrument alat ukur untuk membantu pekerjaan. Salah satu instrument alat ukur yang memang penting dan banyak digunakan salah satunya osiloskop.

Osiloskop sendiri adalah alat yang digunakan untuk mengamati bentuk gelombang yang tepat dari sinyal listrik. Osiloskop yang seringkali digunakan tentunya membutuhkan perawatan. Perawatan yang tepat untuk osiloskop yang tepat ialah kalibrasi.

Kalibrasi pada osiloskop ini sendiri jelas memiliki tujuan penting. Tujuan dilakukannya kalibrasi osiloskop ialah untuk menjaga fungsi dan juga hasil pengukuran gelombang sinyal listrik tetap akurat dan sesuai dengan standar. Selain itu juga ada banyak tujuan penting lainnya dilakukannya kalibrasi pada osiloskop.

Tujuan Kalibrasi Osiloskop

Menjaga hasil pengukuran dan fungsi dari osiloskop jelas sangat penting. Selain itu juga banyak tujuan lainnya dilakukan proses kalibrasi pada osiloskop seperti mendukung mutu ISO dan juga tentunya juga mengetahui apabila terjadinya penyimpangan hasil ukur. Selain itu, proses kalibrasi yang tepat juga akan menjaga osiloskop dari kerusakan yang dapat mengganggu aktifitas pekerjaan sehingga menyebabkan terjadinya kecelakaan kerja.

Terus apa dong manfaat yang akan didapatkan ketika sudah melakukan kalibrasi osiloskop secara baik dan benar? Apakah manfaat kalibrasi tersebut langsung bisa dirasakan atau hanya sekedar untuk perawatan rutin terhadap osiloskop saja?

Manfaat Kalibrasi Osiloskop?

Sudah tentu ketika melakukan perawatan terlebih dengan cara kalibrasi, pastinya banyak manfaat yang akan didapatkan. Bahkan manfaat yang sebelumnya belum didapatkan akan didapat. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapat ketika proses kalibrasi osiloskop berjalan dengan baik :

  • Dapat menjamin nilai keakuratan ukur
  • Dapat menghindari terjadinya resiko kecelakaan kerja
  • Dapat mengetahui besarnya nilai penyimpangan ukur
  • Menjaga kondisi osiloskop tetap sesuai dengan spesifikasinya

Cara Kalibrasi Osiloskop

Untuk memperoleh hasil kalibrasi pada osiloskop yang maksimal, tentunya diperlukan adanya cara kalibrasi yang baik dan benar. Berikut ini beberapa cara kalibrasi osiloskop yang benar dan sesuai dengan standar :

  1. Menyiapkan Peralatan
    Siapkan osiloskop mana yang akan terlebih dahulu dilakukan kalibrasi. Selain menyiapkan osiloskop, anda juga perlu untuk menyiapkan peralatan yang nantinya akan digunakan dalam proses kalibrasi.
  2. Menyediakan Operator Kalibrasi
    Pilih dan juga tunjuk orang yang memang ahli untuk melakukan proses kalibrasi osiloskop. Anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi.com yang sudah terakreditasi KAN untuk mengkalibrasi osiloskop.
  3. Pemeriksaan kondisi Osiloskop
    Lakukan pemeriksaan kondisi osiloskop mulai dari fungsi dan juga bentuk. Selain itu anda juga harus memeriksa suhu dan juga kelembaban ruangan atau lingkungan yang nantinya digunakan untuk proses kalibrasi.
  4. Menentukan metode kalibrasi dan rentang ukur Osiloskop
    Memilih metode kalibrasi dan rentang ukur osiloskop merupakan hal yang utama dan tidak boleh salah. Untuk metode kalibrasi dan rentang ukur osiloskop anda bisa menggunakan metode kalibrasi :
    – Oscilloscope – Periode menggunakan metode kalibrasi IK.KL-10 Rentang Ukur 10ns ~ 200ms
    – Oscilloscope – Vertical Deflection menggunakan metode kalibrasi TO-EM-9.02 Rentang Ukur 2mV/div ~ 20V/div
    – Oscilloscope Analog – Volt / Division menggunakan metode kalibrasi IK-KL-LS22 Rentang Ukur 2 mVpp – 30 Vpp
    – Oscilloscope Digital – Time / Division menggunakan metode kalibrasi IK-KL-LS22 Rentang Ukur 1 μs – 500ms
    – Oscilloscope Analog – Time / Division menggunakan metode kalibrasi IK-KL-LS22 Rentang Ukur 1 μs – 500ms
    – Oscilloscope – Horizontal Deflection menggunakan metode kalibrasi TO-EM-9.02 Rentang Ukur 20ns/div ~ 1s/div
    – Oscilloscope Digital – Volt / Division menggunakan metode kalibrasi IK-KL-LS22 Rentang Ukur 2 mVpp – 30 Vpp
  5. Melakukan Kalibrasi Osiloskop
    Untuk melakukan proses kalibrasi osiloskop anda perlu untuk melakukan setel ulang dengan menyetel pada titik awal atau nol. Selain itu juga jangan lupa untuk mencatat hasil ukur sebelum dan sesudah kalibrasi dilakukan.
  6. Perhitungan Hasil Kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi dapat dilakukan dengan cara menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan dan menentukan persamaan regresi.
  7. Laporan Kalibrasi
    Pembuatan laporan kalibrasi osiloskop tentunya wajib sesuai dengan format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025. Nantinya juga pengesahan laporan kalibrasi ini harus disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Osiloskop

Setelah dilakukannya kalibrasi dengan cara yang baik dan benar seperti diatas, pastinya akan memperoleh hasil yang maksimal. Proses kalibrasi osiloskop sendiri memberikan parameter dengan hasil sebagai berikut :

  • Memperoleh nilai objek yang diukur
  • Mengetahui besarnya penyimpangan atau nilai koreksi osiloskop
  • Mengetahui besarnya angka ketidakpastian pengukuran
  • Tingkat kepercayaan yang dievaluasi dengan seksama melalui analisis ketidakpastian

Kesimpulan 

Melakukan kalibrasi pada osiloskop bisa dilakukan ketika merasa osiloskop memberikan hasil ukur yang tidak sesuai sebelum jadwal kalibrasi rutin muncul. Selalu lakukan kalibrasi osiloskop dengan menunjuk orang yang ahli di bidang kalibrasi atau jasa penyedia kalibrasi osiloskop. Gunakan jasa kalibrasi.com yang memang merupakan jasa penyedia berbagai jenis kalibrasi yang sudah menerapkan mutu ISO dan terakreditasi KAN.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi osiloskop