Kalibrasi Mesin Uji Tekan : Tujuan dan Manfaatnya

kalibrasi mesin uji tekan

Keperluan kalibrasi mesin uji tekan di sektor industri memang sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan. Sebelum membahas kalibrasi hendaknya kita pahami apa itu mesin uji tekan, mesin uji tekan ini adalah alat ini digunakan untuk menguji tingkat kekuatan pada suatu benda pada saat mengalami tekanan kuat.

Pengujian tekanan ini memberikan data mengenai perilaku material selama serta sesudah mengalami tekanan berat dan menentukan batas maksimum tekanan yang dapat diterima dan berapa lama benda atau zat ini dapat menahan tekanan berat.

Nah kalibrasi mesin uji tekan ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar penyimpangan yang terjadi pada saat hasil pengukuran dilakukan apakah sesuai standar atau tidak. Untuk jelasnya mari kita simak tentang kalibrasi mesin uji tekan dibawah ini.

Tujuan Kalibrasi Mesin Uji Tekan

Tujuan kalibrasi mesin uji tekan ini sama seperti alat ukur pada umumnya intinya adalah Menjaga tingkat akurasi hasil pengukuran sehingga dapat meningkatkan kualitas produksi di berbagai jenis industri yang menggunakan mesin uji tekan.

Manfaat Kalibrasi Mesin Uji Tekan?

Untuk manfaat mengkalibrasi mesin uji tekan adalah untuk:

  1. Menjaga kondisi Mesin Uji Tekan sehingga tetap dalam spesifikasinya.
  2. Mengetahui perbedaan dari nilai benar serta nilai yang dihasilkan dari mesin uji tekan ini.
  3. Untuk mendukung nilai kualitas produk yang dihasilkan menggunakan alat mesin uji tekan ini.

Cara Kalibrasi Mesin Uji Tekan

Untuk melakukan kalibrasi pada mesin uji tekan, haruslah dilakukan yang namanya prosedur sesuai dengan metode standarnya diantaranya:

  1. Persiapan kalibrasi
    Persiapan kalibrasi yang pertama adalah proses persiapan mesin uji tekan yang akan dikalibrasi,  serta mempersiapkan berbagai peralatan yang akan digunakan untuk kalibrasi.
  2. Operator kalibrasi Mesin Uji Tekan
    Setiap proses kalibrasi tentu akan membutuhkan orang yang akan melakukan kalibrasi bukan, ya orang ini dinamakan dengan kalibrator yang sudah tersertifikasi dan berkompeten dalam melakukan kalibrasi.
  3. Mengecek kondisi lingkungan
    Kondisi lingkungan memang sangat penting dalam proses kalibrasi. Karena bukan tanpa alasan, lingkungan juga bisa mengakibatkan salah perhitungan akibat dari alat yang dikalibrasi terlalu sensitif.
  4. Menetapkan metode kalibrasi dan rentang ukur Mesin Uji Tekan
    Metode kalibrasi yang digunakan untuk penguji mesin uji tekan bisa menggunakan metode:
    TO-MD-3.02, ISO 7500/1 :2018, 1 kgf = 9.80665 N, 1 tf = 10 kN
    Sedangkan rentang ukur yang digunakan bisa berkisar antara:
    100 kgf ~ 1000 kgf
    1000 kgf ~ 10000 kgf
    10 tf ~ 25 tf
    25 tf ~ 30 tf
    5 kgf ~ 200 kgf
    201 kgf ~ 500 kgf
    501 kgf ~ 1000 kgf
    1001 kgf ~ 2000 kgf
    2001 kgf ~ 5000 kgf
    5001 kgf ~ 10000 kgf
    10001 kgf ~ 25000 kgf
    250001 kgf ~ 50000 kgf
    50001 kgf ~ 100000 kgf
  5. Pelaksanaan kalibrasi Mesin Uji Tekan
    Jika sudah dihitung semua maka dilakukan pengamatan kalibrasi mesin uji tekan yang difungsi dengan normal. Kemudian hasil ini juga bisa diuji apakah hasil pengukuran ini masih menunjukan hasil yang sesuai atau tidak.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi ini meliputi berbagai nilai yang dicari seperti nilai rata-rata, standar deviasi, perhitungan hasil kalibrasi ini akan dijadikan acuan untuk mengisi laporan akhir.
  7. Pembuatan laporan
    Adapun prosedur akhir dari pembuatan laporan berisi tentang bagaimana hasil pengukuran yang didapat, hasil pelaporan ini harus sesuai dengan standar ISO yang mencakup informasi seperti peralatan atau sistem yang dikalibrasi, standar yang digunakan, hasil pengukuran, serta apa tindak lanjut yang dilakukan setelahnya.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Mesin Uji Tekan

Adapun parameter merupakan hasil kalibrasi dari mesin uji tekan yakni modulus elastisitas, menghasilkan kekuatan, kuat maximum tekan atau tarik, kekuatan putus, menghasilkan regangan, regangan di titik maksimum tekan atau tarik, regangan putus.

Kesimpulan

Demikian bahasan kita kali ini tentang bagaimana prosedur kalibrasi mesin uji tekan ini dilakukan. Untuk melakukan prosedur kalibrasi mesin uji tekan juga tidak boleh dilakukan di sembarang tempat, diperlukannya laboratorium yang lulus uji dalam melakukan kalibrasi serta terakreditasi KAN.

Kalibrasi.com merupakan perusahaan kalibrasi yang bisa membantu Anda dalam melakukan kalibrasi mesin uji tekan dengan profesional, Anda bisa mempelajarinya lebih detail dengan cara klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi mesin uji tekan