Mengapa Perlu Melakukan Kalibrasi Push Pull Gauge? Ini Alasannya

kalibrasi push pull gauge

Push Pull Gauge adalah salah satu jenis alat ukur yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar gaya tarik dan gaya dorong dari suatu benda. Push pull gauge ini diukur menggunakan satuan newton. Salah satu contoh dari pemakaian Push Pull Gauge adalah pengukuran standard dari kekencangan v-belt kompresor dan v-belt alternator.

Kalibrasi Push Pull Gauge diperlukan untuk meningkatkan keakuratan dari alat ini untuk mengukur gaya tarik dan gaya dorongnya sehingga hasil pengukuran akurat dan sesuai spesifikasi. Bagaimana cara kalibrasi push pull gauge? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Push Pull Gauge

Tujuan dalam mengkalibrasi Push Pull Gauge adalah untuk mengurangi ketidakpastian pada saat hasil pengujian dilakukan, memastikan tingkat akurasi pengukuran. Yang mana Push Pull Gauge ini telah dibutuhkan oleh banyak industri sehingga kalibrasi ini dibutuhkan untuk melakukan validasi pada material produk.

Manfaat Kalibrasi Push Pull Gauge?

Dalam melakukan kalibrasi Push Pull Gauge ini tentu akan mendapatkan manfaat pada mendapatkan kualitas proses serta hasil pengukuran yang dilakukan dengan menggunakan alat Push Pull Gauge ini. selain itu kalibrasi juga bisa menjadi jaminan dan konfirmasi pada suatu hasil pengukuran Push Pull Gauge. Serta memutuskan bahwa Push Pull Gauge ini masih layak digunakan.

Cara Kalibrasi Push Pull Gauge

Adapun beberapa langkah kalibrasi Push Pull Gauge yang terdiri dari berbagai tahapan seperti penjelasan di bawah ini.

  1. Persiapan Kalibrasi
    Persiapan kalibrasi adalah prosedur awal dalam melakukan kalibrasi, pastikan  bahwa alat Push Pull Gauge yang akan dikalibrasi sudah ada, memastikan peralatan yang lengkap untuk dikalibrasi.
  2. Mempersiapkan Pelaksana Kalibrasi
    Untuk melakukan sebuah proses kalibrasi Push Pull Gauge dibutuhkan pengetahuan yang cukup rumit. Sehingga dibutuhkan orang yang memang ahli dibidang kalibrasi sehingga dapat minim kesalahan pada saat hasil pengukuran dicapai.
  3. Cek Kondisi Lingkungan Kalibrasi
    Kondisi lingkungan juga termasuk faktor yang sangat mempengaruhi hasil pengukuran. Yang mana hasil pengukuran bisa saja berbeda dari kondisi ruangan yang memiliki suhu, kelembaban, cahaya, getaran, atau gravitasi yang berbeda.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Push Pull Gauge
    Memilih metode kalibrasi untuk Push Pull Gauge tentu haruslah memilih metode yang paling tepat dan paling mudah untuk meminimalisir terjadinya kesalahan. Adapun Metode kalibrasi Push Pull Gauge yang digunakan adalah : TO-MD-3.03, IK-KM-GB05
    Rentang ukur:
    0 kgf ~ 20 kgf
    kgf ~ 50 kgf
    51 kgf ~ 100 kgf
  5. Melaksanakan Kalibrasi Push Pull Gauge
    Dalam melakukan proses kalibrasi Push Pull Gauge dapat dilakukan beberapa tahap mulai dari pengamatan awal hingga menentukan bahwa Push Pull Gauge yang akan dikalibrasi berfungsi normal. Yang terakhir adalah mencatat dan mengambil data dari hasil pengukuran yang akan dijadikan referensi perhitungan kalibrasi selanjutnya.
  6. Perhitungan Kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi dilakukan setelah melakukan kalibrasi Push Pull Gauge yang mana  sudah sesuai dengan standar yakni menghitung nilai maksimum, minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, konversi satuan, dan menghitung persamaan regresi.
  7. Membuat Laporan Kalibrasi
    Prosedur yang terakhir dalam proses kalibrasi adalah laporan kalibrasi, laporan ini dibuat sesuai dengan pedoman SNI 19-17025. Isi dari laporan ini juga merupakan hasil dari perhitungan kalibrasi sebelumnya seperti hasil dari nilai ketidakpastian dan lain sebagainya.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Push Pull Gauge

Dari hasil kalibrasi Push Pull Gauge di temukanlah parameter yang dapat dijadikan acuan bahwa Push Pull Gauge ini masih layak digunakan atau perlu diganti. Adapun parameter yang digunakan adalah nilai koreksi, nilai ketidakpastian dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Adapun dari bahasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa kalibrasi Push Pull Gauge ini dapat dilakukan dengan prosedur yang sesuai standar. Yang mana melakukan kalibrasi ini dilakukan di laboratorium yang terpercaya dan terakreditasi.

Adapun Kalibrasi.com menyediakan jasa kalibrasi Push Pull Gauge yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bagaimana apakah Anda tertarik? Anda bisa langsung kunjungi website resminya atau pelajari dahulu secara detail melalui tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi push pull gauge