Pentingnya Kalibrasi Tension Meter dan Cara Kalibrasinya

kalibrasi tension meter

Pernahkah Anda mendengar tentang alat ukur yang bernama tension meter? Tension meter adalah instrumen yang digunakan untuk mengukur tegangan pada kabel, benang, serat optik, film, pita, kain sempit, dan bahan datar.

Elemen kontak tersembunyi di dalam pelindung pemicu, yang mencegah material tersangkut dan/atau pecah di belakang rol. Peredam magnet internal memastikan pembacaan tegangan yang akurat di mana pun posisi meteran dipegang.

Karena instumen ini menggunakan peredam magnet untuk memastikan pembacaan tegangan yang tepat, terkadang alat tersebut bisa memberikan pengukuran yang tidak sesuai.

Ini sangat wajar karena tension meter yang digunakan secara terus menerus akan menyebabkan adanya kesalahan pengukuran yang tidak presisi dan tidak sesuai dengan standar. Manfaat apa yang didapatkan dari kalibrasi tension meter?

Tujuan Kalibrasi Tension Meter 

Karena ini menggunakan instrumen yang gampang sekali aus, kalibrasi tension meter memang sangat penting. Pada dasarnya kalibrasi pengukur tegangan adalah proses pemeriksaan ulang pembacaan tegangan bicara pada dial pengukur tegangan Anda terhadap tegangan aktual pada rujinya.

Tujuan ini memang harus Anda lakukan dengan seksama. Karena kalibrasi tension meter yang bagus adalah dengan Anda melakukannya dengan jangka waktu yang tertentu. Tergantung penggunaannya.

Manfaat Kalibrasi Tension Meter?

Sederhananya, jika berdasarkan dimensi ruji yang Anda gunakan bagan tegangan mengatakan bahwa dial meteran tegangan Anda harus menunjukkan pembacaan yang tepat untuk nilai tegangan, apakah nilai ini selaras dengan tegangan bicara yang sebenarnya?

Apakah tegangan 120kgF pada sisi penggerak roda belakang Anda benar-benar terlihat pada dial meteran tegangan Anda? Atau apakah pengukur tegangan Anda menunjukkan bahwa Anda sedang membuat roda dengan 130kgF tetapi kenyataannya ada yang kurang dari itu?

Dengan inilah tension meter harus dilakukan kalibrasi. Pengukuran tegangan ruji yang benar seperti pengaplikasian tension meter adalah salah satu yang penting. Jika Anda ingin melakukannya, pastikan Anda mendapatkan laboratorium kalibrasi terlebih dahulu.

Cara Kalibrasi Tension Meter

Melakukan kalibrasi untuk tension meter memang terdengar rumit, ada beberapa hal yang perlu diketahui dan menjadi SOP untuk kalibrasi instrumen ini, di antaranya:

  1. Mempersiapkan Peralatan Kalibrasi
    Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan berbagai mcam peralatan yang digunakan untuk melakukan kalibrasi.
  2. Pelaksana Kalibrasi Berpengalaman
    Jika sudah, maka yang harus dilakukan adalah mempersiapkan pelaksana dari kalibrasi. Pelaksana kalibrasi adalah harus orang yang berpengalaman dan bersertifikasi.
  3. Mengecek Lingkungan Kalibrasi
    Langkah selanjutnya adalah mengecek lingkungan kalibrasinya. Suhu, kelembapan, dan faktor lain di lingkungan yang bisa mempengaruhi kalibrasi harus diukur.
  4. Menyiapkan metode kalibrasi dan rentang ukur Tension Meter
    Siapkan metode kalibrasi untuk tension meter ini. Tension meter yang dikalibrasi juga harus ada rentang ukurnya untuk menentukan apakah ada deviasi atau tidak.
  5. Menjalankan Proses Kalibrasi Tension Meter
    Setelah metode didapatkan, sekarang adalah menjalankan proses kalibrasi tension meter.
  6. Melakukan Perhitungan Hasil
    Hasil dari proses kalibrasi ini juga harus Anda hitung untuk mendapatkan hasil dari kalibrasi tension meter.
  7. Evaluasi Kalibrasi dan Membuat Laporan
    Dan terakhir lakukan evaluasi, apakah ada deviasi atau tidak. Jika ada maka yang harus Anda lakukan adalah memperbaikinya sesuai dengan metode dan juga rentang ukur yang sesuai dengan standar.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Tension Meter

Tidak semua pengukur tegangan bicara dilengkapi dengan bagan tegangan bicara yang komprehensif, yang memberi tahu Anda pembacaan apa yang harus dilakukan di berbagai jenis dan dimensi bicara pada tegangan bicara tertentu.

Hasil kalibrasi dan juga parameter yang ada harus sesuai dengan standar yang berlaku.

Kesimpulan

Sudah paham tentang kalibrasi untuk tension meter? Dengan cara yang rumit memang ini adalah hal yang harus dilakukan di laboratorium kalibrasi. Untuk itu, jika Anda mencari jasa kalibrasi tension meter yang berkualitas dan juga terakreditasi sebaiknya klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi tension meter