Apa Saja Langkah-langkah Kalibrasi Phase Meter? Simak Disini!

kalibrasi Phase Meter

Instrument alat ukur yang memiliki peran penting dalam dunia industri terlebih yang berkaitan dengan kelistrikan ialah phase meter. Phase meter sendiri merupakan instrument alat uji yang digunakan untuk menguji dan juga mengecek kinerja dari phase sequence. Dengan adanya phase meter ini, tentunya informasi mengenai fasa listrik dapat dengan mudah diketahui.

Phase meter ini sendiri memang cukup banyak digunakan dan dibutuhkan oleh para teknisi kelistrikan. Bahkan terdapat beberapa tipe phase meter yang kegunaannya disesuaikan dengan kecocokan masing-masing penggunanya.

Namun tahukah bahwa phase meter ini sendiri juga perlu untuk dikalibrasi secara rutin. Proses kalibrasi pada phase meter ini memiliki tujuan untuk tetap menjaga fungsi dan juga akurasi dalam melakukan pengukuran.

Tujuan Kalibrasi Phase Meter

Dilakukannya kalibrasi pada phase meter tentunya memiliki tujuan untuk selalu menjaga fungsi dan juga hasil akurat dalam pengukuran. Dengan fungsi yang memang sesuai dengan spesifikasinya, resiko terjadinya kecelakaan kerja dan faktor merugikan lainnya dalam penggunaan phase meter dapat dihindari. Dengan tujuan dilakukannya kalibrasi phase meter tersebut, nantinya juga akan didapat berbagai manfaat.

Manfaat Kalibrasi Phase Meter

Kalibrasi pada phase meter memang penting untuk dilakukan secara rutin dengan cara yang baik dan benar. Banyak juga keuntungan yang akan didapat jika proses kalibrasi phase meter dilakukan secara baik dan benar. Berikut ini manfaat yang akan didapat seperti :

  • Memutuskan kelayakan phase meter
  • Mendukung penerapan mutu ISO
  • Memberikan jaminan hasil ukur
  • Mengetahui terjadinya penyimpangan
  • Menjaga kualitas proses dan hasil ukur

Cara Kalibrasi Phase Meter

Untuk memperoleh hasil kalibrasi yang baik dan maksimal tentu dibutuhkan adanya langkah yang konkret dan tepat. Berikut ini beberapa cara kalibrasi phase meter yang benar dan dianjurkan :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Persiapkan terlebih dahulu alat yang akan digunakan untuk kalibrasi. Selain itu juga siapkan phase meter yang akan dilakukan kalibrasi.
  2. Persiapkan teknisi kalibrasi
    Gunakan atau pilih teknisi kalibrasi phase meter yang memang  ahli di bidangnya. Selain itu Anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi terpercaya dari kalibrasi.com.
  3. Pengkondisian Lingkungan kalibrasi
    Kondisikan lingkungan dengan memperhatikan suhu serta kelembaban ruangan yang akan digunakan dalam proses kalibrasi. Lakukan kalibrasi pada pagi, siang maupun malam hari.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Gunakanlah metode kalibrasi phase meter yang tepat dan sesuai dengan standar nasional maupun internasional. Untuk metode kalibrasi phase meter menggunakan metode kalibrasi IK-KL-LS44 dengan rentang ukur 0° ~ 60°.
  5. Pelaksanaan kalibrasi Phase Meter
    Sebelum proses kalibrasi berjalan, pastikan melakukan pencatatan pada bentuk dan fungsi phase meter. Jangan lupa untuk melakukan reset atau setting pada titik awal atau nol terlebih dahulu.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Melakukan proses perhitungan bisa dilakukan dengan menghitung nilai maksimum-minimum, nilai rata-rata, standar deviasi, mengkonversi satuan hingga menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Pembuatan laporan harus sesuai dengan format yang mengacu pada pedman SNI 19-17025. Hasil laporan juga wajib untuk disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Phase Meter

Dengan dilakukannya kalibrasi pada phase meter, tentunya akan didapatkan hasil dengan beberapa parameter sebagai berikut :

  • Tingkat kepercayaan yang dievaluasi
  • Faktor kalibrasi dan kurva kalibrasi sebagai sifat metrologi
  • Besarnya angka ketidakpastian yang mungkin terjadi di dalam pengukuran
  • Besarnya nilai penyimpangan
  • Hasil nilai obyek yang diukur

Kesimpulan 

Melakukan kalibrasi pada phase meter sangatlah penting dilakukan secara rutin untuk menjaga fungsi dan juga keakuratan hasil. Lakukan kalibrasi phase meter minimal 1 hingga 2 tahun sekali.

Bagi Anda yang ingin melakukan kalibrasi pada phase meter, bisa menggunakan jasa dari kalibrasi.com. Karena Kalibrasi.com sendiri merupakan penyedia berbagai jenis kalibrasi yang sudah terakreditasi KAN dan sesuai dengan standar mutu ISO.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Phase Meter