Kalibrasi Instrumen : Pengertian dan Manfaat Bagi Perusahaan

kalibrasi instrumen

Dalam suatu perusahaan maupun kegiatan industri jelas sangat erat hubungannya dengan fungsi instrumen alat-alat industri itu sendiri. Namun pernahkah anda mendengar dalam suatu kegiatan industri sangat penting dan wajib untuk adanya kegiatan kalibrasi? Apa sih sebenarnya kalibrasi itu? Kalibrasi sendiri adalah proses kegiatan perbandingan antara pengukuran standar yang diketahui dan pengukuran dengan menggunakan instrumen atau alat. 

Kalibrasi sendiri dilakukan guna mendapatkan suatu nilai keakuratan hasil dari pengukuran alat itu sendiri. Hasil pengukuran yang akurat pastinya sangat penting serta dibutuhkan. Kalibrasi instrumen ini sendiri juga memiliki beberapa tujuan yaitu untuk memeriksa keakuratan instrumen dan menentukan ketertelusuran pengukuran itu sendiri. Dalam prakteknya, kalibrasi sendiri ialah memperbaiki atau meremajakan instrumen alat guna mendapatkan fungsi awal dari alat itu sendiri yang sesuai standar nasional atau internasional.

Mengapa kalibrasi itu penting untuk dilakukan? Pertanyaan seperti ini banyak sekali terlontar. Kalibrasi sendiri penting untuk dilakukan karena untuk mengembalikan hasil pengukuran yang akurat yang sesuai dengan standar. Keakuratan dalam alat ukur jelas akan menurun dari waktu ke waktu bahkan ketika sering digunakan. Untuk menghindari kesalahan atau ketidakakuratan dari alat ukur, maka diperlukan adanya kalibrasi instrumen.

Manfaat Kalibrasi Instrumen Bagi Perusahaan

Cukup ada banyak yang akan didapatkan dari proses kalibrasi instrumen itu sendiri. Berikut ini ada beberapa manfaat yang tentunya akan didapatkan perusahaan atau suatu kegiatan industri yang menggunakan berbagai instrumen alat ukur.

Memenuhi Kualifikasi Persyaratan ISO

Hasil akurat jelas akan didapat dari proses kalibrasi instrumen yang dilakukan. Namun tentunya hasil dari proses kalibrasi ini sendiri wajib untuk memenuhi kualifikasi persyaratan ISO. Salah satu kualifikasi hasil kalibrasi yang sesuai dengan persyaratan ISO ialah peralatan harus sesuai dengan spesifikasi yang relevan dengan pengujian. Selain itu juga status kalibrasi wajib ditunjukan pada instrumen bersama tanggal terakhir dan kapan akan dilakukan kalibrasi berikutnya.

Meyakinkan Pembacaan Alat Ukur yang Dipakai

Hasil kalibrasi tidak hanya wajib sesuai kualifikasi ISO saja melainkan juga mampu memberikan dan meyakinkan pembacaan alat ukur yang dipakai sudah sangat akurat sesuai degan fungsinya. Hal ini agar nantinya instrumen yang sudah dikalibrasi tetap memiliki standar nasional maupun internasional yang diakui keabsahan dan keakuratannya.

Meningkatkan Pengendalian Produksi yang Baik

Pasca dilakukannya kalibrasi, instrumen alat ukur akan kembali bekerja dan menghasilkan pengukuran akurat sama seperti awalnya dan tentunya juga sesuai standar. Inilah mengapa proses kalibrasi pada instrumen wajib untuk dilakukan guna menjaga keakuratan dan juga mampu meningkatkan pengendalian produksi yang baik. Dengan hasil produksi pengukuran yang baik, jelas akan juga meningkatkan banyak kepercayaan terhadap alat itu sendiri dan juga untuk perusahaan mampu dipercaya karena memiliki instrumen pengukuran yang berstandar nasional maupun Standar Internasional (SI) dan akurat dalam hasil pengukuran.

Baca Juga : Tidak hanya instrumen, kalibrasi mesin juga penting adanya untuk dilakukan secara rutin pada industri. Cek penjelasan lengkapnya berikut ini!

Kesimpulan

Kalibrasi pada berbagai jenis instrumen alat ukur di perusahaan memanglah sangat penting. Selain untuk meremajakan instrumen itu sendiri, menjaga hasil pengukuran yang akurat adalah hal mutlak. Dengan dilakukannya kalibrasi biaya dan risiko terkait dengan alat pengukur jauh lebih rendah dibandingkan tidak dilakukannya kalibrasi. Reputasi yang baik akan didapatkan perusahaan yang selalu melakukan kalibrasi teratur karena senantiasa menjaga keakuratan instrumen alat ukur yang dimilikinya.

konsultasi jasa kalibrasi