Kalibrasi Mesin : Pengertian dan Tujuan Pentingnya

kalibrasi mesin

Dalam dunia industri, proses kalibrasi merupakan proses yang wajib dilakukan secara berkala dan tentunya juga terjadwal. kalibrasi ini sendiri dilakukan guna menekan biaya yang cukup tinggi untuk perbaikan dan juga perawatan serta penggantian part. Selain itu, kalibrasi khususnya pada mesin rutin dilakukan agar mesin dapat bekerja secara baik sehingga memberikan keakuratan dan awet tentunya. 

Sebenarnya apa sih kalibrasi, dan mengapa terlihat sangat penting dalam dunia industri terlebih kalibrasi mesin. Kalibrasi sendiri adalah suatu proses yang dilakukan untuk menentukan keakuratan suatu alat ukur yang sesuai standar. Tentunya pengujian kalibrasi ini juga merujuk pada sertifikasi sah sesuai dengan standar nasional maupun Standar Internasional (SI). 

Cukup banyak pastinya keuntungan dan juga tujuan dari dilakukannya proses kalibrasi pada alat ukur terlebih untuk kalibrasi mesin saat ini. Selain mampu menjaga keakuratan dalam pengukuran, kalibrasi mesin ini juga mampu menghindari keausan atau malfungsi pada alat-alat mesin karena sering digunakan.

Tujuan Dilakukannya Kalibrasi Mesin

Proses kalibrasi ini sendiri tidak serta asal dilakukan, hal ini dikarenakan kalibrasi mesin memiliki tujuan. Kalibrasi mesin ini sendiri memiliki tujuan untuk mendapatkan standar yang sah sesuai dengan kualifikasi standar nasional maupun Standar Internasional (SI). berikut ini tujuan dari kalibrasi mesin dilakukan,

1. Supaya Deviasi Suatu Mesin Bisa Ditentukan Kebenarannya Terhadap Nilai Konvensional

Ketika mesin sudah teruji dengan dilakukannya kalibrasi, sudah tentu nantinya akan terdapat deviasi atau penyimpangan, namun batas nilai dari deviasi tersebut sudah ditentukan dan diperkirakan. Sehingga nantinya ketika mesin digunakan akan menghasilkan pengukuran yang sudah bisa dikatakan valid serta akurat.  

2. Terjaminnya Hasil Ukur dari Suatu Mesin

Dengan dilakukannya kalibrasi, tentunya ada jaminan kesahihan hasil dari mesin itu sendiri. Hal ini dikarenakan proses kalibrasi pada mesin ini sudah menggunakan aturan standar pengukuran nasional maupun internasional. Dengan kesahihan dan diakui secara nasional serta internasional, jelas mutu dari hasil ukur mesin akan terjamin.

3. Berguna untuk Menentukan Kelayakan Mesin atau Alat Ukur

Mesin yang sudah dikalibrasi secara rutin dan berkala, pastinya akan menghasilkan kinerja atau hasil yang akurat. Hasil dari kinerja mesin itu sendiri yang nantinya dapat dijadikan pedoman apakah mesin tersebut masih dikatakan layak atau tidak layak untuk digunakan.

4. Untuk Mendeteksi Keakuratan dari Alat Uji Kalibrasi

Proses kalibrasi yang tidak sembarangan dan terpercaya tentunya akan mendapatkan hasil yang baik dan juga akurat pada mesin. Dengan begitu pastinya proses validasi akan terdukung ketika sudah dilakukan kalibrasi. Hal ini dikarenakan setiap hasil uji kalibrasi akan dilaporkan untuk dijadikan sebagai acuan terciptanya alat uji yang sangat akurat.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Kalibrasi mesin sendiri memang sangat diperlukan terlebih untuk menjaga mesin memiliki kemampuan atau kinerja yang baik. Namun tentu inti dari proses kalibrasi ini sendiri ialah mampu mengembalikan fungsi pada mesin alat ukur guna mendapat hasil yang akurat sesuai standar nasional maupun internasional.