Pengertian, Jenis Jenis dan Contoh Kalibrasi yang Harus Tau

Contoh Kalibrasi

Apa yang Anda pikirkan jika mendengar istilah Kalibrasi? Sepenggal lirik lagu? Atau  bahasa dari kata asing yang selintas saja terdengar? Namun bukan itu sebenarnya kalibrasi. Istilah Kalibrasi berhubungan dengan prosedur pengukuran alat yang sering dilakukan pada kegiatan industri atau lembaga yang sering menggunakan alat ukur.

Pengukuran hasil kalibrasi nantinya akan digunakan sebagai jaminan mutu sebuah produk. Keakuratan dan keandalan alat ukur akan diuji disini sesuai dengan sebagaimana standar kalibrasi alat ukur.

Masih bingung dengan kalibrasi itu apa dan contoh kalibrasi  bagaimana? Yuk simak selengkapnya disini!

Apa sih Kalibrasi Itu?

Standar Kalibrasi yang termuat dalam standar  ISO/IEC 17025 adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen ukur atau sistem pengukuran atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu.

Atau dengan kata lain, kalibrasi adalah kegiatan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukkan alat ukur dan bahan ukur dengan cara membandingkan terhadap standar ukur yang mampu tertelusur.

Instrumen alat yang sering digunakan dalam waktu lama dapat menurunkan kualitas, fungsi dan keakuratan pengukuran. Sehingga diperlukan kalibrasi secara berkala. Oleh karena itu industri-industri besar kerap kali melakukan kalibrasi guna menjaga kualitas produk dan kepuasan konsumen terhadap perusahaan.

Contoh – Contoh Kalibrasi

Setelah mengetahui apa itu kalibrasi, berikut ini beberapa contoh kalibrasi dari alat ukur terutama dari ruang lingkupnya. Untuk lebih lengkapnya langsung saja cek penjelasannya berikut ini!

Kalibrasi pada Massa

Kalibrasi pada massa adalah salah satu parameter pengukuran yang penting dalam pengkalibrasian timbangan. Prosedur Kalibrasi masa dilakukan untuk menentukan nilai konstanta dan koefisien yang terkait dengan massa

Kalibrasi pada Suhu

Semua proses pembacaan suhu memiliki peran penting, sehingga untuk menghasilkan pengukuran yang akurat, diperlukan pengukuran secara berkala pada alat ukur suhu.

Prosedur kalibrasi yang dilakukan dengan membandingkan standar suhu yang diketahui keakuratan dan keandalannya. Kalibrasi suhu hanya dapat membandingkan standar yang diketahui dalam lingkungan yang stabil dengan probe yang diuji.

Instrumen alat ukur suhu yang memerlukan kalibrasi secara berkala seperti sistem akuisisi data, thermometer, meteran infrared, PRT dan thermistor.

Kalibrasi pada Tekanan

Sama halnya seperti kalibrasi tekanan digunakan untuk mengukur tekanan gas dan hidrolik. Prosedur kalibrasi tekanan memiliki fungsi utama, pada berbagai industri, dimana instrument alat ukur tekanan digunakan untuk memantau kinerja dan keselamatan kerja dalam kegiatan industri.  

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan jenis-jenis kalibrasi, dari penjelasan tersebut Anda dapat mengetahui pentingnya kalibrasi pada sebuah alat ukur. Sekian penjelasan dari artikel ini semoga dapat menambah wawasan dan informasi Anda seputar kalibrasi