Memahami Cara Kalibrasi Infuse Syringe Calibrator

kalibrasi infuse syringe calibrator

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasannya alat ukur ada banyak jenisnya dengan berbagai macam fungsinya. Tapi tahukah Anda beberapa alat ukur yang diciptakan ada beserta dengan alat khusus kalibrasinya. Salah satunya adalah syringe calibrator. Apa itu syringe calibrator?

Syringe calibrator adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengkalibrasi spirometer. Spirometer sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengukur aliran udara yang masuk dan keluar dari paru-paru.

Sebagai peralatan kesehatan yang digunakan untuk untuk mengukur, spirometer membutuhkan kalibrasi maka dari itu syringe calibrator diciptakan. 

Masih mencari informasi seputar kalibrasi infus/syringe calibrator? yuk simak penjelasan lebih lanjut  mengenai kalibrasi syringe calibrator, berikut ini :

Tujuan Kalibrasi Infuse Syringe Calibrator

Sebagaimana telah disinggung di awal bahwasannya sebagai salah satu alat yang digunakan dalam pelayanan kesehatan Infuse dan Syringe Calibrator membutuhkan kebenaran hasil pengukuran. Untuk itu dibutuhkan prosedur kalibrasi untuk mengembalikan fungsi dan performanya terbaik alat kalibrasi ini.

Pada dasarnya kalibrasi Infuse dan Syringe Calibrator bertujuan untuk menjaga alat ukur sesuai dengan fungsinya sehingga dihasilkan ketepatan hasil ukur yang akurat.

Dengan melakukan kalibrasi Infuse dan Syringe Calibrator akan menentukan besaran penyimpangan kebenaran nilai pada instrumen ukur yang diuji. 

Manfaat Kalibrasi Infuse Syringe Calibrator

Menyambung pada pembahasan sebelumnya, prosedur kalibrasi bukanlah prosedur asal yang dilakukan hanya untuk sebuah jaminan mutu kelayakan pengukuran. Namun juga memiliki berbagai  manfaat yang dapat diperoleh dari penyelenggaraan kalibrasi.

Sebagai sebuah prosedur pengujian, kalibrasi Infuse dan Syringe Calibrator turut membantu mengembalikan performa awal instrumen alat ukur. Tak hanya itu kalibrasi juga bermanfaat untuk mengetahui akurasi sebuah alat ukur setelah sekian lama digunakan.

Serta yang tidak kalah penting adalah memberikan jaminan pengukuran  atas hasil pengukuran yang dilakukan oleh instrumen alat

Cara Kalibrasi Infuse Syringe Calibrator 

Prosedur kalibrasi terdiri dari beberapa cara yang wajib diperhatikan agar rangkaian pengujian tidak terjadi kesalahan. Simaklah penjelasan cara-cara kalibrasi Infuse dan Syringe, selengkapnya berikut ini:

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Persiapkanlah instrumen alat yang akan dikalibrasi. pastikan alat tersebut dalam keadaan baik dan yang paling penting tidak rusak. Perlu Anda ketahui bahwa prosedur kalibrasi bukanlah untuk memperbaiki instrumen yang rusak, melainkan melakukan pengujian pada  performa alat.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Tidak kalah pentingnya yaitu mempersiapkan seorang pelaksana yang berkompeten dalam prosedur kalibrasi. Seorang pelaksana kalibrasi harus memenuhi persyaratan pelaksana kalibrasi seperti latar belakang pendidikan, pengalaman persyaratan fisik untuk menunjang prosedur kalibrasi.
  3. Pengkondisian lingkungan kalibrasi
    Kondisikan lingkungan tempat penyelenggaraan kalibrasi dengan baik tidak terjadi kesalahan. Karena salah satu faktor kesalahan prosedur kalibrasi adalah kondisi lingkungan yang tidak stabil. Oleh karenanya kondisikanlah lingkungan sekitar dengan baik untuk hasil pengujian yang akurat.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Prosedur kalibrasi memiliki metode yang berbeda-beda tergantung bidang alat ukur yang dikalibrasi. Namun pastinya metode yang digunakan mengacu pada metode standar nasional atau internasional yang telah diakui Untuk metode kalibrasi Infuse dan Syringe yang diterapkan Anda dapat menggunakan metode kalibrasi IK-KM-VL07 yang memiliki rentang ukur yang digunakan yaitu :
    0ml ~ 100ml
    1ml/h ~ 1000ml/h
    0h ~ 24
  5. Pelaksanaan kalibrasi
    Pelaksanaan kalibrasi lakukanlah dengan cara melakukan pengamatan awal terhadap alat ukur untuk melihat kondisi dan fungsi alat tersebut sebelum dikalibrasi. Pengamatan ini dilakukan dua kali yang kedua amatilah kewajaran hasil ukur yang dilakukan instrumen alat. Setelah data diperoleh bandingkan bandingan hasil ukur keduanya. Adakah perbedaan antara hasil pengujian sebelum dan sesudah dikalibrasi. Selanjutnya catat hasil pengujian tersebut dengan baik
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Pada pelaksanaan kalibrasi telah dilakukan pengamatan pada hasil pengujian alat. Sebelum masuk pada tahap perhitungan, amatilah kembali kedua hasil pengukuran sudah sesuai dengan standarkah hasil pengujian tersebut. Cara selanjutnya dilanjutkan dengan perhitungan hasil pengujian yang sudah dilakukan sebelumnya. Hitunglah besaran nilai maksimum dan minimum, nilai rata-rata dan konversi satuan dari hasil pengukuran.
  7. Pembuatan laporan
    Cara terakhir dalam prosedur kalibrasi adalah pembuatan laporan hasil kalibrasi. Dalam pembuatannya laporan tersebut ditulis berdasarkan format yang mengacu pada pedoman kalibrasi di Indonesia. Apabila telah dinyatakan  kebenarannya maka laporan dapat disahkan oleh penanggung jawab penyelenggara kalibrasi 

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Infuse Syringe Calibrator 

Setelah menyimak pembahasan mengenai kalibrasi Infuse Syringe calibrator, maka akan ditemukan  parameter atau tolak ukur kalibrasi dapat dilihat dari data hasil kalibrasi, seperti nilai objek yang diukur. Dan alat yang telah menunjukkan tingkat keakuratan yang semakin baik menandakan prosedur kalibrasi telah dipastikan keakuratannya.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai prosedur kalibrasi Infuse dan Syringe calibrator, Agar alat ukur yang digunakan selalu terjaga keakuratan dan kualitasnya. Maka diperlukan prosedur hasil secara berkala pada laboratorium yang terakreditasi.

Anda dapat menggunakan jasa kalibrasi yang telah terakreditasi dalam memilih laboratorium tempat kalibrasi. Jasa kalibrasi yang terpercaya hanya di Kalibrasi.com, cek selengkapnya klik tombol di bawah ini.

Jasa Kalibrasi Infuse dan Syringe calibrator