Pentingnya Kalibrasi Gas Analyzer, Wajib Tahu!

Kalibrasi Gas Analyzer

Seperti yang umum dilakukan dalam kegiatan industri, setiap alat ukur yang digunakan wajib melakukan prosedur kalibrasi. Tidak terkecuali pada industri minyak, gas dan pengelolaan limbah. Salah satu prosedur kalibrasi yang harus dilakukan dalam kegiatan industri adalah kalibrasi gas analyzer.

Kalibrasi gas analyzer adalah metode yang digunakan menentukan kembali pengaturan alat untuk memastikan bahwa alat dapat memberikan pengukuran yang akurat dan dapat diandalkan. Karena seperti yang telah Anda tahu,bahwasannya prosedur kalibrasi pada akhirnya akan memberikan keamanan bagi kegiatan industri tersebut. Untuk lebih lanjut mengenai kalibrasi gas analyzer simak penjelasan berikut : 

Tujuan Kalibrasi Gas Analyzer

Seperti prosedur kalibrasi pada umumnya, kalibrasi gas analyzer pun tidak jauh berbeda tujuannya. Pada intinya prosedur ini membantu memastikan pengukuran yang akurat, dan kelayakan alat sesuai dengan standar nasional maupun internasional. 

Data hasil kalibrasi gas analyzer tersebut akan membantu memberikan informasi penting dalam menilai dan membandingkan hasil analisis gas analyzer dengan standar yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Gas Analyzer

Sama halnya pula dengan prosedur kalibrasi lainnya namun lebih spesifiknya manfaat dari kalibrasi gas analyzer adalah untuk memastikan keakuratan dalam menganalisis komposisi gas yang sering digunakan dalam kegiatan industri, manufaktur dan lainnya.

Cara Kalibrasi Gas Analyzer

Sebuah prosedur sudah pasti memiliki cara-cara khusus dalam penyelenggaraannya, tidak terkecuali pada kalibrasi gas analyzer, berikut ini cara-cara yang dilakukan dalam kalibrasi analyzer diantaranya : 

  1. Persiapkan Alat dan Bahan
    Cara pertama pastinya mempersiapkan alat dan bahan yang sesuai dan siap digunakan untuk prosedur kalibrasi. Alat yang akan dikalibrasi harus dalam kondisi baik dan bersih. Sedangkan bahan acuan harus memenuhi kriteria standar nasional maupun internasional. 
  2. Lakukan Zero Calibration
    Zero calibration  yaitu pengukuran yang dilakukan ketika tidak terdapat gas yang terdeteksi. Cara ini dilakukan untuk membenarkan bahwa alat dapat menangkap adanya nol gas dengan benar pada alat. pengaplikasian zero calibration harus dalam lingkungan yang benar-benar tidak memiliki kandungan gas.
  3. Lakukan Span Calibration
    Cara selanjutnya ini dilakukan setelah zero calibration dilaksanakan, dengan tujuan agar gas analyzer dapat menangkap adanya konsentrasi gas yang akan diukur. Cara ini kebalikannya dengan zero calibration yaitu harus dalam lingkungan yang memiliki konsentrasi kandungan gas tertentu yang telah diketahui. 
  4. Periksa dan Ulangi Kalibrasi
    Setelah kedua cara tersebut telah dilakukan, periksalah hasil pengukuran apakah sudah sesuai dengan yang diharapkan perhatikan pula standar yang diperbolehkan dalam pengukuran ini. Apabila masih terdapat penyimpangan yang tidak sesuai, lakukanlah kalibrasi ulang dengan memperhatikan alat dan bahan yang digunakan.
  5. Catat Hasil Kalibrasi
    Apabila hasil pengukuran sudah seperti apa yang diharapkan, catatlah dengan baik dengan mencantumkan informasi kalibrasi seperti tanggal, waktu, dan pelaksana kalibrasi. Catatan ini sangat penting untuk kebutuhan dokumen kalibrasi dan pelaporan oleh karenanya  pastikan prosedur kalibrasi sudah benar dilakukan.
  6. Pembuatan laporan
    Sebagaimana yang telah disinggung diatas, setelah cara-cara tersebut telah terlaksana dengan baik, wajib hukumnya membuat laporan kalibrasi sebagai dokumen yang menyatakan kelayakan alat untuk digunakan yang sesuai standar dan bukti tertulis dari prosedur kalibrasi. 

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Gas Analyzer

Parameter atau tolak ukur dari prosedur kalibrasi dapat diketahui melalui pemeriksaan yang detail pada hasil pengukuran. Apabila hasil pengukuran telah sesuai dengan yang diharapkan sebagaimana batas toleransi standar gas analyzer maka prosedur kalibrasi dianggap benar.

Sebagaimana yang telah disampaikan sebelumnya, hasil kalibrasi gas analyzer akan digunakan untuk memastikan bahwa proses produksi terjamin keselamatannya dengan baik yang dapat dibuktikan dari sertifikat kalibrasi gas analyzer.

Kesimpulan 

Demikianlah pembahasan ini mengenai kalibrasi gas analyzer, pada intinya prosedur kalibrasi pada alat ukur khususnya gas analyzer penting dilakukan secara berkala, untuk memastikan proses produksi dapat berjalan dengan baik dan sesuai standar. 

Oleh karenanya pilihlah jasa kalibrasi yang terakreditasi dan terpercaya, hanya di Kalibrasi.com. di Kalibrasi.com Anda dapat dengan mudah menemukan macam-macam jasa kalibrasi sesuai bidang ukur alat anda.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi gas analyzer