Ketahui Langkah-langkah Kalibrasi Conductivity Meter dengan Benar

kalibrasi conductivity meter

Pernah dengan alat ukur conductivity meter? Bagi Anda yang pernah membenarkan berbagai peralatan elektronik yang ada di rumah atau sekedar untuk mengecek apakah sebuah batu baterai masih ada atau tidak dayanya, maka pasti akan menggunakan conductivity meter. 

Condusctovity meter bisa diartikan sebagai instrumen yang digunakan untuk mengukur jumlah arus listrik atau konduktansi dalam suatu larutan. Konduktivitas berguna dalam menentukan kesehatan keseluruhan badan air alami. Ini juga merupakan cara untuk mengukur perubahan prosedur air limbah di instalasi pengolahan air. Pengukur konduktivitas umum digunakan dalam pengolahan air atau situasi pemantauan apa pun, serta di laboratorium lingkungan.

Conductivity meter perlu untuk dilakukan kalibrasi. Ketahui langkah-langkahnya untuk bisa mendapatkan hasil kalibrasi yang benar.

Tujuan Kalibrasi Conductivity Meter

Conductivity meter yang selalu digunakan secara terus menerus akan mengalami yang namanya keausan ataupun pada bagian arus plus dan minusnya bisa jadi mengalami karatan. Hal ini memang sangat wajar dan sangat sering terjadi.

Kalibrasi membuat kejadian tersebut bisa diketahui. Biasanya akan ada pengalaman yang membuat conductivity meter menjadi tidak presisi penghitungannya. Penghitungan yang tidak presisi tentunya tidak ingin didapatkan untuk jenis alat ukur apapun itu.

Manfaat Kalibrasi Conductivity Meter?

Dengan Anda melakukan kalibrasi untuk conductivity meter dengan rutin, Anda akan bisa mendapatkan hasil penghitungan arus yang presisi. Kalibrasi juga mengetahui apakah ada kerusakan yang ada di dalam alat ini atau tidak.

Biasanya, conductivity meter yang sudah mengalami kerusakan dan tidak bisa dilakukan kalibrasi, akan tidak digunakan lagi karena penghitungannya yang sangat melenceng.

Perlu diingat, walaupun terlihat mudah saja dari tujuan dan manfaat dilakukannya kalibrasi conductivity meter, ternyata untuk prosesnya tidak semudah itu.

Cara Kalibrasi Conductivity Meter

Melakukan kalibrasi untuk conductivity meter memang tidak mudah. Setidaknya Anda harus tahu pedomannya dan juga metode yang digunakan sehingga bisa menentukan presisi atau tidak penghitungannya.

Berikut ini adalah cara kalibrasi conductivity meter yang baik dan benar:

  1. Melakukan persiapan sebelum melakukan kalibrasi
    Langkah pertama adalah Anda harus mempersiapkan instrumen yang akan dilakukan kalibrasi dan juga peralatan yang digunakan untuk mengkalibrasi.
  2. Pelaksana yang terpercaya dalam kalibrasi conductivity meter
    Setelah itu pelaksana juga harus mempersiapkan diri. Pelaksana kalibrasi conductivity meter adalah orang yang sudah bersertifikat.
  3. Validasi situasi lingkungan saat kalibrasi conductivity meter
    Tentukan situasi lingkungan. Biasanya suhu dan juga kelembapan bisa mempengaruhi hasil dari proses kalibrasi conductivity meter.
  4. Langkah-langkah dalam melakukan kalibrasi dan rentang ukur conductivity meter
    Untuk mengkalibrasi conductivity meter, ikuti petunjuk untuk meteran tersebut; secara umum langkah-langkahnya mudah dan terstandarisasi.
  5. Pengaktualan kalibrasi alat conductivity meter
    Lakukan proses kalibrasi secara terus menerus dengan bisa jadi membandingkan dengan conductivity meter yang sudah dikalibrasi.
  6. Perhitungan dari hasil kalibrasi
    Perhitungkan apakah ada deviasi atau tidak untuk menentukan hasil dari pengkalibrasian tersebut.
  7. Pembuatan Hasil laporan kalibrasi
    Jika sudah, buat hasil laporan kalibrasi yang sesuai dengan standar yang berlaku yang mengindikasikan jika conductivity meter tersebut memang sudah di kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Conductivity Meter

Conductivity meter biasanya memiliki item menu yang memungkinkan Anda untuk masuk ke mode kalibrasi atau pengaturan di samping yang dapat Anda sesuaikan dengan obeng atau alat kecil. Ini tergantung biasanya ada juga conductivity meter yang tidak ada menu tersebut.

Jika memang ada menu kalibrasi, tempatkan probe dalam larutan dengan nilai dan suhu konduktivitas yang diketahui dan atur meteran ke konduktivitas itu. Terkadang diperlukan beberapa standar yang berlaku untuk bisa mengahtahui sebagai presisi yang memang adalah ukuran yang sesuai dengan standar internasional dan nasional.

Kesimpulan

Bagaimana? Apakah Anda sudah mengetahui langkah-langkah yang dilakukan untuk melakukan kalibrasi conductivity meter? Terbilang merupakan kegiatan yang sangat terstruktur bukan? Itu sangat wajar karena sebagian besar jasa kalibrasi conductivity meter menggunakan prosedur tersebut karena memang sesuai dengan standar yang berlaku.

Jika anda sedang membutuhkan jasa kalibrasi, sebaiknya pilih yang sudah terakreditasi seperti Kalibrasi.com serta memiliki pilihan ruang lingkup yang cukup banyak.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi conductivity meter