Ingin Tau Cara Kalibrasi Gelas Ukur? Cek Selengkapnya Disini!

Kalibrasi Gelas Ukur

Gelas ukur, mungkin ini adalah salah satu alat kesehatan atau alat laboratorium yang memang tidak asing lagi didengar untuk umum. Alat yang satu ini memang sangat penting untuk digunakan dalam membuat obat-obatan atau keperluan lainnya yang ada di dalam laboratorium.

Tidak semua gelas ukur ini mendapatkan pengukuran yang tepat. Seiring digunakannya dari waktu ke waktu, bisa jadi pengukurannya meleset. Untuk memberikan hasil yang presisi, Anda harus melakukan kalibrasi.

Kalibrasi adalah proses mengonfigurasi instrumen untuk memberikan hasil sampel dalam rentang yang dapat diterima. Menghilangkan atau meminimalkan faktor yang menyebabkan pengukuran yang tidak akurat merupakan aspek fundamental dari desain instrumentasi. Apakah Anda ingin tau cara kalibrasi gelas ukur? Mari kita pahami lebih lanjut di sini.

Tujuan Kalibrasi Gelas Ukur

Semakin lama gelas ukur ini digunakan, bisa jadi Anda tidak menyadari jika alat ukur yang telah lama Anda beli mungkin perhitungannya tidak presisi. Dalam dunia kedokteran, tentu saja ini adalah hal yang sangat tidak ingin dialami. Gelas ukur yang presisi akan membuat pekerjaan menjadi lebih lancar.

Mungkin memang terdengar sangat asing, gelas ukur yang sebenarnya sudah ada ukurannya di gelas itu, kan memang tidak pernah berubah-ubah. Tapi ternyata tidak seperti itu, karena bisa jadi gelas ukur tersebut mengalami pengikisan dasarnya sehingga bisa tidak presisi takarannya. Tujuan dari kalibrasi alat ukur adalah dengan menimbang berat air yang menggunakan gelas ukur dan juga temperature air.

Manfaat Kalibrasi Gelas Ukur

Jika gelas ukur dikalibrasikan dengan benar dan juga dengan metode yang benar, maka manfaat yang Anda dapatkan akan sangat jelas. Apalagi kalau bukan dengan penghitungan massa air yang paling jelas dan juga presisi.

Kita tahu jika kalibrasi dilakukan untuk mendapatkan pengukuran yang presisi. Gelas ukur yang digunakan untuk menimbang cairan, beratnya harus presisi dengan apa yang gelas ukur tersebut diukur. Di dalam dunia medis, gelas ukur bermanfaat sekali dalam menciptakan sebuah obat atau melakukan pengujian.

Cara Kalibrasi Gelas Ukur

Untuk melaksanakan kalibrasi gelas ukur, terdapat beberapa tahapan yang harus dilewati, yaitu:

  1. Proses persiapan
    Cara pertama adalah dengan mempersiapkan apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan kalibrasi.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi Gelas Ukur
    Setelah itu Anda bisa mempersiapkan pelaksanaan kalibrasi alat ukur. Anda bisa mempersiapkan berbagai macam peralatan yang akan dilakukan untuk pengkalibrasian gelas ukur.
  3. Pengecekan kondisi lingkungan saat kalibrasi Gelas Ukur
    Cek juga kondisi lingkungan. Kalibrasi harus dilakukan di tempat yang steril dan juga dengan kelembaban dan suhu yang harus dihitung.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Gelas Ukur
    Metode yang digunakan untuk kalibrasi gelas ukur adalah menggunakan IK-KM-VL01, ASTM E542-01. Rentang ukurnya adalah sebagai berikut:
    0ml ~ 5ml
    5ml ~ 10ml
    10ml ~ 25ml
    25ml ~ 50ml
    50ml ~ 100ml
    100ml ~ 200ml
    200ml ~ 250ml
    250ml ~ 500ml
    500ml ~ 1000ml
    1000ml ~ 2000ml
  5. Pelaksanaan kalibrasi Gelas Ukur
    Selanjutnya adalah melaksanakan kalibrasi gelas ukur dengan menggunakan metode yang sudah dipersiapkan itu.
  6. Mendapatkan hasil kalibrasi
    Pelaksanaan sudah selesai, sekarang Anda bisa mendapatkan hasil kalibrasi yang keluar dengan menggunakan metode yang sudah Anda terapkan.
  7. Membuat Laporan Evaluasi
    Dan yang terakhir adalah membuat laporan dan juga evaluasi. Ini harus sesuai dengan panduan ISO.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Gelas Ukur

Hasil dari kalibrasi gelas ukur adalah dengan menggunakan parameter berupa penetapan volume air yang ditampung dalam gelas ukur tersebut berdasarkan dengan masa di suhu tertentu.

Dari situ bisa terlihat apakah ada deviasi atau tidak di dalam pengukuran gelas ukur tersebut.

Kesimpulan

Bagaimana? Tentu saja mengkalibrasi gelas ukur memang sangat penting bukan? Anda harus pandai untuk mencari jasa kalibrasi gelas ukur yang terbaik. Klik tombol di bawah ini untuk mengetahui jasa kalibrasi gelas ukur lebih lanjut

Jasa Kalibrasi Gelas Ukur