Pahami Cara Kalibrasi Function Generator Sesuai Prosedur Berikut Ini

kalibrasi function generator

Function generator atau yang lebih dikenal dengan generator fungsi sendiri merupakan alat uji elektronik yang dapat membangkitkan berbagai jenis dan bentuk gelombang.

Bentuk gelombang yang dihasilkan dari function generator ini sendiri diantaranya gelombang sinus, gelombang kotak, gelombang gigi gergaji, gelombang segitiga dan gelombang pulsa. 

Nah untuk menjaga hasil function generator tetap baik dan sesuai, sangatlah diperlukan adanya proses kalibrasi. Proses kalibrasi pada function generator ini sendiri begitu penting karena function generator sendiri cukup banyak digunakan untuk kegiatan utama dan juga penting.

Terus untuk apa dong tujuan dari proses kalibrasi pada function generator itu sendiri?

Tujuan Kalibrasi Function Generator

Function generator jelas merupakan alat yang banyak digunakan dan memiliki fungsi sangat penting sehingga sangat diperlukan keakuratan dari hasil penggunaan alat ini sendiri.

Nah tujuan dilakukannya kalibrasi function generator ini sendiri ialah untuk menjaga komponen penting dalam function generator tetap berfungsi dengan baik.

Menjaga komponen penting tetap berfungsi dengan baik tentunya akan menghindari resiko kerusakan yang mengakibatkan penggantian komponen itu sendiri.

Manfaat Kalibrasi Function Generator?

Sudah tentu akan didapatkan cukup banyak manfaat dari dilakukan kalibrasi pada function generator itu sendiri. Selain untuk menjaga fungsi dan performanya tetap sama seperti awal, ada beberapa manfaat lain dilakukannya kalibrasi function generator diantaranya : 

  • Memutuskan kelayakan dari function generator dalam pemakaian
  • Mendukung sistem mutu ISO
  • Menjaga kualitas pengukuran yang dihasilkan function generator
  • Mengetahui seberapa banyak penyimpangan dari function generator itu sendiri

Cara Kalibrasi Function Generator

Untuk memperoleh hasil yang maksimal dari proses kalibrasi function generator, tentunya diperlukan cara kalibrasi function generator yang baik dan benar sebagai berikut :

  1. Malakukan Proses persiapan
    Menyiapkan function generator mana yang akan dilakukan kalibrasi terlebih dahulu.
  2. Pelaksana kalibrasi Function Generator
    Memilih pelaksana proses kalibrasi yang tepat dengan cara menggunakan jasa kalibrasi terpercaya atau memilih orang yang ahli dan paham di bidang kalibrasi function generator yang pastinya sudah memiliki akreditasi dari KAN.
  3. Pengecekan kondisi lingkungan saat kalibrasi Function Generator
    Melakukan pengecekan kondisi apakah suhu dan kelembaban sesuai untuk dilakukannya proses kalibrasi function generator itu sendiri. Hal ini dilakukan untuk menjaga proses kalibrasi dan hasil kalibrasi yang maksimal.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Function Generator
    Metode kalibrasi yang digunakan tentunya wajib untuk mengacu pada standar nasional maupun internasional. Untuk function generator sendiri menggunakan metode yang sesuai dengan standar ISO.
  5. Pelaksanaan kalibrasi Function Generator
    Proses pelaksanaan kalibrasi function generator ini sendiri harus dilakukan dengan melakukan pengamatan awal pada objek itu sendiri. Hal ini memiliki tujuan apakah alat tersebut masih normal dan bisa berfungsi atau sebaliknya.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Cara perhitungan kalibrasi ini sendiri menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan dan juga menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Mengacu pada pedoman SNI 19-17025 pembuatan laporan ini sendiri berdasarkan pengukuran, perhitungan data dan juga penentuan ketidakpastian. Pengesahan laporan juga harus disahkan oleh pihak yang ditunjuk dan bertanggung jawab.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Function Generator

Proses kalibrasi dan juga cara kalibrasi function generator memanglah banyak langkahnya. Proses ini sendiri menghasilkan beberapa parameter diantaranya :

  • Nilai pengukuran function generator
  • Mengetahui besarnya penyimpangan
  • Mengevaluasi tingkat kepercayaan hasil dari kalibrasi

Kesimpulan

Banyak manfaat yang didapat dari proses kalibrasi function generator ketika melakukan kalibrasi dengan cara yang baik dan benar. Selain itu, selalu pertimbangkan biaya kalibrasi dan seberapa banyak instrument alat yang akan dikalibrasi.

Nah untuk anda yang ingin melakukan kalibrasi dan sedang mencari jasa kalibrasi function generator terbaik, anda bisa menggunakan jasa dari kalibrasi.com yang sudah berstandar ISO dan terakreditasi KAN. Namun ada baiknya Anda pelajari dahulu secara detail dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi function generator