Metode Kalibrasi Gas Ambient Analyzer Indoor dan Outdoor

kalibrasi Gas Ambient Analyzer

Gas ambient analyzer, mungkin ini menjadi salah satu alat yang seringkali Anda temukan sekarang ini baik itu di dalam ruangan atau yang ada di dalam ruangan. Jika di luar ruangan, biasanya akan sangat mudah di temukan di tengah jalan yang mengindikasikan seberapa bahaya kualitas udara yang ada di atmosfer. Ya, gas ambient analyzer adalah proses pengukuran polutan yang ada di atmosfer. Ini mengukur kesehatan dan keamanan lingkungan kita.

Anda pasti tahu instrumen apapun itu memiliki masa pakai. Termasuk untuk gas ambient analyzer baik itu yang digunakan untuk indoor atau untuk outdoor. Karena masa pakai yang sudah lama, akan menghasilkan perhitungan yang tidak akurat. Maka dari itu, perlu adanya kalibrasi Gas Ambient Analyzer Indoor dan Outdoor. Tapi bagaimana caranya dan metode apa yang digunakan untuk menentukan adanya kesalahan pengukuran pada instrumen ini?

Tujuan Kalibrasi Gas Ambient Analyzer Indoor dan Outdoor

Gas Ambient Analyzer Indoor dan Outdoor didefinisikan sebagai kualitas udara di luar dan terkadang di dalam. Standar kualitas udara ambien adalah batas konsentrasi polutan di udara yang dinyatakan untuk kesejahteraan manusia, alam, hewan, dll. Tidak ada definisi standar tunggal yang dihasilkan. Berbagai organisasi menggunakan standar yang seringkali tidak serupa.

Lebih daripada itu, kalibrasi yang dilakukan sebenarnya adalah sebuah fungsi untuk membuat alat ini menjadi lebih presisi lagi. Jika memang ada kesalahan dalam perhitungan, maka kita bisa tahu jika memang ada kesalahan dalam instrumen ini. Itulah pentingnya kalibrasi.

Manfaat Kalibrasi Gas Ambient Analyzer Indoor dan Outdoor

Sedangkan, melakukan Gas Ambient Analyzer Indoor dan Outdoor secara rutin bisa memberikan manfaat yang sangat bagus demi kelangsungan lingkungan yang ada di sekitar. Meninjau dari fungsinya saja, instrumen tersebut sangat penting untuk mengetahui kualitas udara yang ada di sekitar bukan?

Jika kalibrasi Gas Ambient Analyzer Indoor dan Outdoor dilakukan, maka perhitungan akan cocok, jika suatu saat ada bahaya, kita sebagai manusia bisa tahu dan cepat tanggap dalam mengatasi gas beracun yang ada di sekitar demi keselamatan yang lain. 

Cara Kalibrasi Gas Ambient Analyzer Indoor dan Outdoor

Lantas, bagaimana sebenarnya cara yang tepat untuk bisa melakukan Gas Ambient Analyzer Indoor dan Outdoor ini? Anda harus membawanya ke laboratorium kalibrasi. Ini sangat wajar karena kegiatan kalibrasi adalah kegiatan yang mekanis dan juga sistematis.

Untuk prosedur dari kalibrasi Gas Ambient Analyzer Indoor dan Outdoor adalah sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Pertama adalah dengan mempersiapkan beberapa alat yang akan digunakan untuk mengkalibrasi Gas Ambient Analyzer Indoor dan Outdoor.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Setelahnya, pelaksana akan bersiap diri. Pelaksana ini adalah orang yang sudah memiliki sertifikat untuk melakukan kalibrasi.
  3. Pengkondisian lingkungan kalibrasi
    Kondisi sekitar dari lingkungan kalibrasi harus dihitung seperti suhu dan juga kelembapannya yang bisa jadi mempengaruhi hasil dari pengkalibrasian.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Pemantauan & pengujian kualitas udara ambien diperlukan untuk menentukan kualitas udara yang ada, evaluasi efektivitas program pengendalian. Metode yang digunakan memang sama saja untuk setiap jenis gas yang dikalibrasi, yaitu dengan menggunakan metode IK.TUT-01. 
  5. Pelaksanaan kalibrasi Sumber Frekuensi
    Setelah itu, lakukan kalibrasi untuk jenis gas seperti O3, CO, H2S, NMHC, dan bisa juga SO2. Ada banyak dan juga rentang ukurnya berbeda-beda untuk setiap jenis gas.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Pengamatan dan juga perhitungan akan dilakukan sesuai dengan pelaksanaan kalibrasi. Proses ini memang beriringan dengan pelaksanaan kalibrasi. Pengamatan dan perhitungan dilakukan lebih detail untuk membuat Gas Ambient Analyzer Indoor dan Outdoor berfungsi dengan normal lagi apabila ada deviasi.
  7. Pembuatan laporan
    Dan setelah selesai akan dibuatkan laporan yang berupa sertifikat kalibrasi yang menandakan Gas Ambient Analyzer Indoor dan Outdoor berfungsi lagi dengan normal.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Gas Ambient Analyzer Indoor dan Outdoor

Jika mengacu kepada standar internasional dan nasional, 12 polutan udara yaitu Sulfur Dioksida (SO2), Oksida Nitrogen sebagai NO2 dan Partikulat Matter (PM10) dan Partikulat Matter (PM2.5), Ozon (O3), Timbal (Pb), Karbon Monoksida (CO), Ammonia (Nh3), Benzene (C6H6), Benzo-Pyrene (BaP), Arsenic (As), Nikhel (Ni) telah diidentifikasi untuk pemantauan rutin di lokasi/ unit industri yang diperlukan.

Parameter ini sangat wajib agar bisa menghasilkan sertifikat kalibrasi yang valid dan juga bisa dipertanggungjawabkan.

Kesimpulan

Itulah tadi metode yang perlu diperhatikan pada saat kalibrasi Gas Ambient Analyzer Indoor dan Outdoor. Apakah Anda tertarik untuk melakukan kalibrasi instrumen ini?

Anda bisa memilih jasa kalibrasi Gas Ambient Analyzer Indoor dan Outdoor yang terbaik dan juga pilihan laboratorium kalibrasinya lengkap termasuk ruang lingkup instrumen analitik di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Gas Ambient Analyzer