Kalibrasi Pressure Switch: Tujuan, Manfaat, dan Caranya

kalibrasi Pressure Switch

Dalam dunia perindustrian, pressure switch bukan sebuah alat ukur yang asing. Pressure switch bisa dikatakan switch atau saklar yang mengoperasikan kontak listrik ketika tekanan fluida tertentu telah tercapai pada inputnya.

Switch dapat dirancang untuk melakukan kontak baik pada kenaikan tekanan atau pada penurunan tekanan. Pressure switch banyak digunakan di industri untuk secara otomatis mengawasi dan mengontrol sistem yang menggunakan cairan bertekanan.

Sebenarnya tentu saja ada saja yang membuat pressure switch ini mengalami deviasi atau penyimpangan perhitungan. Terlebih jika ada di lingkungan industri bisa sangat mungkin pressure switch ini digunakan selama 24 jam non stop. Maka dari itu, perlu adanya kalibrasi pressure switch dengan jangka waktu yang Anda tentukan.

Tujuan Kalibrasi Pressure Switch

Komponen pressure switch bisa terhubung ke satu atau lebih kontak di switch. Dengan kekuatan yang cukup, sebuah kontak menutup atau membuka switch tergantung pada konfigurasinya.

Meskipun saklar tekanan memiliki berbagai metode yang digunakan untuk mendeteksi tekanan, mereka dapat dikategorikan sebagai elektromekanis atau elektronik.

Pressure switch digunakan di sebagian besar industri yang menggunakan sistem gas terkompresi, HVAC, sistem instrumentasi, sistem pemompaan, dan sebagainya.

Dengan adanya kalibrasi, sudah jelas adalah untuk membuat keamanan dalam industri ini. Karena biasanya fluida yang diukur tekanannya adalah fluida yang sangat penting untuk dihitung alirannya pada sebuah pompa.

Manfaat Kalibrasi Pressure Switch

Kita tahu jika ini adalah pengukuran tekanan cairan yang sangat penting. Penggunaannya yang sangat penting sangat bagus jika dilakukan kalibrasi dengan rentang waktu yang Anda tentukan dengan benar dan sesuai dengan kesadaran Anda.

Misalnya, pressure switch yang dapat diatur agar saat tidak ada tekanan yang terhubung (terbuka ke atmosfer) switch ditutup, tetapi saat tekanan meningkat hingga 10 psi, switch terbuka.

Sekali lagi, saat tekanan turun di bawah 10 psi, switch menutup. Bayangkan jika itu tidak berfungsi dengan baik? Apa yang terjadi akan sangat berbahaya bagi industri. Maka dari itulah ada yang namanya jasa kalibrasi pressure switch.

Cara Kalibrasi Pressure Switch

Untuk melakukan kalibrasi pressure switch, Anda harus melakukannya dengan mendapatkan laboratorium kalibrasi dengan ruang lingkup tekananan. Mereka yang melakukan kalibrasi pressure switch akan menjalankan program kerja seperti berikut ini:

  1. Proses persiapan
    Langkah pertama dalam melakukan kalibrasi pressure switch adalah dengan proses persiapan. Persiapan ini bisa berupa persiapan siapa yang akan mengkalibrasi dam juga mempersiapkan instrumen kalibrasinya.
  2. Pelaksana kalibrasi Pressure Switch
    Yang kedua adalah pelaksana. Pelaksana kalibrasi pressure switch harus adalah orang yang memang bersertifikat dan paham betul tentang metode untuk kalibrasi alat ukur ini.
  3. Pengecekan kondisi lingkungan saat kalibrasi Pressure Switch
    Kondisi lingkungan yang digunakan saat melakukan kalibrasi pressure switch juga harus dihitung. Ini akan ada kaitannya dengan hasil perhitungan karena kalibrasi seharusnya dilakukan pada lingkungan yang netral, tapi itu tidak mungkin bukan?
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Pressure Switch
    Untuk metode kalibrasi, ini bisa berdasarkan kepada jenis pressure switchnya. Jika ini adalah switch kering, dengan keluaran terbuka dan tertutup, Anda dapat menggunakan pengukur Ohm. Jika keluarannya listrik, Anda perlu menemukan alat yang dapat mengukur keluarannya. 
  5. Pelaksanaan kalibrasi Pressure Switch
    Selanjutnya adalah dengan metode yang sudah ditentukan tadi dan juga dengan adanya peralatan kalibrasi yang sudah siap, pelaksanaan kalibrasi pun di mulai.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Saat pelaksanaan kalibrasi, tentu saja perlu mendokumentasikan hasil kalibrasi dari pressure switch.
  7. Pembuatan laporan
    Dan setelah itu, karena dokumentasi disertakan dalam definisi formal kalibrasi, ini merupakan bagian penting dari setiap kalibrasi. Ini juga berlaku dalam kalibrasi pressure switch. Biasanya berupa sertifikat kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Pressure Switch

Parameter kalibrasi untuk pressure switch sebenarnya memang tergantung kepada jenis switchnya. Untuk hasilnya sendiri ada yang namanya ketidakpastian. Ketidakpastian kalibrasi merupakan bagian penting dalam setiap kalibrasi. 

Jika peralatan kalibrasi (dan metode kalibrasi serta proses yang digunakan) tidak cukup akurat untuk kalibrasi pressure switch, maka kalibrasi tidak masuk akal. Maksudnya adalah, apa gunanya menggunakan kalibrator akurat 2% untuk mengkalibrasi instrumen akurat 1%.

Kesimpulan

Kalibrasi untuk pressure switch menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk perindustrian. Sebagian besar perindustrian memang menggunakan alat ini.

Dilakukannya kalibrasi secara rutin akan menjaga pressure switch bisa berjalan dengan normal terus menerus. Jika terjadi masalah Anda tidak menginginkannya bukan? Maka dari itu, segera Anda pelajari jasa kalibrasi pressure switch yang berkualitas dan juga terakreditasi dari KAN dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Pressure Switch