Langkah-langkah Pelaksanaan Kalibrasi Force Gauge

kalibrasi Force Gauge

Force gauge atau pengukur kekuatan digunakan untuk menguji produk dan memastikan spesifikasi dan kualitas dipertahankan. Kalibrasi force gauge dapat memastikan peralatan Anda akurat, meminimalkan waktu henti operasional dan pengembalian produk.

Dalam artikel ini, Anda akan mempelajari mengapa mengkalibrasi pengukur gaya Anda secara teratur itu penting dan bagaimana menjaga instrumen Anda dalam kondisi berfungsi optimal.

Selain itu juga, yang paling penting adalah bagaimana sebenarnya langkah-langkah yang akan diambil untuk pelaksanaan kalibrasi force gauge.

Tujuan Kalibrasi Force Gauge

Force gauge bisa didefinisikan sebagai dorongan atau tarikan yang dilakukan pada suatu benda dan diukur dalam Newton. Satu Newton dihitung sebagai gaya yang diperlukan untuk menerapkan percepatan 1m/s/s (meter per detik per detik) ke objek dengan massa 1kg. ini termasuk ke dalam rentang ukur gaya.

Tujuan dari pengukuran atau kalibrasi dari force gauge adalah untuk membuat force gauge bisa diketahui apakah ada yang namanya deviasi atau tidak. Kalau Anda tidak tahu tentang itu, bisa jadi ini akan membuat pekerjaan selanjutnya akan menjadi terhambat.

Manfaat Kalibrasi Force Gauge

Force gauge digunakan di seluruh tahap desain, manufaktur, dan pengujian di hampir setiap industri. Mereka merupakan bagian dari daftar alat uji mekanik penting Anda.

Jika suatu produk memiliki pegangan pembawa, pegangan itu akan ditentukan dan diuji kekuatan tariknya. Jika suatu barang dibungkus satu per satu, gaya geser yang diperlukan untuk membuka kemasan akan diidentifikasi, dimasukkan ke dalam desain, dan diverifikasi sebagai bagian dari proses QA.

Bergantung pada sifat bisnis Anda, melakukan kalibrasi force gauge Anda oleh ahli yang kompeten bisa menjadi kasus hidup atau mati.

Cara Kalibrasi Force Gauge

Kita masuk ke pembahasan ini, kalibrasi force gauge bukanlah sebuah kegiatan yang bisa Anda lakukan sendiri. Ada beberapa prosedur, standar, dan juga syarat yang harus dipenuhi. Berikut ini adalah langkah-langkah pelaksanaan kalibrasi force gauge: 

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Kali pertama yang harus disiapkan adalah alat-alat yang nantinya digunakan untuk kalibrasi force gauge.
  2. Persiapkan teknisi kalibrasi
    Lalu, teknisi kalibrasi juga harus bersiap. Teknisi ini adalah orang yang sudah bersertifikat dan juga bisa melakukan kalibrasi dengan segala pertanggungjawabannya.
  3. Pengkondisian Lingkungan kalibrasi
    Sebelum melakukan kalibrasi, lingkungan harus diusahakan steril agar tidak mengganggu hasil kalibrasi.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Metode untuk kalibrasi force gauge harus merupakan metode yang merupakan standar internasional ataupun standar nasional.
  5. Pelaksanaan kalibrasi Force Gauge
    Metode sudah ada selanjutnya dilakukan kalibrasi sampai pada kepada tahap pembacaan nol instrumen setelah menyelesaikan tes.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Pengamatan selesai, perhitungan pun juga sudah ada dari pelaksanaan kalibrasi ini untuk mendapatkan deviasi.
  7. Pembuatan laporan
    Dan yang paling terakhir tentu saja adalah pembuatan laporan yang sesuai dengan standar ISO/IEC 17025:2017.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Force Gauge

Setiap pengukur force gauge akan memiliki interval kalibrasi yang direkomendasikan oleh pabrikan. Namun, sangat penting untuk mempertimbangkan lingkungan kerja instrumen saat memutuskan seberapa sering harus menjalani kalibrasi.

Laporan dari kalibrasi yang akan didapatkan setelah kalibrasi adalah sertifikat dan juga forece gauge yang sudah bisa digunakan dengan normal dan juga dengan hasil perhitungan yang presisi.

Kesimpulan 

Bagaimana? Apakah Anda sudah tahu berbagai langkah yang ditempuh untuk bisa melakukan kalibrasi force gauge? Tenang saja. Walaupun memang caranya ribet, di sini Anda bisa mendapatkan jasa kalibrasi force gauge yang terpercaya dan juga terakreditasi secara resmi oleh KAN! Silahkan klik tombol di bawah ini untuk penjelasan lebih detailnya.

Jasa kalibrasi Force Gauge