Begini Cara Melakukan Kalibrasi Universal Testing Machine dengan Benar

kalibrasi universal testing machine

Universal testing machine atau mesin uji universal adalah jenis alat uji atau mesin uji yang digunakan untuk menguji ketahanan, kekuatan tarik dan mengetahui struktur dari sebuah material ataupun produk. Biasanya alat ini digunakan di bidang industri seperti misalnya industri minyak, konstruksi, perkapalan, dan lain sebagainya.

Dari kebutuhannya ini tentu alat Universal Testing Machine sangatlah penting bagi sektor bidang industri tersebut. Maka dari itu tidak heran jika ada proses kalibrasi Universal Testing Machine yang digunakan untuk menjaga agar mesin tetap terus akurat dan mengikut standar internasional. Nah bagaimana secara garis besar kalibrasi Universal Testing Machine ini dilakukan? Mari kita bahas dibawah ini.

Tujuan Kalibrasi Universal Testing Machine

Dalam melakukan kalibrasi Universal Testing Machine tentu ada tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dalam mengkalibrasi alat ukur ini adalah untuk mengurangi ketidakpastian pada hasil uji, memastikan keakuratan pengukuran mesin uji. Mengingat mesin uji universal ini telah dibutuhkan di banyak industri sehingga sangat dibutuhkan untuk melakukan validasi pada material produk.

Manfaat Kalibrasi Universal Testing Machine?

Dengan seringnya dilakukan kalibrasi universal testing machine ini tentu akan berdampak kepada kualitas proses dan hasil pengukuran yang dilakukan pada Universal Testing Machine. Selain itu juga kalibrasi bisa menjamin dan mengkonfirmasi dari hasil pembacaan pengukuran. Dan memutuskan bahwa Universal Testing Machine ini masih layak digunakan atau perlu diganti.

Cara Kalibrasi Universal Testing Machine

Adapun beberapa langkah untuk melakukan kalibrasi Universal Testing Machine ini diantaranya:

  1. Melakukan Persiapan
    Dalam melakukan persiapan kalibrasi, diperlukan beberapa hal yang harus ada seperti alat Universal Testing Machine yang akan dikalibrasi hingga peralatan yang akan digunakan untuk kalibrasi.
  2. Memeriksa Kondisi Lingkungan Untuk Kalibrasi
    Kondisi lingkungan bisa menjadi hal yang sangat mempengaruhi hasil pengukuran kalibrasi. Dimana kondisi lingkungan bisa mempengaruhi berbagai alat ukur termasuk Universal Testing Machine ini seperti kelembaban, suhu, getaran, hingga gravitasi.
  3. Menyiapkan metode kalibrasi dan rentang ukur
    Metode kalibrasi yang digunakan dalam mengkalibrasi Universal Testing Machine ini  haruslah mengacu ke metode standar nasional ataupun internasional yang sudah diakui oleh masyarakat luas. Memilih metode kalibrasi harusnya mudah dilakukan dan dipahami untuk meminimalisir kesalahan dalam pengambilan data.
  4. Melakukan Proses Kalibrasi
    Untuk melakukan proses kalibrasi digunakan berbagai tahapan diantaranya pengamatan awal terhadap Universal Testing Machine apakah memiliki bentuk yang masih normal dan berfungsi atau tidak. Melakukan penyetelan ulang yang akan dikalibrasi ke penyetelan awal. Melakukan pengukuran pada titik ukur tertentu sesuai kapasitas alat. Mencatat dan mengambil data dari hasil pengukuran dengan menggunakan format yang sudah ditentukan.
  5. Menghitung Hasil Kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi ini akan dilakukan sesuai dengan standar yakni menghitung nilai maksimum minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan, serta dan menghitung persamaan regresi.
  6. Evaluasi dan Pembuatan Laporan
    Dari segala sesuatu yang sudah dilakukan sebelumnya, maka langkah kalibrasi yang terakhir adalah menentukan ketidakpastian pada kalibrasi dan laporan. Laporan yang dibuat sesuai dengan pedoman SNI 19-17025.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Universal Testing Machine

Kalibrasi Universal Testing Machine maka akan menghasilkan berbagai nilai seperti nilai Universal Testing Machine yang diukur, besarnya nilai penyimpangan yang nilai koreksi, mencari nilai ketidakpastian pengukuran yang terjadi saat pengukuran.

Kesimpulan

Demikian bahasan kita kali ini tentang bagaimana cara kalibrasi Universal Testing Machine yang sesuai dengan prosedur yang berstandar internasional.

Nah jika Anda ingin juga melakukan kalibrasi yang sesuai dengan standar namun tidak ingin repot maka Anda bisa menggunakan jasa kalibrasi Universal Testing Machine di Kalibrasi.com, silahkan klik tombol di bawah ini untuk mempelajarinya secara lebih detail.

Jasa kalibrasi universal testing machine