Penjelasan Lengkap Cara Kalibrasi Gas Leak Detector

kalibrasi gas leak detector

Leak detector merupakan salah satu alat yang banyak digunakan dalam kegiatan industri. Leak detector sendiri adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi adanya kebocoran refrigerant pada sistem pendingin. Tentunya alat ini sangat berguna dan penting bagi para teknisi pendingin guna mencari kebocoran gas refrigerant. Untuk tetap menjaga kualitas pengukuran gas, leak detector ini juga perlu untuk dikalibrasi.

Kalibrasi pada leak detector ini sendiri memiliki tujuan untuk menjaga kualitas pengukuran agar tetap dengan semestinya. Tidak hanya itu saja, kalibrasi ini merupakan cara merawat leak detector secara baik dan juga tepat. Terus selain untuk menjaga kualitas pengukuran leak detector, tujuan lainnya dilakukan kalibrasi leak detector untuk apa?

Tujuan Kalibrasi Gas Leak Detector

Tujuan dilakukannya kalibrasi pada gas leak detector jelas yang utama untuk menjaga proses pengukuran gas yang sesuai dan tepat. Dengan dilakukannya kalibrasi, pastinya gas leak detector akan selalu terjaga keakurasiannya dalam mendeteksi ketika ada kebocoran refrigerant. Selain memiliki tujuan teta menjaga akurasi dalam mendeteksi kebocoran gas refrigerant, terdapat banyak manfaat dilakukannya kalibrasi gas leak detector.

Manfaat Kalibrasi Gas Leak Detector?

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya penyimpangan terlebih pada gas leak detector yang tidak akurat dalam menentukan titik kebocoran gas refrigerant. Untuk itulah diperlukan adanya kalibrasi gas leak detector. Berikut ini beberapa manfaat yang didapat dari kalibrasi gas leak detector :

  • Menjaga kualitas dan hasil dari pendeteksian kebocoran gas
  • Mengetahui terjadinya penyimpangan atau kesalahan dalam pendeteksian kebocoran gas
  • Mendukung standar ISO
  • Memutuskan apakah gas leak detector ini masih layak digunakan atau sebaliknya

Cara Kalibrasi Gas Leak Detector

Memperoleh hasil kalibrasi yang sesuai dengan baik dan benar merupakan hal yang mutlak untuk didapatkan. Untuk itulah mengapa cara dan proses kalibrasi gas leak detector penting untuk benar. Berikut ini rangkaian cara kalibrasi gas leak detector :

  1. Proses persiapan
    Melakukan persiapan gas leak detector mana yang akan dilakukan kalibrasi. Selain menyiapkan gas leak detector, anda juga perlu menyiapkan alat yang nantinya digunakan untuk proses kalibrasi itu sendiri.
  2. Operator kalibrasi gas leak detector
    Memilih operator kalibrasi yang memang terpercaya serta berpengalaman dalam proses kalibrasi gas leak detector. Atau anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi yang terpercaya serta terakreditasi KAN.
  3. Pengecekan kondisi lingkungan saat melakukan kalibrasi gas leak detector
    Lakukan pengecekan suhu dan juga kelembaban. Hal ini dilakukan karena ada sebagin alat kalibrasi yang memang dapat terpengaruh oleh dua faktor tersebut. Sebaiknya lakukan proses kalibrasi pada pagi hingga siang hari.
  4. Langkah – Langkah melakukan kalibrasi dan rentang ukur gas leak detector
    Pada umumnya proses kalibrasi pada gas leak detector ini sendiri menggunakan metode kalibrasi yang sesuai dengan standar ISO. 
  5. Pelaksanaan kalibrasi gas leak detector
    Lakukan pengamatan pada objek gas leak detector apakah bentuknya masih normal dan berfungsi maupun sebaliknya. Melakukan setelan pada titik nol dan selalu lakukan pembersihan alat terlebih dahulu.
  6. Penghitungan hasil kalibrasi
    Untuk menghitung hasil kalibrasi pada gas leak detector ini sendiri bisa dilakukan dengan menghitung nilai maksimum hingga minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan hingga menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Pembuatan laporan ini sendiri selalu mengacu serta sesuai pedoman SNI 19-17025 dengan pengesahan laporan oleh kepala laboratorium.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Gas Leak Detector

Parameter dan hasil dari proses kalibrasi gas leak detector ini sendiri tidak lain tidak bukan ialah menjaga kualitas hasil kinerja gas leak detector yang semakin baik. Tidak hanya itu saja, tingkat akurasi dalam menganalisa kebocoran refrigerant semakin tinggi dan tepat.

Kesimpulan 

Dengan melakukan proses kalibrasi gas leak detector secara baik dan benar, sudah tentu akan memperoleh hasil yang maksimal. Gas leak detector akan selalu memberikan kinerja dalam pendeteksian kebocoran refrigerant semakin akurat.

Nah bagi anda yang ingin melakukan kalibrasi pada gas leak detector, anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi gas leak detector terpercaya yaitu kalibrasi.com. Kalibrasi.com ini sendiri jasa penyedia berbagai jenis kalibrasi yang sudah terakreditasi KAN dan selalu menerapkan mutu ISO.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi gas leak detector