Manfaat dan Cara Kalibrasi DC Power Supply

kalibrasi DC Power Supply

Bagaimanakah sebuah arus listrik dapat didistribusikan dan dikirim pada peralatan elektronik? Umumnya arus listrik yang digunakan dalam peralatan elektronik lebih rendah tegangan nya dari pada arus listrik yang digunakan untuk mengalirkan listrik pada rumah atau pabrik.

Oleh karenanya dibutuhkan DC power supply yang memiliki tegangan lebih rendah supaya bisa dioperasikan. DC power supply adalah Rangkaian arus listrik yang mengubah arus listrik AC (bolak balik) menjadi DC (satu arah)

Berdasarkan penjelasan tersebut DC power supply membutuhkan prosedur kalibrasi untuk menjamin DC power supply sebagaimana spesifikasi fungsinya. Masih kurang jelas mengenai kalibrasi DC power supply? Simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini!

Tujuan Kalibrasi DC Power Supply

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya DC power supply menghasilkan tegangan yang lebih rendah dari pada AC supaya bisa dioperasikan. Oleh karenanya prosedur kalibrasi DC power supply bertujuan pada untuk memastikan perangkat tersebut dapat berfungsi dengan baik dan hasil pengukuran oleh alat tersebut dapat diandalkan sesuai dengan spesifikasinya.

Manfaat Kalibrasi DC Power Supply

Seperti pada prosedur kalibrasi umumnya, kalibrasi DC Power Supply diperlukan untuk menjaga akurasi dan performa dari instrumen alat tersebut. Selain itu dengan dilakukannya kalibrasi dapat mengantisipasi hasil pengukuran yang kurang atau bahkan tidak akurat. 

Sebagai prosedur kalibrasi yang telah diatur standarnya prosedur ini dapat memberikan jaminan dan konfirmasi atas hasil arus DC Power Supply yang lebih stabil.

Cara Kalibrasi DC Power supply

Umumnya prosedur kalibrasi memiliki tahapan tahapan yang wajib dilakukan sebagaimana aturan yang telah ditetapkan. Berikut cara kalibrasi phase detector antara lain :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Siapkan alat yang akan kalibrasi hendaknya alat yang digunakan  kalibrasi tidak rusak.  Pastikan pula  alat tersebut dalam keadaan baik dan bersih sebelum dilakukan kalibrasi. 
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Pelaksana kalibrasi harus memiliki kompetensi di bidang kalibrasi alat ukur. Supaya pelaksanaan kalibrasi tidak terjadi kesalahan dan hasil pengujian akurat. Setidaknya  pelaksana kalibrasi harus memenuhi persyaratan yang salah satunya yang wajib adalah pengalaman dalam melakukan kalibrasi. Persyaratan pendukung lainnya seperti persyaratan fisik tertentu bagi pelaksana kalibrasi. 
  3. Pengecekan dan kondisi DC Power Supply
    Cek kondisi DC power supply sebelum melakukan kalibrasi untuk nantinya dibandingkan antara hasil pengujian sebelum dan sesudah  prosedur kalibrasi dilakukan. Hal ini agar diketahui perbedaan nilai hasil kalibrasi.
  4. Gunakan metode standar nasional atau internasional
    Gunakanlah Metode kalibrasi DC power supply yang mengacu pada metode standar nasional atau internasional yang telah diakui seluruh dunia sebagai standar kalibrasi. Untuk menghindari kesalahan kalibrasi gunakan  metode yang paling mudah dilakukan dan dipahami pelaksana agar prosedur kalibrasi dapat berjalan dengan lancar.
  5. Pelaksanaan kalibrasi DC Power Supply
    Setelah beberapa tahap persiapan dan pengecekan dilakukan, tahap selanjutnya adalah pelaksanaan kalibrasi DC power supply. Dalam pelaksanaannya kalibrasi DC power supply terdiri dari beberapa langkah-langkah yang harus diikuti. Berikut Langkah-langkahnya :
    – Tahap awal pelaksanaan kalibrasi yaitu pengamatan terhadap objek ukur untuk melihat kondisi fungsi alat tersebut.
    – Lakukan atur ulang instrumen yang akan dikalibrasi, sembari bersihkan instrumen alat.
    – Mulai lakukanlah pengamatan pada kewajaran hasil ukur.
    – Ambil data hasil pengujian serta catat dengan baik secara objektif  bukan subjektif.
  6. Perhitungan kalibrasi
    Setelah data hasil pengujian, didapatkan lakukanlah perhitungan pada data tersebut. Pastikan perhitungan telah benar untuk hasil kalibrasi didapatkan data yang benar benar akurat. 
  7. Pembuatan laporan
    Membuat laporan menjadi hal yang terakhir dilakukan, Laporan kalibrasi ditulis berdasarkan format yang mengacu pada pedoman kalibrasi di Indonesia. Laporan yang telah dinyatakan sesuai dapat disahkan oleh penanggung jawab penyelenggara kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi DC Power Supply 

Parameter atau tolak ukur hasil kalibrasi DC power supply dapat dilihat jika instrumen alat telah menunjukkan tingkat keakuratan yang semakin baik setelah prosedur kalibrasi dilakukan. Output yang didapatkan setelah melakukan kalibrasi berupa sertifikat hasil kalibrasi ataupun dokumen kalibrasi.

Kesimpulan 

Demikianlah penjelasan mengenai prosedur kalibrasi DC power supply, sebagai instrumen alat yang digunakan dalam kelistrikan menjaga keakuratannya adalah hal yang penting. Sehingga dibutuhkan kalibrasi secara berkala pada jasa kalibrasi terpercaya. Serahkan prosedur kalibrasi alat Anda pada jasa kalibrasi yang telah terakreditasi hanya di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi DC Power Supply