Hal Terpenting Saat Pelaksanaan Kalibrasi Methana Detektor

kalibrasi methana detektor

Methana Detektor merupakan alat yang wajib dalam lingkungan industri. Alat ini sendiri memiliki fungsi serta kegunaan yang cukup penting. Methana detektor adalah alat yang digunakan untuk mendeteksi kebocoran gas methana dan gas propane. Dengan adanya methana detektor sendiri jika terjadi kebocoran gas methana ataupun gas propane dapat terdeteksi dengan cepat sehingga hal yang tidak diinginkan akan terhindari.

Pastinya perawatan methana detektor juga diperlukan melihat fungsinya yang memang sangat penting di dunia industri. Salah satu perawatan yang cukup penting dan bisa dilakukan ialah dengan mengkalibrasi methana detektor. Sebenarnya apa sih tujuan dilakukannya kalibrasi pada methana detektor?

Tujuan Kalibrasi Methana Detektor

Tujuan dilakukannya kalibrasi methana detektor ialah untuk tetap menjaga fungsi dari alat itu sendiri. Kalibrasi ini sendiri pastinya mampu menjaga methana detektor agar tetap bekerja secara baik terutama dalam mendeteksi ketika terjadi kebocoran gas methana maupun gas propane. Selain menjaga methana detektor agar berfungsi secara benar, tujuan dilakukan kalibrasi lainnya ialah untuk mengetahui apabila methana detektor mengalami kerusakan atau penyimpangan fungsi.

Manfaat Kalibrasi Methana Detektor

Untuk menghindari terjadinya penyimpangan dalam pendeteksian gas methana memang sangat perlu untuk dilakukan kalibrasi secara rutin. Berikut ini beberapa manfaat kalibrasi methana detektor :

  • Mampu menjaga kualitas dan hasil dari pendeteksian kebocoran gas methana secara tepat
  • Mampu mengetahui terjadinya penyimpangan mengenai pendeteksian kebocoran gas methana
  • Mendukung penerapan sistem mutu ISO
  • Mengetahui apakah methana detektor masih layak digunakan atau perlu dilakukan penggantian mengingat fungsinya yang cukup penting

Cara Kalibrasi Methana Detektor

Guna memperoleh hasil kalibrasi methana detektor yang maksimal, jelas diperlukan cara kalibrasi methana detektor yang baik dan benar. Berikut ini beberapa cara methana detektor yang harus dilakukan secara benar :

  1. Persiapkan standar gas
    Persiapkan methana detektor mana yang akan dilakukan kalibrasi. Selain menyiapkan methana detektor, anda juga perlu untuk menyiapkan alat yang nantinya digunakan untuk proses kalibrasi.
  2. Pembersihan perangkat
    Lakukan pembersihan perangkat methana detektor sebelum dilakukan kalibrasi. Hal ini dilakukan guna mendapat hasil kalibrasi yang maksimal.
  3. Pemasangan standar gas
    Lakukan pemasangan standar gas sesuai dengan ISO. Standar ini sendiri sangat penting digunakan sebagai acuan untuk hasil kalibrasi yang terbaik.
  4. Pengaturan konsentrasi gas
    Lakukan pengaturan konsentrasi gas dengan cara menyetelnya pada setelan awal atau pada titik nol.
  5. Pengecekan hasil
    Melakukan pengecekan terhadap hasil dengan melakukan pengamatan terhadap objek apakah bentuknya masih normal dan bisa berfungsi atau tidak. Pengecekan hasil ini dilakukan dengan menghitung nilai maksimum-minimal, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan hingga menentukan persamaan regresi.
  6. Pembuatan Laporan
    Langkah terakhir ialah membuat laporan yang sesuai serta mengacu pada pedoman SNI 19-17025. Serta pentingnya untuk pengesahan laporan oleh kepala laboratorium.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Methana Detektor

Setelah dilakukannya proses kalibrasi pada methana detektor, nantinya akan ditemukan hasil dengan beberapa parameter seperti berikut :

  • Mengetahui nilai obyek yang diukur
  • Membuat akurasi pendeteksian kebocoran gas methana menjadi lebih baik
  • Mengetahui nilai penyimpangan tentang pendeteksi kebocoran gas methana

Kesimpulan 

Dilakukannya kalibrasi pada methana detektor jelas akan memberikan banyak manfaat. Selain untuk tetap menjaga kinerja pendeteksian kebocoran gas methana secara baik dan tepat, proses kalibrasi ini juga mampu menghindari terjadinya kecelakaan kerja yang diakibatkan oleh methana detektor yang tidak berfungsi dengan semestinya.

Untuk anda yang saat ini juga ingin melakukan kalibrasi methana detektor, anda bisa menggunakan jasa kalibrasi dari kalibrasi.com

Karena kalibrasi.com ini sendiri merupakan penyedia jasa kalibrasi yang terakreditasi KAN dan sesuai standar ISO. Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi methana detektor