Jadwal Kalibrasi : Pengertian, Tujuan dan Tahapannya

jadwal kalibrasi

Dalam dunia industri, kalibrasi merupakan hal mutlak yang harus selalu dilakukan untuk menjaga keakuratan dari hasil pengukuran alat-alat industri itu sendiri. Terkadang proses kalibrasi ini memerlukan adanya penjadwalan. Jadwal kalibrasi itu sendiri adalah sebuah rentang waktu yang kita tetapkan saat kita harus melakukan proses kalibrasi kembali terhadap sebuah alat ukur sejak kalibrasi terakhir dilakukan.

Mengenal Jadwal Kalibrasi

Selain mampu menghemat biaya pengadaan instrumen alat ukur baru karena kerusakan, kinerja dari instrumen yang memiliki jadwal kalibrasi baik dan benar juga akan tetap selalu akurat. Penjadwalan kalibrasi ini dapat melihat dari seberapa lama instrument tersebut digunakan. 

Tujuan Jadwal Kalibrasi

Tujuan dari dilakukan penjadwalan kalibrasi ini sendiri ialah guna memastikan bahwa instrumen alat ukur selalu memiliki tingkat akurasi yang masih dalam rentang keharusan. Dan kalaupun nantinya ditemukan penyimpangan hasil ukur dari suatu nilai pengukuran, maka penyimpangan (error) tersebut dapat diketahui. Nantinya penyimpangan ini akan menjadi evaluasi dan catatan dikalibrasi berikutnya.

Selain itu untuk penjadwalan alat ukur sendiri juga memiliki beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan seperti umur, kinerja alat dsb. Selengkapnya mengenai faktor yang mempengaruhi bisa langsung baca artikel kami di jadwal kalibrasi alat ukur. Setelah tujuan membuat jadwal, ada juga tahapan yang harus diperhatikan dalam menentukan jadwal untuk kalibrasi.

Tahapan Jadwal Kalibrasi

Untuk tahapan proses penjadwalan kalibrasi ini adalah kita wajib mencari penyedia kalibrasi yang sudah terpercaya dan pastinya sudah bersertifikat. Hal ini memiliki tujuan ketika kita memiliki alat ukur baru, tentunya kita harus terlebih dahulu meminta kepada vendor mengenai sertifikat kalibrasinya. 

Penetapan jadwal kalibrasi yang terlalu pendek juga kurang baik karena nantinya akan membebani biaya yang mahal begitu juga dengan penetapan jadwal kalibrasi yang terlalu lama. Hal ini akan berpengaruh terhadap hasil pengukuran yang tidak akurat dan menyebabkan kerusakan pada instrumen alat ukur itu sendiri.

Pertimbangan Menentukan Jadwal Kalibrasi

Untuk menentukan jadwal kalibrasi tentunya kita juga memerlukan pertimbangan. Ada beberapa pertimbangan yang penting dalam penjadwalan yang meliputi : 

Kemampuan Akurasi Dan Toleransi Penggunaan

Untuk menentukan penjadwalan kalibrasi kita dapat memulainya dengan pemilihan alat ukur, misalnya sebuah thermometer. Thermometer ini memiliki banyak jenis dan pastinya juga perbedaan harga. Pastinya ada yang membedakan dan pada umumnya pembedanya ialah tingkat keakurasiannya. Mungkin tingkat akurasi dari thermometer biasa ±0,2° C sedangkan yang satunya ±2° C. Maka dari itu, mempertimbangkan akurasi dan toleransi dari alat ukur yang akan dikalibrasi sangatlah penting.

Rekomendasi Pembuat Alat

Selain dilihat dari kemampuan akurasi instrumen itu sendiri, menentukan jadwal kalibrasi juga bisa dilihat dari manual book atau dengan meminta informasi dari pembuat alat itu sendiri. Rekomendasi dari pembuat alat merekomendasikan jadwal kalibrasi setiap 1 tahun sekali.

Cara Penggunaan Dan Kondisi Lingkungan Pemakaian

Kita juga dapat menentukan jadwal kalibrasi dengan cara membandingkan alat ukur yang biasa kita gunakan di dalam ruangan dengan yang berada di luar ruangan. Pastinya kita akan mendapatkan perbedaan dan perbedaan inilah yang bisa kita gunakan untuk menjadwalkan kalibrasi.

Seperti contohnya untuk alat kesehatan yang sebagian besar banyak di dalam ruangan pasti berbeda untuk pembuatan jadwalnya dengan alat ukur yang dipakai di luar ruangan. Untuk detailnya bisa langsung ke jadwal kalibrasi alat kesehatan.

Tujuan Penggunaan

Ketika instrument alat ukur digunakan dan memiliki masalah yang kritis bahkan mengalami kegagalan dalam hasil pengukuran dan berkaitan dengan kesehatan serta keselamatan manusia, sebaiknya dilakukan kalibrasi secara rutin setiap 1 minggu sekali.

Rancangan Pemeliharaan Terhadap Alat

Rancangan pemeliharaan alat atau instrumen ini sendiri berkaitan dengan tujuaan penggunaan. Kita bisa membiarkan suatu instrumen alat ukur selama masa pakaianya hanya dengan memberikan interval kalibrasi. Sedangkan instrumen alat ukur lainnya diberlakukan pemeliharaan secara berkala yang cukup detail seperti setiap 1 minggu sekali. Hal ini nantinya akan memberikan anda kapan jadwal waktu yang tepat untuk dilakukannya kalibrasi.

Beban Kerja Alat

Penetapan jadwal kalibrasi untuk instrumen alat ukur yang memiliki beban kerja tinggi, lebih pendek waktunya dibandingkan yang jarang dipakai. Kita bisa melakukan kalibrasi 1 bulan sekali untuk alat yang hampir 24 jam kerja dan kita bisa melakukan kalibrasi setiap 3 bulan sekali terhadap alat yang hanya digunakan 2-3 jam dalam sehari.

Detail untuk penjadwalan kalibrasi alat ukur apakah harus secara berkala dan rutin atau melihat secara performance nya bisa dicek di bawah ini terutama untuk alat ukur laboratorium.

Baca Juga : Jadwal Kalibrasi Alat Laboratorium, Perlukah Secara Rutin?

Trend History Hasil Kalibrasi Alat

Trend history ini sendiri akan terjadi apabila kita sudah terlebih dahulu menetapkan jadwal awal kalibrasi. Biasanya penjadwalan kalibrasi sesuai trend history ini dilakukan ketika kelibrasi sudah dilakukan 3 kali berturut-turut.

konsultasi jasa kalibrasi