Kapan Jadwal Kalibrasi Alat Kesehatan Bisa Dilakukan?

jadwal kalibrasi alat kesehatan

Dalam upaya pemeliharaan dan peningkatan mutu, dalam pelayanan kesehatan. Maka dibutuhkan prosedur kalibrasi secara berkala dan berkesinambungan untuk menjamin peralatan kesehatan selalu dalam kondisi baik dan layak pakai.

Dalam program pemeliharaan peralatan kesehatan yang berkesinambungan setidaknya  secara berkala dilakukan kalibrasi paling sedikit 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun. . Namun hal itu kembali lagi pada bagaimana alat kesehatan tersebut seberapa sering digunakan.

Peralatan Medis harus diuji dan dikalibrasi secara berkala oleh Balai Pengujian Fasilitas Kesehatan atau Institusi Pengujian Fasilitas Kesehatan yang berwenang

Peralatan layanan Kesehatan harus memperhatikan jadwal prosedur kalibrasi peralatannya. Hal ini  diperlukan untuk memastikan bahwa hasil pengukuran yang dilakukan akurat dan konsisten dengan instrumen lainnya.. 

Bingung menentukan kapan jadwal kalibrasi alat kesehatan bisa dilakukan? Tentukan dahulu berapa umur alat tersebut, selengkapnya baca artikel berikut!

Tentukan Ini Untuk Mendapat Jadwal Kalibrasi Alat Kesehatan

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, pada umumnya peralatan kalibrasi minimal paling sedikit 1 (satu) kali dalam 1 (satu tahun). Jika peralatan kesehatan tersebut lebih banyak digunakan dalam waktu lama tentunya tingkat kalibrasi harus lebih sering dilakukan.

Berdasarkan hal tersebut bagaimana cara menentukan interval / periode kalibrasi peralatan kesehatan? Dalam menentukan jangka waktu atau selang waktu kalibrasi perlu ditetapkan pada suatu instrumen ukur ditentukan bagaimana kondisi alat tersebut.

Untuk mengetahui seberapa sering peralatan kesehatan perlu dikalibrasi agar alat kesehatan tersebut memiliki jadwal pengkalibrasian yang tersusun. Hal-hal yang menentukan alat kesehatan untuk dapat menyusun jadwal kalibrasi:

Umur Alat Kesehatan

Semakin tua umur alat yang digunakan, performa alat tersebut tidak akan sama seperti awal mula dibeli. Keakuratan dan kualitas dari alat akan mengalami penurunan selama periode pemakaian. Alat-alat dengan umur tua sebaiknya lebih sering dilakukan kalibrasi

Kinerja Alat Kesehatan

Pemakain peralatan kesehatan dalam waktu lama, tentu dapat menurunkan kinerja dari alat kesehatan tersebut. Semakin sering digunakan kinerja alat sedikit demi sedikit akan kehilangan performa terbaiknya. Alat dengan kinerja tinggi inilah  harus diperhatikan jadwal kalibrasinya.

Cara Penggunaan Dan Perawatan

Alat dengan konsekuensi pemeliharaan yang ditetapkan terhadapnya. selama masa pakainya alat dibiarkan’ saja. Pemeliharaan hanya penentuan interval Kalibrasi saja terhadapnya. 

Sementara alat kesehatan dengan tujuan penggunaan lebih urgent selain ada interval  kalibrasi, juga diberlakukan pemeliharaan berkala yang cukup detail terhadapnya. Jadi masuk akal apabila kemudian  menetapkan interval atau jadwal kalibrasi yang  berbeda. 

Kondisi Lingkungan Pemakaian

Sebagian alat sangat mudah terpengaruhi oleh lingkungan sekitar seperti perbedaan temperatur udara yang ekstrim. Hal ini dapat menyebabkan pemuaian lebih cepat pada alat ukur tersebut. Tentunya perubahan akibat kondisi lingkungan dapat berpengaruh pada akurasi dan fungsi dari alat ukur.

Penjadwalan kalibrasi dapat disusun untuk menentukan waktu-waktu yang tepat dalam melakukan kalibrasi. Agar perubahan pada alat kesehatan yang dapat mempengaruhi kinerjanya dapat cepat dikalibrasi untuk mengetahui performanya.

Jangka Waktu Pemakaian

Seperti yang telah disinggung sebelumnya pemakaian alat ukur kesehatan dalam jangka waktu lama dapat mempengaruhi kualitas dari pengukuran peralatan kesehatan.  oleh karena itu pertimbangkan jadwal kalibrasi pada alat yang sering digunakan dengan perawatan terhadapnya dan alat yang jarang dilakukan dengan perawatannya.

Saran Pabrik Pembuat

Pada umumnya ketika membeli sebuah alat ukur terdapat modul atau instruction book. Yang berisi spesifikasi dari alat ukur tersebut. Didalamnya juga terkadang terdapat informasi bahwa alat tersebut membutuhkan kalibrasi alat ukur.

Rekomendasi untuk frekuensi atau seberapa sering kalibrasi harus dilakukan biasanya tercantum dalam modul atau instruction book alat ukur, Saran yang tercantum pada modul alat ukur tersebut dapat anda ikuti. 

Karena bagaimanapun juga alat ukur tersebut diproduksi oleh pabrik yang bersangkutan.pabrik. sehingga sudah semestinya lebih mengetahui bagaimana produk diciptakan. 

Trend Laporan Hasil Kalibrasi Sebelumnya

Laporan hasil Kalibrasi sebelumnya dapat digunakan sebagai pertimbangan penjadwalan kalibrasi. Setelah beberapa kali prosedur kalibrasi dilakukan. Pada umumnya memakai dasar ilmiah dari data sertifikat kalibrasi terakhir 3 kali berturut-turut. Melalui data tersebut Anda bisa melakukan peninjauan untuk mendapatkan penjadwalan kalibrasi. 

Catatan Teknis Dari Laporan Sebelumnya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa data sertifikat pengukuran alat kesehatan pada prosedur kalibrasi yang sudah dilaksanakan 3 kali berturut-berturut dapat digunakan untuk mendapat jadwal kalibrasi alat kesehatan. 

Catatan jasil pengukuran sebelumnya dapat menjadi pertimbangan dalam penjadwalan kalibrasi apakah diperlukan lebih sering atau lebih jarang dilakukan.

Menentukan Jadwal Kalibrasi Alat Kesehatan

Alat ukur yang sering digunakan akan mengalami penurunan performa dan, fungsi dan kualitas sebuah produk. Hal ini karena alat ukur yang sering digunakan tanpa dilakukan kalibrasi dapat mengalami penurunan kualitas, sehingga proses kalibrasi sangat disarankan dilakukan secara berkala. 

Dalam menentukan waktu kalibrasi dalam hal ini Laboratorium kalibrasi juga tidak bisa memberikan frekuensi atau waktu kalibrasi secara asal. Laboratorium juga harus memeriksa kinerja alat, history dari alat, dan juga catatan teknis mengenai alat tersebut. Setelah itu semua dilakukan, barulah laboratorium dapat memberikan frekuensi kalibrasi pada alat ukur Anda.

Untuk Penentuan waktu kalibrasi sebenarnya dapat diperkirakan seperti ketika Anda mengganti oli kendaraan. Misalkan alat ukur kesehatan harus dikalibrasi saat mencapai 400 jam penggunaan atau setahun sekali dari masa pemakaian.

Jadwal kalibrasi untuk tiap alat kesehatan berbeda-beda dan dapat berubah-ubah. Terdapat faktor-faktor yang dapat mempengaruhi waktu yang tepat untuk melakukan kalibrasi. 

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai jadwal kalibrasi yang telah disampaikan. Dari pembahasan tersebut anda menjadi tahu bahwa untuk menentukan jadwal kalibrasi alat kesehatan ada beberapa hal yang menjadi bahan pertimbangan ketika akan menyusun jadwal kalibrasi. Agar alat kesehatan tersebut memiliki jadwal terencana, sehingga peralatan kesehatan memiliki kualitas layak pakai.

Sekian penjelasan dari artikel ini semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda seputar jadwal kalibrasi alat ukur kesehatan.