Sudah Tahu Pentingnya Kalibrasi Alat Ukur? Cek Selengkapnya!

pentingnya kalibrasi alat ukur

Proses kalibrasi sendiri sangat diperlukan guna memastikan bahwa hasil pengukuran yang dilakukan sudah akurat dan benar. Hasil dari pengukuran yang tidak konsisten jelas akan memberikan dampak terhadap kualitas produk itu sendiri. Untuk itulah diperlukan kalibrasi.

Kalibrasi sendiri merupakan proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkan suatu standar yang tertelusur dengan standar nasional maupun internasional. Instrumen alat ukur yang memiliki harga mahal pun juga bisa rusak akibat kurangnya akurasi setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu.  

Dilakukannya kalibrasi ini sendiri jelas untuk memenuhi persyaratan dari sistem manajemen mutu, manajemen lingkungan atau sistem manajemen k3. Berikut ini beberapa pentingnya proses kalibrasi alat ukur :

Untuk Memenuhi Standar Internasional Yang Sudah Diakui

Dilakukannya proses kalibrasi ini sendiri selain untuk menjaga keakuratan hasil pengukuran alat uji maupun alat ukur juga untuk memenuhi standar internasional yang sudah diakui. Dengan sudah memenuhi standar internasional ini, maka hasil produksi jelas dapat diterima dengan skala internasional.

Pentingnya Kalibrasi Alat Ukur untuk Meningkatkan Akurasi

Akurasi dari setiap pengukuran atau hasil dari instrumen alat ukur maupun alat uji jelas sangatlah penting dan diperlukan. Dengan dilakukannya kalibrasi, maka tingkat keakurasian dari alat ukur itu sendiri sangatlah tinggi sesuai dengan standar.

Untuk Meminimalisir Kegagalan Produksi

ketika alat ukur tidak dikalibrasi dan tetap digunakan dalam jangka waktu panjang pasti akan memberikan hasil yang tidak maksimal. Bahkan akan mengalami penyimpangan hasil yang cukup besar. Hal ini jelas akan sangat merugikan, untuk itulah diperlukan adanya kalibrasi guna meminimalisir kegagalan produksi. 

Untuk Meminimalisir Kecelakaan Kerja

Berbagai kondisi dan keadaan di dalam lingkungan kerja seperti penerangan, kebisingan yang dihasilkan dari berbagai alat industri jelas akan mempengaruhi kinerja dan keamanan kerja. Nah, sama hubungannya dengan safety, kalibrasi secara berkala pada alat ukur juga diperlukan demi menjaga keselamatan kerja.

Untuk Menjaga Kondisi Alat Ukur

Alat ukur jelas akan mengalami penurunan fungsi dan juga performa seiring pemakaiannya. Dengan melakukan kalibrasi secara rutin dengan baik dan benar, anda akan mengetahui apakah alat ukur masih sesuai dengan spesifikasinya atau harus diperbaiki bahkan dilakukan penggantian.

Jangan lupa untuk cek juga penjelasan dari fungsi kalibrasi alat ukur sesudah memahami penjelasan pentingnya kalibrasi alat ukur ya! Tinggal baca saja di bawah ini!

Baca Juga : Fungsi Kalibrasi Alat Ukur Untuk Pengukuran dan Penelitian

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan betapa pentingnya kalibrasi alat ukur dilakukan secara rutin dan berkala. Kalibrasi ini sendiri akan memberikan banyak manfaat mulai dari menjaga kondisi dari instrumen alat ukur itu sendiri. Mampu mengurangi kegagalan produksi yang disebabkan kesalahan dari pengukuran instrumen alat ukur itu sendiri.

konsultasi jasa kalibrasi