Contoh Kalibrasi Alat Ukur Yang Wajib Diketahui

contoh kalibrasi alat ukur

Proses kalibrasi alat ukur menjadi bagian penting dalam sebuah pengukuran bahan. Prosedur ini bertujuan untuk memastikan bahwa alat ukur mampu bekerja secara optimal mulai dari awal pembelian hingga saat penggunaan selama beberapa waktu. Apa sajakah contoh kalibrasi alat ukur yang harus kalian ketahui? mari kita bahas.

Apa Itu Kalibrasi Alat Ukur dan Instrumen?

Kalibrasi adalah proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan standar/tolak ukur.Kalibrasi sangat diperlukan untuk mengetahui kinerja suatu perangkat instrumen atau alat ukur. Baik instrumen baru atau instrumen yang sudah lama dipakai harus dilakukan kalibrasi secara berkala. Dengan melakukan kalibrasi maka dapat diketahui performa dari suatu instrumen atau alat ukur ketika digunakan, sehingga hasil pengukuran tidak dipertanyakan.

Sebaiknya juga untuk menjaga keakurasian instrumen perlu diadakan program kalibrasi secara rutin. Kalian bisa temukan informasinya berikut ini ya. Untuk yang mau lanjut dengan contoh kalibrasi bisa langsung ke contoh kalibrasi di bawah.

Baca Juga : Program Pemeliharaan Preventif dan Kalibrasi Memiliki Tujuan dan Fungsi Mirip

Contoh Kalibrasi Alat Ukur

Termometer

Kalibrasi dilakukan untuk menentukan nilai konstanta atau koefisien yang terkait dengan termometer, dengan cara membandingkannya dengan standar suhu yang diketahui keakuratan dan keandalannya.

Timbangan

Kalibrasi dilakukan untuk menentukan nilai konstanta atau koefisien yang terkait dengan timbangan . Untuk mengkalibrasi kualitas, timbangan bersertifikat, massa bersertifikat yang disetujui untuk formulir timbangan Anda harus diperoleh. Massa ini ditempatkan pada timbangan, setelah itu pembacaan berat harus dicatat. 

Untuk formulir ini sendir biasanya berbeda-beda untuk tiap alat ukur. Contoh dan isi formulir yang sesuai bisa langsung kalian baca di artikel kami form kalibrasi alat ukur.

Manometer

Manometer adalah alat yang berfungsi untuk mengukur tekanan udara dalam ruang tertutup. Udara ternyata memberikan tekanan pada ruang tertutup. Ketika anda meniup balon maka pada balon terasa adanya tekanan yang menekan tangan anda. Untuk mengukur tekanan gas dalam ruang tertutup digunakan manometer.

Alat Pengukur Debit

Debit adalah jumlah air yang melewati sungai dalam suatu periode waktu tertentu dan dinyatakan dalam satuan m3/detik atau liter/detik. Dengan mengukur debit sungai, maka kondisi hidrologis suatu daerah aliran sungai (DAS) akan dapat diketahui.

Alat Pengukur Tinggi

Kalibrasi dilakukan untuk menentukan nilai dengan cara membandingkannya dengan standar tingkat yang diketahui keakuratan dan keandalannya. Contohnya, centimeter, meter, atau kaki (feet).

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Dengan pemaparan diatas kita sudah tau tentang pentingnya proses kalibrasi alat ukur dan instrumen untuk memastikan keakuratan hasil pengukuran. Beberapa contoh alat ukur yang harus dikalibrasi secara berkala antara lain termometer, timbangan, manometer, alat pengukur debit, dan alat pengukur tinggi. Dalam proses kalibrasi, alat ukur dibandingkan dengan standar/tolak ukur untuk menentukan nilai konstanta atau koefisien yang terkait dengan alat ukur tersebut.