Ruang Lingkup Kalibrasi Massa yang Alatnya Sering Ditemui

ruang lingkup kalibrasi massa

Dalam kegiatan pekerjaan dan kehidupan sehari-hari tentunya kita membutuhkan adanya alat yang dapat membantu meringankan beban pekerjaan dan salah satunya ialah instrument massa. Selanjutnya alat ukur massa ini perlu dicek akurasinya dengan proses kalibrasi dan digolongkan dalam ruang lingkup kalibrasi massa.

Instrument atau alat massa ini memiliki cukup banyak jenis dan juga fungsi serta kegunaannya masing-masing. Pada intinya alat-alat masa ini jelas memiliki fungsi dan juga kegunaan untuk mengukur massa/berat suatu objek atau benda.

Nah, tentunya alat-alat ukur massa ini wajib untuk dirawat. Salah satu perawatan yang bisa dilakukan ialah dengan cara kalibrasi. Siapa sih yang tidak tau kalibrasi? Dengan dikalibrasi pastinya alat-alat massa ini akan tetap memiliki fungsi yang terbaik dan juga pastinya akan memberikan hasil ukur massa tetap akurat.

Ruang lingkup kalibrasi massa ini memiliki berbagai macam alat ukur yang berhubungan dengan pengukuran berat/massa salah satunya adalah timbangan atau neraca. Timbangan merupakan salah satu jenis dari instrument atau alat-alat massa yang cukup banyak digunakan.

Timbangan yang sering digunakan sudah tentu membutuhkan kalibrasi sebagai perawatannya guna untuk tetap menjaga hasil baca ukur selalu akurat. Untuk melakukan kalibrasi, sebaiknya selalu gunakan jasa penyedia kalibrasi terbaik hanya di kalibrasi.com. Selain timbangan tentunya banyak jenis instrument masa yang bisa dikalibrasi oleh kalibrasi.com.

Macam-macam Alat Ukur di Ruang Lingkup Kalibrasi Massa

Berbagai macam alat ukur memang selayaknya dilakukan kalibrasi yang terjadwal. Hal ini jelas karena timbangan yang selalu digunakan wajib hukumnya untuk selalu memberikan hasil ukur akurat.

Nah kalibrasi ini sendiri dilakukan untuk mengurangi resiko penyimpangan dari timbangan karena digunakan terus-menerus tanpa adanya perawatan yang baik dan benar.

Berikut ini ada beberapa macam alat ukur yang masuk di dalam ruang lingkup kalibrasi masa yang pastinya jasa kalibrasi ini tersedia di kalibrasi.com.

  • Timbangan Mekanik
    Alat ini memiliki fungsi untuk mengukur berat suatu benda dalam bentuk angka seperti menimbang besi, beras, kayu dan juga benda lainnya.
  • Timbangan Analitik
    Alat ini memiliki fungsi untuk menimbang bahan atau zat yang digunakan sebelum melakukan percobaan. Timbangan jenis ini banyak digunakan di laboratorium penelitian.
  • Timbangan Digital
    Alat ini memiliki fungsi untuk mengukur berat benda dengan bentuk angka digital yang jelas hingga dua angka dibelakang koma.
  • Timbangan Gantung
    Alat ini memiliki fungsi untuk mengukur berat/massa dengan cara menggantungkannya pada pengait timbangan. Timbangan jenis ini biasa ditemukan di posyandu, pasar hingga penjual buah.
  • Timbangan Bayi
    Alat ini memiliki fungsi untuk menimbang atau mengukur berat bobot bayi. Timbangan ini sendiri juga bisa ditemukan di puskesmas, posyandu hingga tempat kesehatan lainnya.
  • Timbangan 1 Ton
    Alat ini memiliki fungsi untuk mengukur berat benda dengan minimal beban 1 ton hingga lebih.
  • Anak Timbangan
    Alat ini memiliki fungsi sebagai anak timbangan kalibrasi yang juga digunakan sebagai acuan dalam melakukan penyetelan timbangan.
  • Anak Timbangan E1
    Alat ini memiliki fungsi untuk memastikan ketertelusuran antara standar massa nasional dengan nilai yang diturunkan yaitu bobot kelas E2 yang lebih rendah.
  • Beban
    Alat ukur beban atau yang biasa disebut load cell ini memiliki sensor untuk mengukur tekanan suatu material, beban yang diberikan bisa membuat reaksi pada logam yang ada dalam alat ini dan diubah ke dalam bentuk yang elastis.
  • Batching Plant
    Alat ini merupakan alat konstruksi yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk produksi beton ready mix dalam jumlah besar.

Penerapan Alat Ukur Massa di Berbagai Bidang Pekerjaan

Penggunaan alat-alat atau instrument massa ini sendiri sangatlah luas. Salah satunya jelas banyak digunakan dalam bidang industri, garment hingga sektor usaha umkm banyak yang menggunakan instrument masa. Alat ukur massa ini sendiri memang sangat membantu terlebih dalam melakukan pengukuran yang akurat dan cepat.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Proses kalibrasi massa pada alat yang saat ini banyak digunakan seperti timbangan sangatlah penting untuk dilakukan. Mengingat timbangan baik digital, gantung, mekanik hingga timbangan bayi sangat diperlukan hasil ukur yang akurat. Untuk menjaga kualitas dan hasil pengukuran yang akurat itulah diperlukan adanya kalibrasi rutin pada instrument alat-alat masa diatas.