Pahami Ruang Lingkup Kalibrasi Kekerasan, Lengkap dengan Alatnya

Ruang lingkup kalibrasi kekerasan

Kekerasan(hardness) merupakan salah satu sifat mekanik dari suatu material. Dalam dunia industri, kekerasan ini ternyata juga membutuhkan adanya uji kekerasan. Alat ukur yang termasuk dalam proses pengukuran uji kekerasan ini digolongkan dalam ruang lingkup kalibrasi kekerasan. Apa itu uji kekerasan dan kalibrasi dalam ruang lingkup ini ada penjelasannya berikut.

Uji kekerasan ini sendiri adalah pengujian yang dilakukan untuk menguji kekerasan dari suatu material. Dengan dilakukannya pengujian ini, kita akan dengan mudah mengetahui gambaran sifat mekanis suatu material. 

Ada beberapa jenis alat ukur yang memang digunakan dan berkaitan dengan kekerasan material diantaranya hardness tester dan juga durometer. Kedua alat ukur ini sendiri memang memiliki peran dan kegunaan penting yang berhubungan dengan kekerasan.

Salah satunya durometer, alat yang memiliki fungsi untuk mengukur kekerasan didasarkan pada mengukur kekuatan perlawanan dari penetrasi jarum ke dalam bahan uji dibawah beban pegas.

Durometer ataupun hardness tester sudah tentu juga membutuhkan perawatan guna mengurangi penyimpangan (deviasi) karena penggunaan. Nah salah satu cara perawatan yang tepat dan sangat disarankan ialah dengan dilakukannya kalibrasi.

Dengan dilakukannya kalibrasi, sudah tentu alat ukur kekerasan akan memiliki fungsi yang sama dengan hasil yang selalu akurat pastinya dalam pengukuran. Beberapa alat ukur kekerasan yang bisa dikalibrasi menggunakan jasa kalibrasi.com diantaranya durometer dan hardness tester. Berikut ini penjelasan lengkap dari ruang lingkup kalibrasi kekerasan.

Alat Ukur untuk Ruang Lingkup Kalibrasi Kekerasan

Alat ukur kekerasan memanglah sangat membantu dalam kegiatan-kegiatan industri dan bidang yang memang menggunakan alat ukur ini untuk pekerjaan.

Namun untuk tetap menjaga kualitas hasil ukur dan juga menjaga fungsionalitas alat-alat ukur tersebut diperlukan adanya kalibrasi. Berikut ini beberapa jenis alat ukur kekerasan yang cukup sering digunakan :

  • Hardness Tester
    Alat yang digunakan untuk mengukur kekerasan pada material yang diukur. Kekerasan yang diukur ini didefinisikan sebagai resistensi bahan.
  • Durometer
    Alat yang digunakan untuk mengukur kekerasan didasarkan pada mengukur kekuatan perlawanan dari penetrasi jarum ke dalam bahan uji di bawah beban pegas diketahui.

Sektor Pekerjaan yang Menggunakan Alat Ukur Kekerasan

Penggunaan alat ukur kekerasan dan juga cara perawatannya dengan kalibrasi memang diperlukan. Kalibrasi pada alat ukur kekerasan ini memiliki tujuan untuk tetap menjaga kualitas hasil pengukuran tetap selalu akurat.

Tidak hanya itu saja, faktor keamanan pekerja/pengguna alat ukur kekerasan ini juga terjamin dengan dilakukannya kalibrasi terlebih menggunakan jasa kalibrasi di kalibrasi.com

Salah satu sektor/bidang yang banyak menggunakan hardness tester maupun durometer ini ialah sektor pertambangan, sektor industri bahkan juga digunakan di laboratorium untuk melakukan test kekerasan pada berbagai jenis media.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Penggunaan alat ukur kekerasan dalam dunia industri dan juga sektor pertambangan jelas berperan sangat penting. Namun tetap untuk menjaga alat-alat ukur kekerasan ini memberikan fungsi maksimal dan tetap menjaga hasil pengukuran dibutuhkan adanya kalibrasi.

Kalibrasi inilah yang menjadi salah satu garda terdepan dalam perawatan alat ukur kekerasan. Selalu lakukan kalibrasi secara rutin dan gunakan jasa kalibrasi terpercaya seperti kalibrasi.com guna memperoleh hasil yang maksimal.