Mengenal Ruang Lingkup Kalibrasi Akustik dan Vibrasi

ruang lingkup kalibrasi akustik dan vibrasi

Kalibrasi saat ini menjadi hal penting terlebih dalam dunia industri. Tentunya kita sudah banyak mengerti apa itu kalibrasi dan juga fungsi dilakukannya kalibrasi itu sendiri.

Namun tahukah kalian bahwa sebenarnya kebutuhan kalibrasi dari berbagai ruang lingkup dan sektor industri ini perlu untuk rutin dilakukan. Proses kalibrasi ini tentunya tidak bisa disamaratakan. Salah satunya ialah ruang lingkup kalibrasi akustik dan vibrasi.

Proses pengkalibrasian dalam ruang lingkup kalibrasi akustik dan vibrasi ini sendiri nantinya hanya memfokuskan pada alat ukur yang berkaitan dengan suara, kebisingan dan juga getaran.

Dengan begitu sudah tentunya nantinya hasil kalibrasi akan lebih maksimal karena fokus pada beberapa bidang itu saja. Namun tentunya selalu lakukan proses kalibrasi dengan cara yang baik dan benar atau dengan menggunakan jasa kalibrasi terpercaya yang sudah terakreditasi KAN.

Banyak sekali jenis dari alat ukur akustik maupun vibrasi yang digunakan saat ini dan tentunya membutuhkan kalibrasi. Kalibrasi.com sendiri saat ini menyediakan jasa kalibrasi berbagai jenis instrumen alat ukur dan alat uji serta alat akustik dan vibrasi sesuai dengan ISO dan sudah terakreditasi KAN. 

5 Alat Ukur di Ruang Lingkup Kalibrasi Akustik dan Vibrasi

Banyaknya instrumen akustik dan vibrasi saat ini namun ada beberapa yang memang selalu digunakan di berbagai sektor/bidang industri. Berikut ini instrument akustik dan vibrasi yang biasa dikerjakan kalibrasi.com :

  • Vibration meter
    Alat ini memiliki fungsi untuk melakukan pengukuran referensi getaran pada mesin baru untuk selanjutnya dijadikan acuan ketika akan melakukan pengukuran rutin.
  • Sound meter
    Alat ini memiliki fungsi untuk mengukur tingkat kebisingan.
  • Noise meter
    Alat ini memiliki fungsi untuk mengukur paparan kebisingan yang diterima pekerja secara personal.

Bidang yang Menggunakan Alat Ukur Lingkup Akustik dan Vibrasi

Sektor atau bidang yang banyak menggunakan alat ukur akustik maupun vibrasi diantaranya ialah bidang industri, bidang elektronika dan bahkan juga laboratorium penelitian.

Sektor atau bidang ini sendiri menggunakan berbagai macam alat ukur akustik dan vibrasi jelas untuk mendukung dan mempermudah pekerjaannya. 

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Proses kalibrasi pada alat ukur akustik dan vibrasi sangatlah penting untuk dilakukan guna tetap menjaga kualitas hasil pengukuran. Selalu gunakan jasa penyedia kalibrasi di kalibrasi.com yang sudah terakreditasi KAN dan sesuai ISO. Selain itu juga jasa ini memang berfokus sesuai dengan ruang lingkup instrumen apa yang dikalibrasi.