Perbedaan Pengujian dan Kalibrasi Yang Perlu Diketahui

perbedaan pengujian dan kalibrasi

Kalibrasi adalah proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan standar/tolak ukur, sedangkan Pengujian adalah keseluruhan tindakan yang meliputi pemeriksaan fisik dan pengukuran untuk membandingkan alat yang diukur dengan standar, atau untuk menentukan besaran atau kesalahan pengukuran. Sebagian orang tidak mengerti perbedaan pengujian dan kalibrasi karena keduanya hampir mirip. Maka dari itu untuk mengetahui perbedaan keduanya secara lengkap, Anda bisa simak penjelasan berikut.

Pengujian

Pengujian adalah keseluruhan tindakan yang meliputi pemeriksaan fisik dan pengukuran untuk membandingkan alat yang diukur dengan standar, atau untuk menentukan besaran atau kesalahan pengukuran.

Pengujian dilakukan terhadap alat kesehatan yang memiliki standar besaran yang dibaca, berarti tidak terdapat  nilai yang diabadikan pada alat kesehatan tersebut, sehingga pengujian dilaksanakan mengacu pada:

  1. Nilai standar yang ditetapkan secara nasional maupun internasional misal; arus bocor, frekuensi kerja pada paparan radiasi
  2. Fungsi alat misal; kuat cahaya, daya hisap, sterilitas, putaran, energi dan temperatur.

Pengujian alat kesehatan dilakukan dengan kegiatan sebagai berikut:

  1. Pengukuran kondisi lingkungan
  2. Pemeriksaaan kondisi fisik dan fungsi komponen alat
  3. Pengukuran keselamatan kerja
  4. Pengukuran kinerja

Kalibrasi

Kalibrasi adalah kegiatan yang penting dalam memastikan bahwa alat ukur atau bahan ukur memberikan hasil yang akurat dan konsisten. Kalibrasi dilakukan dengan membandingkan nilai yang terukur dengan nilai yang telah diabadikan pada alat kesehatan, seperti tegangan, arus listrik, waktu, energi, dan suhu. Proses kalibrasi dapat membantu memastikan bahwa hasil pengukuran yang diberikan oleh alat kesehatan dapat diandalkan.

Pada kalibrasi alat kesehatan, terdapat beberapa kegiatan yang perlu dilakukan, yaitu:

  1. Pengukuran kondisi lingkungan
  2. Pemeriksaan kondisi fisik dan fungsi komponen alat
  3. Pengukuran keselamatan kerja
  4. Pengukuran kinerja sebelum dan setelah penyetelan atau pemberian faktor kalibrasi

Baca Juga : Setelah memahami perbedaan kalibrasi dan pengujian sebaiknya cek langsung perbedaan kalibrasi dan adjusment pada alat ukur. Hampir mirip tapi tidak serupa, begini penjelasannya!

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Meskipun pengujian dan kalibrasi sering digunakan secara bergantian, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam tujuan dan prosesnya. Pengujian dilakukan untuk memastikan bahwa alat kesehatan dapat digunakan dengan aman dan efektif, sedangkan kalibrasi dilakukan untuk memastikan bahwa alat kesehatan memberikan hasil yang akurat dan konsisten.

Penting untuk memahami perbedaan antara kedua proses ini dan melakukan keduanya secara teratur pada alat kesehatan untuk memastikan kinerjanya yang optimal. Dalam melakukan pengujian dan kalibrasi, pastikan untuk menggunakan teknisi terlatih atau laboratorium independen yang memiliki kualifikasi dan peralatan yang tepat untuk memastikan hasil yang akurat dan dapat dipercaya.