Penjelasan Lembaga Kalibrasi dan Tugas Pokoknya

Lembaga kalibrasi

Proses kalibrasi memang sangat penting untuk dilakukan dan pastinya juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan terlebih oleh orang yang tidak berkompeten di bidangnya. Sebaiknya untuk melakukan kalibrasi, bisa dilakukan oleh balai atau lembaga kalibrasi. Lembaga kalibrasi sendiri ialah unit pelaksana teknis (UPT) di bidang kalibrasi di kementrian perdagangan. Sudah tentu lembaga ini bertanggung jawab kepada direktur standarisasi dan pengendalian mutu.

Proses kalibrasi yang tidak bisa dilakukan sembarangan tentunya menimbulkan banyak pertanyaan, mengapa dan kenapa? Ya tentunya kalibrasi ini nantinya akan memberikan hasil yang cukup penting terlebih untuk berbagai instrument alat-alat ukur dan alat uji saat ini.

Siapa Sih Lembaga yang Berwenang untuk Kalibrasi?

Terus sebenarnya siapa lembaga yang berwenang dalam menangani proses kalibrasi instrument-intrument alat ukur saat ini? Jawabannya jelas lembaga kalibrasi resmi yang sudah menerapkan standar SNI ISO/IEC 17025:2008 tentang persyaratan umumkompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi yang telah diakreditasi oleh KAN.

Kalibrasi.com merupakan salah satu lembaga untuk kalibrasi yang sudah bersertifikasi KAN dan tentunya juga selalu menerapkan standar ISO/IEC. Menggunakan jasa dari lembaga pengkalibrasi terbaik serta terpecaya pastinya juga nanti akan memberikan hasil kalibrasi yang sesuai dengan standar nasional maupun internasional. 

Tugas Pokok dari Lembaga Kalibrasi

Tugas dari lembaga kalibrasi ini sendiri sebenarnya apa saja? Dan seberapa penting peran lembaga ini pada proses kalibrasi itu sendiri? Tugas dari lembaga dalam kalibrasi diantaranya :

  1. Melakukan penyusunan rencana dan program di bidang pelayanan kalibrasi
  2. Memberikan pelayanan teknis kalibrasi
  3. Melaksanakan proses kalibrasi sesuai standar
  4. Melaksanakan urusan tata usaha dan rumah tangga yang berkaitan dengan kalibrasi

Lembaga Kalibrasi di Indonesia

Terus siapa saja sih lembaga untuk kalibrasi di Indonesia saat ini? Di Indonesia sendiri saat ini cukup banyak lembaga atau instansi kalibrasi yang memberikan jasa pelayanan proses kalibrasi. Namun tidak semuanya menerapkan mutu dan standar ISO. Salah satu penyedia jasa kalibrasi yang sudah memenuhi syarat ISO 9001:2015 dan ISO/IEC 17025:2017 ialah kalibrasi.com

Selain lembaga kalibrasi, bidang kalibrasi juga memiliki forum untuk sharing antar instansi. Selengkapnya bisa cek di forum kalibrasi.

Dimana Mencari Lembaga Kalibrasi Alat Ukur?

Untuk mencari lembaga kalibrasi alat ukur yang bagus dan berkualitas tentunya yang sudah berstandar dan juga bersertifikasi KAN. Salah satu lembaga untuk kalibrasi alat ukur terbaik di bidangnya yang memiliki banyak profesional ahli kalibrasi bisa anda dapatkan di kalibrasi.com. Selain jasa kalibrasi profesional, hasil dari proses kalibrasi yang akan anda dapatkan tentunya sudah sesuai standar nasional maupun internasional.

konsultasi jasa kalibrasi