Apa Itu Badan Kalibrasi Nasional? Berikut Penjelasannya

Badan Kalibrasi

Sebelum membahas apa itu badan kalibrasi mari kita jelaskan apa itu kalibrasi. Kalibrasi adalah proses pengecekan dan pengaturan akurasi dari alat ukur dengan cara membandingkannya dengan standar/tolak ukur. 

Penjelasan Badan Kalibrasi

Badan kalibrasi adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bidang kalibrasi di Kementerian Perdagangan, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu. Balai Kalibrasi dipimpin oleh seorang Kepala, mempunyai tugas memberikan pelayanan kalibrasi alat ukur besaran.

Badan Kalibrasi di Indonesia

Badan untuk kalibrasi di Indonesia yang menyelenggarakan layanan akreditasi kepada Lembaga Penilaian Kesesuaian/ Conformity Assessment Body, seperti: 

  • Lembaga sertifikasi
  • Lembaga inspeksi
  • Lembaga validasi/verifikasi
  • Penyelenggara uji profisiensi
  • Produsen bahan acuan

Tugas dan Wewenang Badan Kalibrasi

Dalam melaksanakan tugasnya Badan pada Kalibrasi menyelenggarakan fungsi, sebagai berikut:

  1. penyusunan rencana dan program di bidang pelayanan kalibrasi;
  2. pemberian pelayanan teknis kalibrasi;
  3. pelaksanaan pengembangan jasa kalibrasi; dan
  4. pelaksanaan urusan tata usaha dan rumah tangga.

Dimana Anda Dapat Menemukan Badan Kalibrasi?

Bagi industri atau masyarakat yang membutuhkan jasa kalibrasi, badan untuk kalibrasi nasional dapat ditemukan di berbagai kota besar di Indonesia. Selain itu, badan ini juga telah menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga kalibrasi di Indonesia, sehingga memudahkan bagi industri atau masyarakat untuk melakukan kalibrasi alat ukur di tempat yang lebih dekat dan terjangkau. 

Namun, jika Anda mencari layanan kalibrasi alat ukur yang terpercaya dan berkualitas, Anda dapat mengunjungi kalibrasi.com, penyedia jasa kalibrasi alat ukur yang terakreditasi oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional). Kalibrasi.com sendiri adalah sebuah platform digital yang menawarkan kemudahan bagi Anda yang membutuhkan jasa kalibrasi untuk keberlangsungan bisnis.

konsultasi jasa kalibrasi