Persiapan dan Pelaksanaan Kalibrasi Vibration Meter

kalibrasi Vibration meter

Bagi Anda yang asing dengan sebutan alat ukur vibration meter, itu memang sangat wajar karena ini adalah alat yang digunakan dalam sebuah industri ataupun sebuah proyek pembangunan. Mungkin tidak ada yang memilikinya untuk penggunaan rumah, berbeda dengan alat ukur multimeter misalnya yang seringkali ada di setiap rumah. 

Jadi, vibration meter adalah instrumen pengukuran yang dapat digunakan untuk menentukan nilai getaran karakteristik dari getaran yang diinginkan dan tidak diinginkan.

Untuk tujuan ini, meteran getaran biasanya diadaptasi langsung ke area aplikasi tertentu. Pengukur getaran dapat dibagi menurut bidang aplikasinya menjadi alat untuk getaran pada mesin, untuk getaran pada bangunan dan alat untuk mengukur getaran yang mempengaruhi manusia.

Vibration meter, juga perlu dilakukan yang namanya kalibrasi karena alat ini rentan sekali terjadi penyimpangan pengukuran karena di pakai di lingkungan yang ekstrem. Bagaimana persiapan dan pelaksanaan dari kalibrasi alat ukur ini?

Tujuan Kalibrasi Vibration Meter

Standar dan nilai referensi untuk grup aplikasi ini diperhitungkan dalam fungsi pengukuran dan rentang pengukuran meter getaran dan dalam opsi evaluasinya.

Vibration meter untuk pemeriksaan getaran mesin, misalnya, seringkali menawarkan evaluasi langsung terhadap hasil pengukuran sebagai sangat baik, baik, kritis atau tidak dapat diterima menurut klasifikasi DIN ISO 10816. 

Ini sudah jelas karena tujuan dari pengevaluasian ini adalah dengan melakukan kalibrasi yang bertujuan untuk sesuai dengan standar yang berlaku dan juga menjadi keamanan dalam lingkungan pekerjaan.

Manfaat Kalibrasi Vibration Meter

Sebenarnya untuk vibration meter yang dilakukan kalibrasi adalah demi mendapatkan sertifikat kalibrasi ISO mungkin diperlukan oleh perusahaan yang menambahkan pengukur getaran ke seperangkat alat penjamin mutu internal. 

Sertifikat kalibrasi yang dikeluarkan oleh laboratorium kalibrasi bersertifikasi ISO akan disesuaikan dengan informasi kontak perusahaan pembeli dan pembacaan uji pengukuran khusus perangkat. 

Apakah Anda tahu bagaimana cara melakukan kalibrasi vibration meter ini sehingga bisa dikatakan nantinya akan mendapatkan sertifikat kalibrasi?

Cara Kalibrasi Vibration Meter

Untuk melakukan kalibrasi vibration meter, Anda sudah tahu karena sudah disebutkan di atas jika kegiatan tersebut dilakukan di laboratorium kalibrasi. Akan tetapi, tidak ada salahnya bagi Anda yang ingin tahu persiapan dan pelaksanaan dari kalibrasi vibration meter itu seperti apa.

  1. Mempersiapkan Alat Kalibrasi
    Tentu saja cara yang pertama adalah mempersiapkan alat-alat yang digunakan untuk mengkalibrasi vibration meter.
  2. Pelaksana Kalibrasi
    Pelaksanaan vibration meter harus didampingi dan dilakukan oleh pelaksana kalibrasi yang sudah bersertifikat.
  3. Pengecekan situasi dan kondisi Vibration meter
    Jika sudah, cek terlebih dahulu suhu ruangan dan kelembapan ruangan yang bisa jadi penentu keakuratan dari kalibrasi. Serta dilakukan pengecekan secara menyeluruh vibration meternya.
  4. Langkah-langkah Mengkalibrasi dan rentang ukur Vibration meter \
    Jika sudah, adalah dengan menentukan metode yang tepat dan juga rentang ukur. Metode yang tepat adalah metode yang sudah sesuai dengan standar internasional. Dan dengan rentang ukur pengukuran tertentu yang akan menjadi nilai apakah terdapat deviasi atau tidak di vibration meter.
  5. Pengaplikasian Vibration meter dengan benar
    Jika memang dirasa sudah benar, adalah dengan uji coba pengaplikasiannya dengan rentang ukur yang sudah disediakan dan ditentukan tadi.
  6. Penghitungan hasil kalibrasi
    Hitung hasilnya dari pengaplikasian metode dan rentang ukur kalibrasi vibration meter tersebut yang berguna sekali untuk evaluasi dan juga hasil.
  7. Pembuatan laporan
    Yang terakhir adalah pembuatan laporan kalibrasi vibration meter. Nantinya hasil ini adalah sertifikat kalibrasi vibration meter.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Vibration Meter

Sebagai alat ukur yang bisa atau dapat mengukur dan menampilkan berbagai parameter getaran, seperti percepatan getaran, kecepatan getaran, atau perpindahan getaran, vibration meter bisa dikatakan sudah benar jika sudah memenuhi standar internasional.

Standar yang berlaku adalah Standar ISO 10816-3. Standar tersebut memberikan kriteria untuk mengevaluasi getaran mesin sesuai dengan pengukuran yang dilakukan pada bagian yang tidak berputar, seperti bantalan, tumpuan bantalan, atau housing.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah tahu persiapan dan juga pelaksanaan dari kalibrasi vibration meter? Jika Anda mungkin memilikinya dan terkesan ingin tahu apakah ada deviasinya, Anda bisa mempercayakan jasa kalibrasi vibration meter yang terpercaya dan berkualitas di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Vibration meter