Penjelasan Lengkap Mengenai Proses Kalibrasi Turbidity Meter

kalibrasi turbidity meter

Turbidity meter adalah salah satu jenis alat ukur yang biasa digunakan untuk  mengukur atau menganalisa tingkat kekeruhan air ataupun larutan. Ya benar bahwa turbidity meter ini digunakan untuk alat pengujian kekerasan dengan sifat optik yang diakibatkan dispersi sinar dan dapat dinyatakan sesuai perbandingan dengan cahaya yang dipantulkan terhadap yang datang. Untuk menjaga agar pengukurannya sesuai dengan standar maka dibutuhkanlah kalibrasi turbidity meter yang akan dijelaskan dibawah ini.

Tujuan Kalibrasi Turbidity Meter

Dalam melakukan kalibrasi turbidity meter tentu memiliki tujuan yang pasti, ya tujuannya adalah untuk:

  • Membuat nilai ketertelusuran pada turbidity meter dengan standar yang lebih tinggi.
  • Menentukan nilai penyimpangan pada turbidity meter.
  • Adapun kalibrasi dapat menjamin hasil pengukuran yan sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Turbidity Meter?

Adapun manfaat dari kalibrasi turbidity meter diantaranya adalah:

  • Untuk mendukung penerapan sistem mutu ISO.
  • Menentukan tingkat kelayakan turbidity meter.
  • Menentukan bahwa turbidity meter untuk tetap dalam keadaan normal dan sesuai dengan spesifikasi.

Cara Kalibrasi Turbidity Meter

Kalibrasi turbidity meter adalah untuk memastikan bahwa pengukurannya sudah sesuai dengan standar internasional. Maka dari itu kalibrasi haruslah sesuai dengan prosedurnya seperti berikut:

  1. Melakukan persiapan sebelum melakukan kalibrasi
    Adapun proses kalibrasi yang awal adalah mempersiapkan berbagai peralatan yang digunakan untuk kalibrasi serta turbidity meter yang akan dikalibrasi.
  2. Operator yang terpercaya dalam kalibrasi turbidity meter
    Dalam melakukan kalibrasi setidaknya ada satu orang yang paham akan melakukan kalibrasi tujuannya adalah agar tidak terjadi kesalahan dalam pengukuran.
  3. Validasi lingkungan saat kalibrasi turbidity meter
    Dalam proses kalibrasi, pengecekan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap hasil kalibrasi terutama bagi turbidity meter yang cukup sensitif terhadap kelembaban dan juga suhu.
  4. Tahapan – tahapan melakukan kalibrasi dan rentang ukur turbidity meter
    Untuk metode kalibrasi yang digunakan beragam namun biasanya digunakan metode kalibrasi : MK-TU, ISO 7027-1:2016, IK-KL-AN07
    Dengan Rentang Ukur: <0.1NTU, 20NTU, 100NTU, 800NTU, 4000NTU, 0.5NTU, 1000NTU
  5. Pengaktualan kalibrasi alat turbidity meter
    Melakukan kalibrasi awal dengan cara mengamati turbidity meter masih berfungsi secara normal. Kemudian melakukan pembersihan dan penyetelan ulang turbidity meter dan melakukan hasil pengukuran untuk dicatat ke dalam format yang sudah dirancang.
  6. Perhitungan dari hasil kalibrasi
    Setelah mendapatkan hasil pengukuran maka akan dilakukan perhitungan yang akan dicari nilai penyimpangan, koreksi, konversi satuan, rentang ukur, hingga persamaan regresi.
  7. Pembuatan Hasil laporan kalibrasi
    Dari perhitungan dan kalibrasi diatas maka hasil akhirnya akan dijadikan sebagai laporan yang sesuai dengan isi pedoman SNI 19-17025.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Turbidity Meter

Adapun parameter yang dijadikan hasil kalibrasi turbidity meter adalah hasil pengukuran, perhitungan data, dan penentuan ketidakpastian. Kemudian dikeluarkanlah hasil kalibrasi dalam bentuk sertifikat yang menentukan bahwa alat tersebut sudah layak pakai.

Kesimpulan

Demikian bahasan kita kali ini tentang bagaimana cara kalibrasi turbidity meter secara benar dan sesuai pedoman. Jika Anda tidak ingin repot melakukan kalibrasi sendiri, hendaknya dilakukan di jasa kalibrasi yang terpercaya seperti Kalibrasi.com 

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi turbidity meter