Proses Serta Langkah-langkah Kalibrasi Gas Emisi

kalibrasi gas emisi

Biasanya, dalam sebuah industri yang memang menggunakan alat-alat yang berat dan juga untuk alat produksi, akan ada yang namanya cerobong asap yang biasanya digunakan untuk membuang asap pembakaran atau gas emisi. Perindustrian memang harus cukup concern dengan hal tersebut, pembuangan gas emisi harus dilakukan kalibrasi agar tidak ada yang namanya kesalahan dalam membuang gas emisi.

Dalam perindustrian dan juga dalam peraturan lalu lintas di Indonesia pun juga gas emisi ini harus dilakukan kalibrasi. Anda harus melakukan kalibrasi untuk gas emisi secara rutin dan juga harus adanya concern yang lebih mengenai hal ini. Jika Anda berkata kalau proses kalibrasi gas emisi ini mudah, Anda salah besar. Ternyata justru ada proses dan langkah-langkah dalam melakukan kalibrasi gas emisi. Bagaimana caranya?

Tujuan Kalibrasi Gas Emisi 

Gas emisi harus selalu dilakukan kalibrasi. Jika resiko bagi alat uji yang tak dikalibrasi yakni dapat menyebabkan kendaraan yang sudah diuji di unit pengujian kendaraan bermotor tak terukur secara cermat/tak layak untuk jalan dan alhasil nanti dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas yang dapat merenggut nyawa pengendara atau orang lain disekitarnya. 

Oleh karena itu sungguh-sungguh perlu dan diwajibkan untuk dikerjakan kalibrasi secara terjadwal sesuai dengan aturan yang berlaku untuk gas emisi ini.

Manfaat Kalibrasi Gas Emisi?

Gas emisi yang dilakukan kalibrasi secara rutin mema mendatangkan manfaat yang tidak terasa sama sekali dan tak terlihat. Akan tetapi, gas emisi yang bisa dikalibrasikan dengan benar akan dapat menghitung berapa besaran gas buang yang dikeluarkan dari sebuah pabrik, atau dari sebuah kendaraan bermotor.

Dengan adanya kalibrasi, maka gas kotor tersebut bisa diatasi dengan baik yang membuat lingkungan sekitar menjadi sehat.

Cara Kalibrasi Gas Emisi

Bagaimana? Sudah tahu tujuan dan juga manfaat dari diadakannya kalibrasi gas emisi? Sekarang adalah Anda sendiri yang mungkin akan melakukannya jika memiliki alat untuk mengecek gas emisi ini. 

Ada beberapa cara atau langkah yang harus dilewati dalam kalibrasi gas emisi, yaitu:

  1. Melakukan persiapan sebelum melakukan kalibrasi
    Cara yang pertama adalah dengan melakukan persiapan. Persiapan ini bisa dalam artian mempersiapkan gas emisi dan juga alat-alat untuk dilakukannya kalibrasi.
  2. Pelaksana yang terpercaya dalam kalibrasi gas emisi
    Selanjutnya Anda harus mempercayakan kepada pelaksana yang memang sudah berpengalaman dan juga bersertifikasi dalam mengkalibrasi gas emisi.
  3. Validasi situasi lingkungan saat kalibrasi gas emisi
    Anda harus memperhitungkan wilayah sekitar seperti suhu dan juga kelembapan. Karena gas analyzer erat kaitannya juga dengan udara, maka memang harus sangat concern tentang hal ini.
  4. Langkah – Langkah dalam melakukan kalibrasi dan rentang ukur gas emisi
    Lalu, pelaksana akan mempersiapkan metode dan juga rentang ukur gas emisi yang nantinya akan menjadi parameter dari pelaksanaan kalibrasi.
  5. Pengaktualan kalibrasi alat gas emisi
    Kalau sudah, akan dilakukan metode dan juga rentang ukur tersebut untuk kalibrasi gas emisi.
  6. Perhitungan dari hasil kalibrasi
    Dalam pengaktualan nanti akan keluar hitungannya dari dilakukannya kalibrasi gas emisi.
  7. Pembuatan Hasil laporan kalibrasi
    Perhitungan tadi nantinya akan disusun dengan rapih dan dengan standar yang berlaku juga. Hasil laporan kalibrasi adalah sertifikat kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Gas Emisi

Petugas kalibrasi sesuai Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP.1954/AJ502/DRJD/2019 yang berisikan tentang Tata Cara Kalibrasi Peralatan Uji Berkala Kendaraan Bermotor pasal 1 ayat (2):

Orang yang telah memiliki kompetensi diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan tugas kalibrasi peralatan uji berkala kendaraan bermotor.

Dalam pasal 3 ayat (1) dijelaskan bahwa petugas kalibrasi merupakan ASN di lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. Jadi kalibrasi gas emisi memang sangat penting!

Kesimpulan

Itulah tadi proses serta langkah-langkah untuk melakukan kalibrasi alat ukur berupa gas emisi. Dengan adanya concern yang ketat dengan gas emisi, jika Anda mencari jasa kalibrasi gas emisi yang sesuai dengan perundang-undangan dan juga bersertifikat sebaiknya Anda pilih Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi gas emisi