Persiapan dan Pelaksanaan Kalibrasi Torsi Meter

kalibrasi Torsi Meter

Dalam dunia industri memang akan sangat banyak sekali instrumen termasuk yang sampai berguna untuk mengukur sebuah gaya, salah satunya adalah torsi meter.

Apakah Anda pernah mendengar tentang sensor ini? Torsi meter ini merupakan jenis transduser, khususnya transduser torsi yang mengubah pengukuran torsi (reaksi, dinamis, atau putar) menjadi variabel fisik lain, dalam hal ini, menjadi sinyal listrik yang dapat diukur, diubah, dan distandarisasi. Saat torsi diterapkan ke sensor meningkat, sinyal output listrik berubah secara proporsional.

Karena ini adalah salah satu instrumen yang mengindikasikan sebagai sensor, pasti ini adalah alat kelistrikan. Alat kelistrikan akan sangat rentan yang namanya aus dan juga error yang mengakibatkan perhitungan menjadi salah. Maka dari itu, perlu adanya kalibrasi untuk torsi meter ini.

Tujuan Kalibrasi Torsi Meter

Jadi, torsi meter yang memang sudah dilakukan kegiatan atau pengukuran secara terus menerus akan bisa jadi menyebabkan beberapa part mengalami kerusakan entah itu karena guncangan, air, atau memang ada beberapa part yang sudah aus.

Tujuan dari kalibrasi sebenarnya bukan hanya berbicara tentang agar hasil perhitungannya jadi normal kembali dan juga mengetahui deviasinya. Melainkan ini juga bertujuan apakah memang masih layak torsi meter ini digunakan atau tidak.

Manfaat Kalibrasi Torsi Meter

Dengan adanya tujuan kalibrasi torsi meter tersebut, maka sudah pasti manfaat yang didapatkan adalah untuk keamanan dalam pekerjaan dan juga agar tidak adanya kerugian yang terjadi karena adanya kesalahan perhitungan.

Secara garis besar memang itu saja manfaat dari kalibrasi untuk setiap instrumen yang ada termasuk untuk torsi meter. Sebegitu penting nya memang kalibrasi untuk torsi meter.

Cara Kalibrasi Torsi Meter

Jadi, bagaimana caranya kalau begitu untuk kalibrasi torsi meter? Tenang, kali ini kita akan membahasnya. Berikut ini adalah prosedur dari kalibrasi torsi meter yang harus dilakukan.

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Yang pertama adalah dengan mempersiapkan berbagai macam alat yang digunakan untuk melakukan kalibrasi torsi meter. Persiapan ini adalah yang paling penting karena titik awal dari keberhasilan kalibrasi dan lancarnya ada di sini.
  2. Persiapkan teknisi kalibrasi
    Selanjutnya adalah teknisi kalibrasi harus bersiap-siap dengan pekerjaannya. Teknisi ini adalah orang yang sudah bersertifikat untuk bisa melakukan kalibrasi torsi meter.
  3. Pengkondisian Lingkungan kalibrasi
    Lokasi yang digunakan untuk kalibrasi torsi meter juga harus diperhatikan. Ini sangat penting karena lingkungan yang dipengaruhi oleh berbagai macam halangan akan mengakibatkan hasil kalibrasi torsi meter tidak valid 100%.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Perhatikan juga metode yang akan digunakan dalam kalibrasi torsi meter. Metode harus merupakan yang sesuai standar internasional atau setidaknya sesuai standar nasional.
  5. Pelaksanaan kalibrasi Torsi Meter
    Setelah itu tinggal dilakukan kalibrasi torsi meter yang sudah sesuai dengan metode yang digunakan.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Pengamatan dan perhitungan adalah langkah selanjutnya untuk bisa menentukan hasil dan juga pembuatan laporan.
  7. Pembuatan laporan
    Setelah selesai untuk pelaksanaan kalibrasi torsi meter selanjutnya adalah dengan membuat laporan yang mengindikasikan jika torsi meter sudah dikalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Torsi Meter

Torsi meter yang sudah menjadi salah satu yang sangat penting. Laporan ini akan menghasilkan sertifikat kalibrasi yang hasil dari kalibrasi bisa dipertanggungjawabkan asalkan Anda memilih laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi dan juga mengikuti prosedur kalibrasi seperti yang sudah disebutkan di atas tadi.

Penting sekali untuk memahami bagaimana untuk bisa mendapatkan laboratorium kalibrasi yang terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Kesimpulan

Bagaimana? Sudah tahu belum persiapan dan juga pelaksanaan dalam kalibrasi torsi meter? Tentunya dengan ini Anda jadi paham bukan jika kalibrasi ini merupakan Tindakan atau kegiatan yang dilakukan sesuai dengan prosedur dan standar yang berlaku.

Maka dari itu, jika Anda mencari jasa kalibrasi torsi meter yang memang mengikuti prosedur dan juga standar yang berlaku secara nasional dan juga internasional, silahkan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Torsi Meter