Pentingnya Kalibrasi Torque Meter untuk Screw Scrap Tester

kalibrasi Torque Meter untuk Screw Scrap Tester

Torque Meter untuk Screw Scrap Tester atau torsi meter ini adalah sejenis alat ukur yang difungsikan sebagai alat uji dan juga alat kalibrasi alat torsi terkontrol.

Umumnya torsi ini terbagi menjadi 2 jenis yakni torsi statis dan dinamis. Dalam fungsinya torsi meter ini berguna untuk menguji torsi atau kekuatan yang diperlukan untuk membuka atau menutup suatu penutupe. Misalnya pada sekrup yang ada pada sebuah wadah seperti produk medis, kosmetik, ataupun minuman.

Torsi ini perlu diukur karena perancangan atau desain sebuah mesin tentu akan menentukan poros putarnya sehingga mengetahui nilai poros, baling-baling, ataupun bagian berputar lainnya pada mesin atau produk yang sesuai dengan spesifikasinya.

Selain itu menghitung torsi juga agar menghindari dari ukuran torsi yang berlebih yang mana bisa menyebabkan kerusakan ataupun kegagalan sistem. Maka dari itu alat ukur torsi meter ini harus dikalibrasi sesuai dengan standar internasional.

Tujuan Kalibrasi Torque Meter untuk Screw Scrap Tester

Tujuan kalibrasi Torque Meter untuk Screw Scrap Tester adalah untuk menentukan nilai kebenaran pada torsi meter dengan cara membandingkan dengan standar ukur.

Biasanya kalibrasi ini proses menyesuaikan hasil ataupun indikasi tertentu dari alat ukur torsi meter pengukuran supaya sesuai dengan besaran dari kualifikasi standar yang akurat.

Manfaat Kalibrasi Torque Meter untuk Screw Scrap Tester

Manfaat kalibrasi Torque Meter untuk Screw Scrap Tester adalah untuk:

  • Mendukung dan menerapkan kualitas yang terbaik dalam produksi di sektor industri yang menggunakan alat Torque Meter untuk Screw Scrap Tester.
  • Mengetahui seberapa nilai penyimpangan atau perbedaan antara nilai hasil pengukuran Torque Meter untuk Screw Scrap Tester dengan nilai yang sesuai standar.

Cara Kalibrasi Torque Meter untuk Screw Scrap Tester

Untuk menghasilkan kalibrasi Torque Meter untuk Screw Scrap Tester yang maksimal maka dibutuhkan prosedur kalibrasi yang sesuai dengan pedoman standar internasional yakni:

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Proses persiapan ini mencakup persiapan peralatan yang akan digunakan untuk mengkalibrasi, serta Torque Meter untuk Screw Scrap Tester yang akan dikalibrasi masih bisa digunakan secara normal.
  2. Persiapkan operator kalibrasi yang terlatih
    Dalam melakukan kalibrasi hendaknya dilakukan oleh orang yang berkompeten dalam urusan kalibrasi, minimal didampingi oleh orang yang sudah berpengalaman dalam melakukan kalibrasi Torque Meter untuk Screw Scrap Tester.
  3. Pengkondisian Lingkungan kalibrasi
    Pengkondisian lingkungan kalibrasi ini adalah hal yang cukup penting. Karena tidak sedikit kondisi lingkungan bisa mempengaruhi hasil kalibrasi seperti misalnya getaran yang bisa menyebabkan kalibrasi Torque Meter untuk Screw Scrap Tester terganggu.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Metode Kalibrasi untuk torsi meter haruslah sesuai dengan standar kalibrasi internasional.
    IK-KM-GB03, IK-KM-GB04, BS EN ISO 6789-1:2017, BS EN ISO 6789-2:2017, MK-TM; ASTM D3474-90(2018)
    Rentang Ukur
    0.1 N.m ~ 10 N.m
    11 N.m ~ 100 N.m
    101 N.m ~ 200 N.m
    0.1 N.m ~ 50 N.m
    51 N.m ~ 350 N.m
    351 N.m ~ 550 N.m
    551 N.m ~ 800 N.m
    801 N.m ~ 2000 N.m
  5. Pelaksanaan kalibrasi
    Pelaksanaan kalibrasi ini bisa dilakukan dengan melakukan pengamatan terhadap Torque Meter untuk Screw Scrap Tester yang akan dikalibrasi bahwa masih memiliki bentuk dan fungsi yang normal, kemudian dilakukan pengujian pengukuran untuk mengetahui hasilnya masih dalam rentang ukur yang wajar atau tidak. Lalu dilakukan pencatatan dan pengambilan data yang mana menggunakan format yang sudah dirancang.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Setelah melakukan kalibrasi tadi maka akan dilakukan perhitungan berdasarkan dari hasil pengujian yang sudah dilakukan sebelumnya. Perhitungan ini akan menentukan berapa nilai penyimpangan, nilai rata-rata, dan nilai maksimum-minimum yang akan dijadikan acuan dalam menentukan nilai ketidakpastian di pelaporan.
  7. Pembuatan laporan
    Tahapan pelaporan ini berisikan tentang berbagai informasi tentang bagaimana nilai ketidakpastian yang dihasilkan dan juga memutuskan atau kesimpulan terhadap tindak lanjut dari alat Torque Meter untuk Screw Scrap Tester ini.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Torque Meter untuk Screw Scrap Tester

Parameter dan hasil dari kalibrasi Torque Meter untuk Screw Scrap Tester ini akan berbentuk sertifikat yang mana menjadi petunjuk bahwa alat Torque Meter untuk Screw Scrap Tester ini sudah pernah dikalibrasi. Setelah itu kalibrasi akan menghasilkan nilai hasil pengukuran Torque Meter untuk Screw Scrap Tester ini sudah disesuaikan dengan nilai ketertelusuran dari standar yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa diambil dari bahasan diatas adalah bahwa kalibrasi Torque Meter untuk Screw Scrap Tester ini memang harus dilakukan sesuai pedoman standar internasional.

Hal ini dikarenakan agar hasil pengukuran Torque Meter untuk Screw Scrap Tester sudah sesuai dan sama dengan alat ukur yang memiliki nilai konvensional dengan standar yang lebih tinggi.

Jika Anda ingin melakukan kalibrasi bisa juga menggunakan jasa kalibrasi Torque Meter untuk Screw Scrap Tester terpercaya yakni di Kalibrasi.com atau silahkan segera klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Torque Meter untuk Screw Scrap Tester