Teknik Melakukan Kalibrasi Shaker Sesuai Prosedur yang Benar

kalibrasi Shaker

Model elektro-mekanis sederhana dari shaker elektrodinamik berguna untuk memprediksi kebutuhan listrik shaker dalam pengujian getaran. Sebuah parameter yang disamakan, model multiple degree-of-freedom cukup dapat menangkap sebagian besar fitur listrik dan mekanik shaker yang menarik.

Shaker berguna sekali dalam dunia laboratorium, mereka biasanya digunakan untuk mencampurkan larutan yang satu dengan yang lainnya. Shaker yang digunakan secara terus menerus biasanya mengalami keausan dan getarannya jadi tidak presisi sesuai dengan yang ditampilkan di layar.

Untuk itu, Anda harus melakukan kalibrasi shaker secara rutin. Bagaimana tekniknya? Mari kita bahas!

Tujuan Kalibrasi Shaker

Shaker elektrodynamik dapat didekati sebagai sistem coupled electromechanical multiple degree-of-freedom (MDOF). Tujuan yang jelas dalam hal kalibrasi shaker tentu saja adalah untuk mendapatkan getaran yang memang sesuai dan juga presisi.

Getaran yang dihasilkan dari mesin shaker elektrodinamik ini harus dilakukan oleh kalibrator yang khusus demi mendapatkan manfaat yang jelas.

Manfaat Kalibrasi Shaker

Seperti yang sudah Anda ketahui, kalibrasi dapat dijelaskan secara singkat sebagai aktivitas di mana instrumen yang diuji dibandingkan dengan nilai referensi yang diketahui.

Pada tingkat yang paling sederhana, kalibrasi adalah perbandingan antara pengukuran sebagai salah satu besaran atau kebenaran yang diketahui dibuat atau diatur dengan satu perangkat, dan pengukuran lain dibuat dengan cara yang semirip mungkin dengan perangkat kedua. 

Perangkat shaker yang dengan kebenaran yang diketahui atau ditugaskan disebut bisa sesuai dengan standar yang berlaku.

Cara Kalibrasi Shaker

Kalibrasi shaker harus dilakukan dengan cara yang terstruktur dengan lembar kerja yang sangat jelas. Untuk melakukan kalibrasi shaker, harus mengikuti beberapa tahapan berikut ini:

  1. Proses persiapan
    Langkah pertama adalah dengan melakukan persiapan. Persiapan ini bisa berupa perisapan apa saja peralatan yang digunakan untuk kalibrasi dan juga metode apa yang sekiranya akan digunakan.
  2. Pelaksana kalibrasi Shaker
    Selanjutnya adalah dengan memulai kalibrasi shaker. Pelaksanaan ini harus sesuai dengan standar yang berlaku agar mendapatkan perhitungan yang tepat. 
  3. Pengecekan kondisi lingkungan saat kalibrasi Shaker
    Kondisi lingkungan saat kalibrasi shaker sangat penting. Hal ini berguna untuk mendapatkan hasil sebenarnya ada faktor pengaruh lain atau tidak yang bisa saja membuat keabsahan dari hasil kalibrasi.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Shaker
    Metode yang digunakan untuk kalibrasi shaker ini harus juga sesuai. Metode yang paling tepat harus dipilih agar mendapatkan hasil yang presisi.
  5. Pelaksanaan kalibrasi Shaker
    Kalibrasi bisa dilakukan setelah semua pelaksanaan di atas sudah dilakukan. Proses ini memakan waktu yang memang lama dan juga dilakukan sesuai dengan standar yang berlaku untuk kalibrasi shaker.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Setelah dilakukan kalibrasi, selanjutnya keluarlah yang namanya hasil kalibrasi. Perhitungan ini juga terkait dengan faktor ruangan yang akan dimasukkan ke dalam hasil kalibrasi shaker.
  7. Pembuatan laporan
    Setelah selesai, buatlah laporan yang disesuaikan dengan standar ISO/IEC 17025:2017 yang pasti semua laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi paham betul.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Shaker

Teknik kalibrasi shaker ini dapat menggunakan berbagai teknik menyajikan model parameter yang disamakan dari shaker dan menyediakan metode terperinci untuk mendapatkan berbagai parameter yang tidak diketahui menggunakan pengukuran dengan konfigurasi shaker tertentu dan ekspresi yang dikurangi untuk model yang berlaku untuk frekuensi dengan rentang tertentu.

Setidaknya, sertifikat kalibrasi shaker yang sesuai dengan standar dapat dibaca dan diketahui dengan baik oleh Anda.

Kesimpulan

Kalibrasi shaker memang tidak bisa dilakukan sendiri. Ada kalibrator dan juga laboratorium kalibrasi yang paham betul tentang bagaimana caranya karena mereka sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional. 

Anda bisa klik tombol di bawah ini untuk mendapatkan jasa kalibrasi shaker yang terpercaya dan juga sudah terjamin laboratorium kalibrasinya terakreditasi.

Jasa kalibrasi Shaker