Pentingnya Kalibrasi N20 Analyzer, Wajib Tahu!

kalibrasi N20 Analyzer

Prosedur kalibrasi sudah pasti tidak asing lagi dilakukan pada kegiatan industri yang membutuhkan pengukuran dalam proses produksi. Peranan prosedur kalibrasi ini pun tidak main-main, karena berkaitan dengan jaminan mutu dan keselamatan kerja. 

Di dalam pelaksanaannya prosedur kalibrasi pasti menyangkut pada teknik yang diterapkan untuk mencapai keakuratan pengukuran. Salah satunya adalah kalibrasi N20 analyzer yang akan membantu mendeteksi dan mengukur senyawa gas. Untuk lebih lengkapnya mengenai kalibrasi N20 analyzer, simak pembahasan berikut ini 

Tujuan Kalibrasi N20 Analyzer

Seperti yang umum dilakukan dalam kegiatan industri peralatan yang digunakan dalam proses produksi dibutuhkan validasi keakuratan pengukuran senyawa gas salah satunya N20

Dengan melakukan kalibrasi N20 analyzer akan membantu Anda membandingkan langsung alat ukur dengan acuan alat standar yang tertelusur ke sistem satuan internasional.

Manfaat Kalibrasi N20 Analyzer

Dari penjelasan sebelumnya dapat diketahui bahwa kalibrasi N20 analyzer bermanfaat  untuk memastikan bahwa pengukuran yang dilakukan telah akurat dan dapat diandalkan. 

Beberapa dampak baik yang didapatkan ketika kalibrasi N20 dilakukan seperti mengetahui terjadinya penyimpangan  dan kualitas hasil pengukuran dengan standar yang berlaku.

Cara Kalibrasi N20 Analyzer

Seperti pada umumnya sebuah prosedur pasti memiliki tahapan atau cara-cara tertentu. Terlebih prosedur kalibrasi bukanlah prosedur bukan sembarangan dalam pelaksanaannya.

Oleh karenanya terdapat beberapa tahapan atau cara-cara yang wajib diketahui oleh pelaksana kalibrasi cara-cara tersebut antara lain : 

  1. Proses Persiapan
    Proses persiapan diawali dengan memastikan bahwa alat ukur yang dikalibrasi dalam keadaan baik dan siap untuk dikalibrasi. Anda harus memastikan bahan acuan yang digunakan sama dengan bahan yang akan dikalibrasi karena hal ini juga akan mempengaruhi metode yang digunakan. 
  2. Pelaksana kalibrasi N20 Analyzer
    Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasannya prosedur kalibrasi bukanlah prosedur yang mudah dilakukan. Oleh karena itu menunjuk pihak pelaksana kalibrasi yang berkompeten sama pentingnya. Pelaksana kalibrasi harus memiliki latar belakang pendidikan yang di bidang kalibrasi atau minimal telah menyelesaikan kursus khusus kalibrasi. Hal ini bukan tanpa alasan seorang pelaksana kalibrasi membutuhkan ketelitian dan pengetahuan mengenai prosedur kalibrasi. 
  3. Pengecekan Kondisi Lingkungan saat Kalibrasi N20 Analyzer
    Tahapan selanjutnya setelah adalah pengecekan kondisi lingkungan tempat pelaksanaan kalibrasi. Pengecekan kondisi lingkungan perlu dilakukan, agar tidak memengaruhi peralatan atau bahan ukur yang akan dikalibrasi. Kondisi lingkungan yang tidak mendukung prosedur kalibrasi akan berpengaruh pada hasil pengujian kalibrasi seperti perubahan suhu ruang, cahaya matahari, dan temperatur udara yang dapat mempengaruhi hasil analisis. 
  4. Metode Kalibrasi dan Rentang Ukur N20 Analyzer
    Jika membahas mengenai tentang pengujian pastinya akan berkaitan dengan metode yang diterapkan. Dalam hal ini metode yang digunakan untuk kalibrasi N20 analyzer adalah IK.TUT-01. Berikut ini instrumen analitik kalibrasi N20 berdasarkan rentang ukurnya : 10 ppm, 50 ppm, 100 ppm, 500 ppm
  5. Pelaksanaan Kalibrasi N20 Analyzer
    Tahapan pelaksanaan dalam kalibrasi N20 Analyzer dimulai dengan pengambilan sampel dan data analisis yang melibatkan alat dan bahan kalibrasi untuk diuji berdasarkan standar yang berlaku pada tahapan ini menjadi prosedur yang membutuhkan ketelitian karena akan berpengaruh pada langkah selanjutnya yaitu perhitungan. 
  6. Perhitungan Hasil Kalibrasi
    Seperti yang telah dijelaskan diatas pengambilan data analisis membutuhkan ketelitian karena kesalahan kecil dapat berakibat fatal pada tahap perhitungan. Tahapan ini menjadi sangat penting dilakukan untuk menghasilkan data analisis yang tertelusur dan terbukti keakuratannya. Jika hasil pengukuran tidak sesuai, periksa apakah alat dan bahan kalibrasi sudah benar-benar baik digunakan atau jika tidak ada solusi maka kemungkinan besar  kalibrasi harus dilakukan ulang.
  7. Pembuatan Laporan
    Setelah selesai dengan rangkaian prosedur kalibrasi diatas  langkah selanjutnya adalah menyusun laporan kalibrasi N20 Analyzer. Penyusunan harus berdasarkan data hasil kalibrasi secara objektif dan format yang telah ditentukan. Apabila pembuatan laporan tersebut telah sesuai dengan format penulisan, kepala lembaga atau laboratorium tempat kalibrasi akan mengesahkan laporan tersebut untuk digunakan sebagai dokumen kalibrasi. 

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil kalibrasi N20 Analyzer

Berdasarkan penjelasan yang telah disampaikan parameter dan hasil kalibrasi dapat berupa nilai objek yang diukur, dan seberapa besar nilai toleransi dari pengukuran tersebut

Parameter tersebut dapat Anda ketahui melalui data sertifikat kalibrasi yang menyatakan akurasi alat semakin baik, dan kelayakan digunakan.

Kesimpulan 

Demikianlah pembahasan mengenai Kalibrasi N20 Analyzer yang pada dasarnya sebuah prosedur kalibrasi yang diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan industri akan kalibrasi senyawa gas. 

Untuk Anda yang masih bingung memilih jasa kalibrasi N20 analyzer temukan kebutuhan jasa kalibrasi Anda hanya di Kalibrasi.com, jasa kalibrasi yang telah terakreditasi dan terpercaya

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi N20 Analyzer