Langkah-Langkah Melakukan Kalibrasi Medical Gas Analyzer

kalibrasi medical gas analyzer

Dalam dunia kesehatan medical gas analyzer merupakan alat yang memiliki fungsi serta kegunaan yang sangat penting. Medical gas analyzer sendiri juga disebut alat uji emisi gas buang. Medical gas analyzer adalah instrument atau alat yang digunakan untuk mengukur proporsi dan komposisi dari gabungan gas. Medical gas analyzer ini sendiri di dunia medis digunakan untuk mengoptimalkan proses produksi dan safety.

Mengingat sangat pentingnya alat ini, jelas penting untuk rutin dilakukan kalibrasi. Kalibrasi pada medical gas analyzer sendiri jelas akan sangat dibutuhkan terlebih untuk menjaga hasil pengukuran medical gas analyzer tetap akurat dan sesuai dengan semestinya. Selain menjaga medical gas analyzer agar tetap akurat, tujuan dilakukan kalibrasi untuk apa? 

Tujuan Kalibrasi Medical Gas Analyzer

Tujuan dilakukan kalibrasi medical gas analyzer sendiri selain untuk menjaga keakuratan hasil tentunya juga untuk merawat alat ini agar tidak rusak ataupun mengalami malfungsi. Tidak hanya itu saja, dilakukannya kalibrasi ini akan mengurangi biaya pengadaan medical gas analyzer yang disebabkan faktor kerusakan komponen karena senantiasa digunakan tanpa adanya perawatan yang baik dan benar tentunya.

Manfaat Kalibrasi Medical Gas Analyzer?

Cukup banyak manfaat yang akan didapatkan ketika melakukan kalibrasi medical gas analyzer secara rutin dengan baik dan benar. Selain untuk mengantisipasi hasil pengukuran yang kurang akurat, ada beberapa manfaat lainnya dari kalibrasi medical gas analyzer, diantaranya :

  • Menjaga kualitas proses dan hasil pengukuran medical gas analyzer
  • Mengetahui penyimpangan yang terjadi dalam bentuk hasil pengukuran
  • Memberikan jaminan terhadap hasil pembacaan pengukuran
  • Mendukung sistem mutu ISO

Cara Kalibrasi Medical Gas Analyzer

Demi memperoleh hasil kalibrasi yang maksimal maka diperlukan cara kalibrasi yang baik dan benar. Berikut ini cara kalibrasi medical gas analyzer yang benar dan sesuai dengan anjuran ISO :

  1. Proses persiapan
    Melakukan persiapan medical gas analyzer yang akan dilakukan proses kalibrasi. Selain menyiapkan medical gas analyzer, siapkan juga alat yang akan digunakan untuk proses kalibrasi.
  2. Operator kalibrasi medical gas analyzer
    Untuk melakukan proses kalibrasi ini, selalu pilih orang yang ahli di bidang kalibrasi medical gas analyzer atau penyedia jasa medical gas analyzer terpercaya yang sudah terakreditasi KAN.
  3. Pengecekan kondisi lingkungan saat melakukan kalibrasi medical gas analyzer
    Melakukan pengecekan kondisi lingkungan yang meliputi suhu serta kelembaban. Hal ini memiliki tujuan untuk menjaga kualitas kalibrasi yang maksimal karena ada beberapa alat kalibrasi yang mudah terpengaruh oleh suhu serta kelembaban.
  4. Langkah – Langkah melakukan kalibrasi dan rentang ukur dari medical gas analyzer
    Melakukan kalibrasi medical gas analyzer juga harus sesuai dengan standar kalibrasi. Untuk kalibrasi medical gas analyzer ini sendiri menggunakan metode kalibrasi sesuai dengan ISO.
  5. Pelaksanaan kalibrasi medical gas analyzer
    Melakukan pengamatan pada instrument medical gas analyzer apakah memiliki bentuk yang masih normal dan berfungsi atau sebaliknya. Menyetel atau mereset pada titik nol. Proses pelaksanaan medical gas analyzer sebaiknya dilakukan pada pagi hingga siang hari. 
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Melakukan penghitungan dengan menghitung nilai maksimal-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan dan juga menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan hasil laporan
    Pembuatan hasil laporan ini sendiri mengacu pada pedoman SNI 19-17025 dengan melakukan pengambilan data dan juga pengesahan laporan oleh kepala laboratorium atau pihak yang ditunjuk.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Medical Gas Analyzer

Tentunya setelah dilakukan proses kalibrasi, performa medical gas analyzer akan kembali meningkat dan sesuai dengan standar. Bahkan tidak hanya itu saja, beberapa hasil parameter seperti berikut juga akan didapat :

  • Mengetahui nilai obyek yang diukur
  • Mengetahui besarnya nilai penyimpangan
  • Mengetahui angka ketidakpastian pengukuran

Kesimpulan 

Selalu lakukan proses kalibrasi pada medical gas analyzer secara rutin dan tentunya juga ketika anda sudah merasa ragu akan hasil pengukuran dari medical gas analyzer.

Anda bisa melakukan proses kalibrasi medical gas analyzer ini 1 hingga 2 tahun sekali. Untuk anda yang saat ini sudah saatnya melakukan kalibrasi medical gas analyzer, anda bisa menggunakan jasa dari kalibrasi.com yang tentunya sudah terakreditasi KAN dan sudah sesuai dengan standar ISO.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi medical gas analyzer