Mengenal Kalibrasi Multimeter dan Cara Kalibrasinya

kalibrasi multimeter

Apakah Anda dulu pernah mengecek pada batu baterai apakah baterai ini masih ada dayanya atau tidak? Pasti Anda menggunakan sebuah alat yang bentuknya kotak dan ada kabel hitam dan putih bukan?

Ya, itu memang benar dan itu adalah alat yang dinamakan multimeter. Multimeter sendiri adalah sebuah alat ukur kelistrikan yang mampu untuk mengukur tiga jenis besaran listrik yaitu arus listrik, tegangan listrik, dan hambatan listrik.

Multimeter ini ternyata juga dilakukan yang namanya kalibrasi. Memang penggunaannya tidak terlalu kompleks seperti untuk kegiatan industri. Tapi untuk skala keamanan, mungkin multimeter adalah salah satu alat ukur kelistrikan yang sangat penting. Bagaimana cara melakukan kalibrasi pada multimeter? Mari kita cari tahu sekarang juga!

Tujuan Kalibrasi Multimeter 

Multimeter atau biasa juga disebut dengan AVO-meter yang merupakan singkatan dari satuan Ampere, Volt, dan Ohm, adalah alat yang harus dilakukan kalibrasi.

Mungkin untuk kalibrasi alat ukur yang lain, memang terkesan sangat penting. Tapi untuk multimeter ini sebenarnya jika digunakan untuk kegunaan rumahan saja, jangka waktu untuk dilakukan kalibrasi memang tidak sesering itu.

Multimeter biasanya dilakukan kalibrasi ketika memang sudah tidak valid lagi atau dipertanyakan hasil hitungan arus listriknya. Dengan adanya kalibrasi, maka hasil dari penghitungan tersebut akan bisa dipercaya dan juga demi keamanan dan keselamatan saja.

Manfaat Kalibrasi Multimeter

Sedangkan untuk manfaatnya sendiri, kalibrasi multimeter tentu saja sudah jelas agar kita tahu apakah terdapat deviasi pada multimeter tersebut. kita tidak tahu pasti apakah ada kesalahan atau penyimpangan hasil pengukuran. Tapi dengan kalibrasi, semua itu bisa diketahui.

Kalibrasi multimeter yang bagus tentu akan membuat Anda bisa tahu. Akan tetapi, demi mendapatkan manfaat kalibrasi multimeter yang pasti, Anda harus tahu juga bagaimana caranya.

Cara Kalibrasi Multimeter

Untuk mengkalibrasi multimeter, sebenarnya akan sangat mudah jika Anda mempercayakan kepada jasa kalibrasi multimeter. Akan tetapi, jika Anda ingin tahu apa yang akan dilakukan pada multimeter yang di kalibrasi, berikut adalah penjelasannya.

  1. Mempersiapkan Alat Kalibrasi
    Langkah pertama tentu saja adalah dengan mempersiapkan multimeter dan juga alat yang digunakan untuk kalibrasi.
  2. Operator Pelaksana Kalibrasi
    Dalam kalibrasi, perlu adanya operator pelaksana yang bertugas sebagai yang mengkalibrasi multimeter itu.
  3. Pengecekan situasi dan kondisi Multimeter
    Biasanya, hal yang akan dilakukan pertama kali sebelum dilakukan kalibrasi adalah dengan melakukan pengecekan situasi lingkungan dan juga kondisi dari multimeter tersebut.
  4. Langkah – Langkah Mengkalibrasi dan rentang ukur Multimeter
    Selanjutnya adalah melakukan kalibrasi dari multimeter. Akan dilakukan pemilihan metode yang sesuai dengan standar dan juga dengan rentang ukur yang menentukan apakah ada penyimpangan pengukuran atau tidak.
  5. Pelaksanaan Multimeter dengan benar
    Jika metode dan rentang ukur sudah bisa didapatkan, maka selanjutnya adalah pelaksanaan kalibrasi multimeter.
  6. Perhitungan kalibrasi
    Dalam pelaksanaan, akan dilakukan penghitungan kalibrasi yang nantinya akan dilakukan pengevaluasian.
  7. Pembuatan laporan
    Jika sudah, akan dibuatkan laporan. Laporan ini bersifat sertifikat kalibrasi multimeter yang menandakan multimeter sudah di tera ulang.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Multimeter

Parameter yang digunakan untuk kalibrasi multimeter sebenarnya di bagi menjadi dua tergantung dengan jenis dari multimeter tersebut.

Pada multimeter analog, proses kalibrasi adalah dengan membuat jarum menunjuk angka nol. Akan tetapi biasanya, untuk Multitester digital sebenarnya tidak perlu dikalibrasi sebelum digunakan untuk pengukuran suatu besaran. Pada dasarnya, caranya sama tapi jika belum digunakan sah saja untuk langsung digunakan tanpa harus di kalibrasi terlebih dahulu.

Kesimpulan

Multimeter yang dilakukan kalibrasi dengan rutin dan juga terjaga, membuat pengukurannya menjadi lebih akurat dan percaya. Maka dari itu, jika Anda memiliki multimeter dengan jenis apapun itu yang terkait dengan pekerjaan industrial, Anda bisa melakukan kalibrasi di jasa kalibrasi multimeter seperti Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi multimeter