Seperti Apa Cara Kalibrasi Microscope? Simak Disini!

kalibrasi Microscope

Pernahkah Anda pernah mendengar tentang kalibrasi microscope? Walaupun terdengar sangat remeh dan juga terdengar itu bukanlah sebuah hal yang tidak penting, tapi ternyata microscope juga perlu untuk dilakukan kalibrasi.

Tentu saja itu adalah hal yang sangat asing mengapa microscope yang digunakan untuk melihat objek yang sangat kecil itu harus dilakukan kalibrasi.

Kalibrasi mikroskop mencakup perbandingan kisi atau skala pada reticle lensa mata dengan tanda skala dari dimensi yang diketahui pada mikrometer panggung.

Garis skala pada reticle tidak mewakili satuan pengukuran standar, seperti milimeter atau mikrometer. Seperti apa sebenarnya kalibrasi dari microscope? Mari kita simak di sini!

Tujuan Kalibrasi Microscope

Kita tahu jika kalibrasi ini ada di reticle lensa matanya. Tujuan dari kalibrasi microscope ini adalah untuk mengetahui ukuran dari objeknya yang sangat kecil. Terkadang pengukuran ini akan bisa sekali salah atau mengalami deviasi jika digunakan secara terus menerus yang menyebabkan beberapa part menjadi aus.

Maka dari itu, untuk menghindari kesalahan dalam pengukuran dalam ukuran mikro, microscope harus dilakukan kalibrasi setidaknya untuk setiap tahun harus dilakukan kalibrasi untuk microscope.

Manfaat Kalibrasi Microscope

Jika microscope sudah dilakukan kalibrasi, pengukuran seperti milimeter dan juga mikrometer bisa sangat mudah sekali dilakukan dan dijamin presisi. Presisi untuk ukuran mili sampai dengan mikro ini Anda pasti tahu jika memang sangat sulit sekali karena sangat kecil.

Maka dari itu, biasanya untuk sebuah microscope, layanan jasa kalibrasi microscope yang sudah memiliki akreditasi adalah salah satu cara yang paling tepat untuk melakukannya karena dijamin presisi dan terpercaya. 

Cara Kalibrasi Microscope

Untuk bisa melakukan kalibrasi microscope, ada worksheet atau lembar kerja yang harus dilewati karena ini memang SOP untuk melakukan kalibrasi berbagai macam instrumen. Cara kalibrasi microscope adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan Alat
    cara pertama adalah dengan mempersiapkan berbagai macam peralatan yang digunakan untuk melakukan kalibrasi.
  2. Pelaksana Kalibrasi
    Pelaksana kalibrasi juga harus bersiap-siap. Pelaksana ini adalah hal yang paling penting karena mereka harus memiliki sertifikat untuk melakukan kalibrasi.
  3. Metode kalibrasi dan rentang ukur Microscope
    Selanjutnya adalah dengan memilih metode. Metode yang paling tepat untuk microscope adalah IK-KM-DM12, JIS B 7153:1995, ASTM E766-2014 dengan rentang ukur 5x ~ 100x dan 0mm ~ 20mm.
  4. Pelaksanaan dan pengamatan
    Selanjutnya adalah pelaksanaan dari metode yang sudah ada tersebut. Pengamatan juga harus dilakukan apakah masih layak digunakan atau tidak microscope yang sedang dikalibrasi tersebut.
  5. Perhitungan hasil kalibrasi
    Metode tersebut nantinya akan menghasilkan perhitungan yang menentukan apakah ada deviasi atau tidak.
  6. Pembuatan laporan
    Jika sudah, laporan akan dibuat. Laporan ini berdasarkan standar ISO dan yang merupakan sertifikat resmi yang dipercaya.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Microscope

Teknisi sepenuhnya memenuhi syarat untuk memberikan kalibrasi reticle dengan keandalan yang Anda butuhkan. Layanan kalibrasi mikroskop standar yang bagus adalah yang juga mencakup layanan pembersihan dan pemeliharaan. 

Untuk menggunakan unit-unit ini untuk mengukur suatu objek dengan mikroskop, kalibrasi reticle diperlukan untuk mengkalibrasi skala. Untuk menentukan hubungan antara “unit reticle” dan unit pengukuran standar, perbandingan dibuat antara tanda pada mikrometer panggung dan tanda pada reticle untuk menetapkan nilai aktual setiap tanda pada reticle. Skala pada mikrometer panggung disejajarkan dengan kisi-kisi pada reticle dan pembacaan dilakukan.

Saat objek diperbesar, ukuran gambar bertambah tetapi unit reticle tetap tidak berubah. Kalibrasi reticle mikroskop akan menentukan konversi untuk setiap level daya lensa objektif.

Kesimpulan

Walaupun memang caranya susah untuk melakukan kalibrasi untuk pengukuran yang sangat kecil seperti microscope, Anda tenang saja karena sejatinya ada jasa kalibrasi microscope yang bisa Anda percayakan. Dijamin terakreditasi oleh KAN dan juga terpercaya hasilnya, jasa tersebut adalah Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Microscope