Hal yang Diperhatikan Untuk Kalibrasi Mesin Uji Tarik

kalibrasi mesin uji tarik

Dalam sebuah perindustrian, termasuk seperti industri logam dan juga otomotif, biasanya ada alat atau mesin yang dinamakan mesin uji tarik. Mesin uji tarik yaitu alat pengujian yang berfungsi untuk menguji tegangan tarik (tensile test), uji tekan (compression test) dan uji lengkung (bending test) suatu material supaya dapat mengenal karakteristik atau seberapa kuat material benda tadi.

Alat ini umumnya digunakan pada bermacam bidang industri seperti logam, otomotif, riset, plastik, karet, composite, tekstil, bahan perekat, petrokimia, dan lainnya.

Sebagai mesin yang sudah termasuk sebagai alat ukur, dan juga digunakan untuk melakukan pengukuran yang termasuk pengukuran gaya, hal ini membuat mesin ini rentan terjadi yang namanya deviasi atau kesalahan dalam pengukuran atau kesalahan presisinya. Maka dari itu, mesin uji tarik ini jika digunakan secara terus menerus harus dilakukan kalibrasi.

Jika Anda ingin melakukan kalibrasi mesin uji tarik, ada beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan, apa saja itu?

Tujuan Kalibrasi Mesin Uji Tarik

Mesin uji tarik nantinya akan menampilkan nilai atau data maksimal daya pada material yang akan diuji. Selain itu juga bisa mengetahui perbandingan panjang objek sebelum dan sesudah progres dilaksanakan. Hal ini tentunya adalah pengukuran gaya yang termasuk ke dalam pengukuran yang ekstrem.

Tujuan dari melakukan kalibrasi mesin uji tarik tak lain dan tak bukan adalah mengembalikan fungsi dari mesin ini kembali seperti semula. Biasanya, jika digunakan secara terus menerus kekuatan tarikan dari mesin ini akan melemah. Dengan itulah kalibrasi dilakukan untuk mesin uji tarik.

Manfaat Kalibrasi Mesin Uji Tarik?

Mesin uji tarik yang biasa dilakukan kalibrasi secara rutin akan membuat mesin ini bisa berjalan dengan normal dan juga menghitung gaya dengan presisi. 

Kita sepakat jika kalibrasi membawa keuntungan positif, seperti pengurangan variasi sehubungan dengan spesifikasi teknis serta pemeliharaan preventif. Ini juga memastikan ketertelusuran pengukuran.

Cara Kalibrasi Mesin Uji Tarik

Ditinjau dari berbagai tujuan dan juga manfaat dari melakukan kalibrasi mesin uji tarik, maka apakah Anda sekaran tahu betapa pentingnya melakukan kalibrasi untuk instrumen ini? 

Jika Anda memutuskan untuk melakukan kalibrasi mesin uji tarik, proses kerjanya akan sebagai berikut:

  1. Persiapan dan perencanaan
    Langkah pertama dalam melakukan kalibrasi alat mesin uji tarik adalah dengan merencanakannya terlebih dahulu instrumennya disiapkan terlebih dahulu.
  2. Menyediakan pelaksana kalibrasi
    Setelah itu kalibrasi akan lancar jika adanya pelaksana kalibrasi. Pelaksana kalibrasi ini bisa berupa software atau alat yang dioperasikan oleh orang yang sudah paham untuk mengoperasikannya.
  3. Mengecek kondisi lingkungan untuk kalibrasi
    Jika sudah pengecekan kondisi lingkungan untuk kalibrasi harus dilakukan karena faktor diluar perhitungan kalibrasi bisa mempengaruhi hasil kalibrasi.
  4. Menetapkan metode kalibrasi dan rentang ukur Mesin Uji Tarik
    Sebelum melakukan kalibrasi, tentukan metode kalibrasinya. Metode yang digunakan adalah TO-MD-3.01, ISO 7500/1 :2018, 1 kgf = 9.80665 N. dan rentang ukur mesin uji tarik yang digunakan adalah sebagai berikut:
    100 kgf ~ 1000 kgf
    1000 kgf ~ 10000 kgf
    0.05 kgf ~ 50 kgf
    51 kgf ~ 200 kgf
    201 kgf ~ 500 kgf
    501 kgf ~ 1000 kgf
    1001 kgf ~ 2000 kgf
    2001 kgf ~ 5000 kgf
    5001 kgf ~ 10000 kgf
    10001 kgf ~ 25000 kgf
  5. Proses pelaksanaan kalibrasi Mesin Uji Tarik
    Proses pelaksanaan kalibrasi mesin uji tarik ini bisa dilakukan sesuai dengan metode dan juga rentang ukur yang sudah ada.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Proses jadi harus dilakukan penghitungan untuk mendapatkan hasil kalibrasi yang bisa menjadi bahan evaluasi.
  7. Pembuatan laporan
    Semua selesai, hasil didapatkan saatnya membuat laporan yang berupa sertifikat kalibrasi mesin uji tarik yang hasilnya bisa dipertanggungjawabkan.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Mesin Uji Tarik

Berhasilnya kalibrasi mesin uji tarik adalah dengan cara memberikan gaya tarik. Perhitungan ini berdasarkan kepada rentang ukur yang sesuai dengan standar untuk melakukan kalibrasi mesin uji tarik seperti yang sudah disebutkan di atas.

Hasil kalibrasi mesin uji tarik akan didapatkan dan ini berisikan apakah mesin uji tarik memang masih bisa di tera ulang atau tidak bisa digunakan lagi karena memang sudah rusak.

Kesimpulan

Itulah tadi beberapa hal yang harus diperhatikan untuk kalibrasi mesin uji tarik. Dengan berbagai macam prosedur yang panjang dan juga terstruktur, Anda bisa menggunakan jasa kalibrasi mesin uji tarik untuk bisa mendapatkan penghitungan yang sesuai dan juga terpercaya.

Silahkan klik tombol di bawah ini untuk mempelajari lebih detail terkait dengan jasa kalibrasi mesin uji tarik.

Jasa kalibrasi mesin uji tarik