Langkah Kalibrasi Magnetic Particle Yoke

Kalibrasi Magnetic Particle Yoke

Magnetic particle merupakan alat yang digunakan dalam pengujian guna mengecek adanya diskontinuitas pada material yang telah dilakukan proses pengelasan, pemanasan, machining dan proses manufaktur.

Pada umumnya alat ini digunakan dalam bidang industri pengelasan dan juga otomotif. Dalam melakukan pengujian tentunya ketelitian dan keakuratan hasil pembacaan merupakan hal penting dan mutlak.

Untuk tetap menjaga fungsi dan juga hasil ukur yang tetap akurat, magnetic particle perlu dilakukan kalibrasi secara rutin. Dengan dilakukannya kalibrasi magnetic particle yoke agar tetap akurat dan sesuai dengan spesifikasinya.

Pastinya juga melakukan kalibrasi tidak bisa dilakukan sembarangan hal ini untuk tujuan akhir hasil kalibrasi yang maksimal.

Tujuan Kalibrasi Magnetic Particle Yoke

Faktor utama dilakukannya kalibrasi pada magnetic particle jelas untuk tetap menjaga fungsi dan juga keakurasiannya dalam melakukan pembacaan pengukuran.

Selain kedua tujuan utama tersebut ialah untuk mengurangi terjadinya resiko kecelakaan kerja yang diakibatkan kerusakan tidak terduga. Selain itu juga nantinya kalibrasi magnetic particle yang dilakukan dengan baik dan benar akan memperoleh banyak manfaat.

Manfaat Kalibrasi Magnetic Particle Yoke

Kalibrasi magnetic particle yang dilakukan secara baik dan benar tentunya akan memberikan beragam manfaat. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapat dari proses kalibrasi magnetic particle secara baik dan benar :

  • Menjaga kualitas proses dan hasil dari pengukuran
  • Mengetahui terjadinya penyimpangan 
  • Memberikan jaminan dan konfirmasi terhadap hasil pembacaan pengukuran
  • Memutuskan kelayakan magnetic particle apakah masih dapat digunakan atau sebaliknya

Cara Kalibrasi Magnetic Particle Yoke

Untuk memperoleh hasil kalibrasi yang maksimal, tentunya proses dan cara kalibrasi magnetic particle perlu dilakukan dengan baik dan benar. Berikut ini beberapa langkah cara kalibrasi magnetic particle yang benar dan sesuai :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Persiapkan magnetic particle terlebih dahulu mana yang akan dilakukan kalibrasi. Jangan lupa juga untuk menyiapkan peralatan yang akan digunakan untuk proses kalibrasi.
  2. Persiapkan teknisi kalibrasi
    Tunjuk atau pilih orang atau jasa kalibrasi yang memang berkompeten di bidang kalibrasi magnetic particle.
  3. Pengkondisian Lingkungan kalibrasi
    Kondisikan lingkungan kalibrasi dengan melakukan pengecekan suhu serta kelembaban. Lakukan kalibrasi magnetic particle sebaiknya pada pagi, siang maupun sore hari.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Pemilihan metode kalibrasi magnetic particle jelas merupakan hal penting. Untuk kalibrasi magnetic particle menggunakan metode kalibrasi IK-KM-GB17, ASTM E1444-12 dengan rentang ukur 0 kgf ~ 22 kgf.
  5. Pelaksanaan kalibrasi
    Sebelum proses kalibrasi berjalan selalu lakukan pengamatan mengenai fungsi dan juga bentuk dari magnetic particle. Lakukan penyetelan ulang atau reset untuk hasil kalibrasi yang maksimal.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Untuk melakukan perhitungan hasil kalibrasi bisa dilakukan dengan menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan dan menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Proses pembuatan laporan ini tentunya perlu untuk sesuai format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025. Hasil akhir laporan nantinya juga wajib untuk disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Magnetic Particle Yoke

Dengan dilakukannya proses kalibrasi magnetic particle secara baik dan maksimal tentunya akan memberikan hasil dengan beberapa parameter. Berikut ini beberapa hasil dengan berbagai parameter kalibrasi magnetic particle :

  • Mengetahui nilai objek yang diukur
  • Mengetahui besarnya penyimpangan atau nilai koreksi
  • Mengetahui besarnya angka ketidakpastian
  • Faktor kalibrasi dan kurva kalibrasi merupakan bagian dari sifat metrologi

Kesimpulan 

Melakukan kalibrasi secara rutin dengan cara yang baik dan benar untuk magnetic particle jelas penting dilakukan. Selain mampu mengembalikan dan menjaga fungsi utama serta akurasi pengukuran, kalibrasi ini juga mampu mengurangi resiko terjadinya kecelakaan kerja.

Bagi anda yang ingin menggunakan jasa kalibrasi terpercaya khususnya untuk kalibrasi magnetic particle bisa menggunakan jasa dari kalibrasi.com.

Karena Kalibrasi.com ini merupakan jasa kalibrasi yang sudah menerapkan mutu ISO serta terakreditasi KAN. Silahkan klik tombol di bawah ini untuk mempelajarinya secara lebih detail.

Jasa Kalibrasi Magnetic Particle Yoke Timbangan magnet