Kalibrasi dan Instrumentasi : Pengertian, Tujuan dan Contoh

kalibrasi dan instrumentasi

Kalibrasi dan instrumentasi kaitannya sangat erat misalnya pada suatu industri, sebelum melakukan proses instrumentasi disarankan melakukan proses kalibrasi terlebih dahulu agar mendapatkan hasil pengukuran yang tertelusur dan presisi, instrumentasi bisa kita simpulkan juga sebagai pengukuran, akan tetapi pada dasarnya segi perbedaan, instrumentasi sebenarnya berfokus pada alat-alat yang digunakan.

Dalam prakteknya kalibrasi dan instrumentasi selalu memiliki kesinambungan antara satu sama lain, keduanya sama-sama berkaitan dengan pengukuran, jika kalibrasi merupakan proses penyesuaian dan pengaturan, maka instrumentasi bisa diartikan hasil yang didapat dalam proses kalibrasi. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, mari kita bahas.

Kalibrasi dan Instrumentasi : Penjelasan Kalibrasi

Kalibrasi memiliki banyak tafsiran dan pengertian akan tetapi pada intinya sama, hanya berkutat pada proses perbandingan antara alat ukur yang akan dikalibrasi(objek kalibrasi) dengan alat ukur lain(kalibrator) yang sudah disesuaikan dengan standar nasional maupun internasional.

Berbicara tentang standar, ada lembaga tersendiri yang mengatur soal standar. Di indonesia lembaga tersebut bernama KAN(Komite Akreditasi Nasional) lembaga tersebut mengacu pada ISO/IEC 17025 sebab standar tersebut adalah standar yang reliabel karena digunakan di berbagai negara dan diakui secara internasional.

Pengertian Kalibrasi Menurut ISO/IEC Guide 17025:2005

Menurut ISO/IEC Guide 17025:2005, kalibrasi adalah kegiatan atau aktivitas yang menentukan kebenran suatu nilai yang ditujukan alat ukur sesuai dengan keaadaan objek, sehingga menampilkan nilai yang sesuai dengan fakta.

Setelah menggunakan standar ukur tersebut maka ketika kita melakukan penelusuran tersebut, akan mengarah ke standar nasional maupun internasional, karena keduanya menggunakan standar yang sama yaitu ISO/IEC 17025

Tujuan Pelaksanaan Kalibrasi

Dilakukannya kegiatan kalibrasi tentunya bukan tanpa tujuan, ada hal yang ingin dicapai dalam melakukan kegiatan tersebut. Tujuannya pun beragam sekali tergantung kebutuhan dan keperluan. Berikut poin-poin tujuan dalam pelaksanaan kalibrasi:

  • Menentukan nilai deviasi
    Untuk menentukan nilai deviasi harus dilakukan terlebih dahulu pengukuran, nilai tersebut didapatkan dari hasil pengukuran tersebut dengan melakukan pencatatan maka dapat diambil nilai deviasi suatu pengukuran.
  • Menjamin hasil pengukuran
    Dengan melakukan kalibrasi hasil pengukuran dapat dipastikan kebenarannya karena dalam proses kalibrasi dilakukan pengetesan pengukuran secara berulang-ulang sehingga mendapatkan hasil yang tepat.
  • Standar internasional
    Dengan melakukan kalibrasi alat atau bahan ukur yang kita miliki memiliki standar internasional, akan diakui keabsahannya dimanapun tempatnya karena sudah sesuai dengan standar yang sudah ada.

Penjelasan Mengenai Instrumentasi

Instrumentasi disini diambil dari sudut pandang fisika sebab yang akan kita bahas instrumentasi yang berkaitan dengan pengukuran.

Ada dua jenis metodologi dalam instrumentasi, bisa dilakukan dengan manual dengan menulis dengan tangan dan bisa dilakukan secara otomatis menggunakan komputer.

Pengertian Instrumentasi

Instrumentasi adalah alat-alat yang dipakai untuk pengukuran dan pengendalian dalam suatu sistem yang lebih besar dan lebih kompleks.

Instrumentasi bisa dikatakan juga sebagai ilmu yang mempelajari tentang pengukuran dan sistem kontrol yang diprogram untuk dapat memenuhi kebutuhan tertentu dan dapat memberikan hasil yang presisi dan akurat.

Selain itu, ada juga kalibrasi dan validasi untuk instrumen yang ternyata berbeda. Untuk mengetahui perbedaannya bisa langsung dicek saja di bawah ini.

Baca Juga : Perbedaan Kalibrasi dan Validasi Instrumen Adalah Berikut

Contoh Instrumentasi

Dalam pelaksanaannya instrumentasi bisa digunakan dalam banyak bidang industri. Berikut beberapa contohnya:

PH Meter untuk mengukur pH suatu larutan , pressure Gauge untuk mengukur tekanan gas pada tabung tertutup, termometer untuk mengukur suhu, mikrometer untuk mengukur diameter atau ketebalan benda, conductivity meter untuk mengukur konduktivitas listrik suatu larutan, turbidity meter untuk mengukur kekeruhan air pada suatu larutan.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Pada penjelasan diatas sudah jelas bahwa kalibrasi dan instrumentasi korelasinya sangat erat, jika kalibrasi berbicara mengenai proses pembenaran nilai pengukuran, sedangkan instrumentasi berbicara mengenai proses pengukuran itu sendiri. Sekian penjelasan yang bisa kita bahas, terimakasih